Apa Itu Genset? Simak Penjelasannya!

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
Genset silent

Generator set atau yang dapat disingkat menjadi genset merupakan sebuah set pembangkit listrik, yaitu sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik yang biasanya menggunakan induksi elektromagnetik.

Genset merupakan perpaduan dua jenis perangkat berbeda yaitu mesin dan generator. Mesin berfungsi untuk memutar generator supaya menghasilkan induksi elektromagnetik, kemudian menghasilkan listrik. Perhatikan beberapa penjelasan di bawah ini mengenai genset:

Inilah Sejarah Genset dan Kegunaannya

Genset Merah
Sumber: https://www.istockphoto.com

Pemadaman listrik mendadak tanpa adanya pemberitahuan tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan. Terlebih bagi Anda yang memiliki sebuah usaha yang membutuhkan energi listrik secara terus-menerus.

Listrik tidak hanya dibutuhkan dalam keperluan hidup rumah tangga, tetapi juga dibutuhkan dalam berbagai sektor seperti perkantoran, pabrik, rumah sakit, mall, hingga sarana umum lainnya. Oleh karena itu, ketika terjadi pemadaman mendadak, Anda akan membutuhkan sarana pengganti listrik seperti genset. Simak penjelasan mengenai genset berikut ini:

Perhatikan Definisi Genset Berikut Ini

Genset merupakan alat yang dapat mengubah energi mekanik dari sebuah mesin diesel dan alternator menjadi energi listrik. Genset merupakan alat cadangan penghasil listrik ketika pemadaman PLN terjadi.

Dilihat dari sejarahnya, genset ditemukan oleh Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Mereka mencetuskan ide pembuatan genset pada tahun 1821 saat Faraday menemukan induksi elektromagnetik.

Apa Saja Kegunaan Genset?

Genset berguna untuk menghidupkan lampu dan berbagai perangkat yang membutuhkan listrik saat terjadinya pemadaman listrik. Kegunaan lain dari genset adalah saat Anda menggelar sebuah acara yang membutuhkan pasokan listrik yang besar.

Informasi lebih lengkap lainnya dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Sejarah Genset dan Kegunaannya 

Inilah 10 Hal Tentang Genset yang Perlu Anda Ketahui

Setiap bangunan tentunya memerlukan pasukan listrik, baik itu untuk menyalakan lampu pada malam hari, keperluan penggunaan perangkat elektronik, maupun untuk kegiatan sehari-hari lainnya. Genset adalah salah satu pemasok daya listrik darurat yang dapat digunakan saat aliran listrik dari PLN padam. Perhatikan beberapa hal di bawah ini mengenai hal yang perlu Anda ketahui mengenai genset:

Berapakah Kisaran Harga Genset Intergen?

Genset intergen memiliki harga yang bervariasi, tergantung dari besaran daya, kualitas, merek, dan juga jenisnya. Genset diesel intergen memiliki jenis yang tidak bising, dan ada juga jenis yang terbuka untuk penggunaan di pabrik atau bangunan besar. Kisaran harganya mulai ratusan ribu rupiah, jutaan, bahkan sampai puluhan juta rupiah.

Bagaimanakah Cara Kerja Mesin Genset?

Genset bekerja dengan cara mengubah energi dari bahan bakar menjadi energi gerak, yang oleh mesin, alternator, dan dengan proses induksi elektromagnetik diubah menjadi energi listrik.

Inilah Tips Memilih Genset untuk Rumah

Sebelum Anda membeli sebuah genset, Anda perlu mengetahui kebutuhan daya listrik di rumah Anda terlebih dahulu. Anda dapat menghitung kebutuhan daya listrik dengan menghitung setiap kebutuhan listrik lampu dan semua perangkat elektronik di rumah Anda.

Komponen-Komponen yang Ada dalam Genset

Komponen utama yang ada dalam genset adalah mesin, alternator, tangki bahan bakar, voltage regulator, cooling and exhaust system, lubrication system, battery charger, control panel, dan main assembly.

Beberapa Jenis Genset

Genset memiliki berbagai macam pilihan. Berdasarkan kapasitas daya listrik ada genset 5kVa sampai 2.000 kVa. Berdasarkan tingkat kebisingan terdapat tipe genset open dan silent. Berdasarkan bahan bakar terdapat genset dengan bahan bakar solar, bensin, dan juga gas.

Tempat yang Jual Genset Murah

Banyak pihak yang menjual genset murah dan dapat ditemukan secara online maupun offline. Genset yang murah tidak hanya murah saat dibeli, tetapi juga hemat dan tidak boros saat pemakaian. Genset yang murah berarti juga genset tersebut efektif dan efisien kerjanya, sehingga dapat menghasilkan daya listrik sesuai kebutuhan dan juga awet.

Inilah Tips Memilih Genset untuk Perkantoran

Jika Anda ingin memilih genset untuk digunakan di perkantoran, sebaiknya Anda memilih genset tipe silent, sehingga tidak bising saat digunakan dan tentu tidak akan mengganggu karyawan yang sedang bekerja.

Inilah Tips Memilih Genset untuk Pergudangan/Industri

Jika Anda membutuhkan genset untuk keperluan pergudangan atau industri, Anda bisa menggunakan genset tipe open yang harganya lebih ekonomis dibandingkan genset tipe silent dengan kapasitas daya yang sama. Genset open tersebut dapat ditempatkan di ruang khusus untuk genset.

Perhatikan Faktor Berikut Ini Ketika Memilih Genset

Sebelum Anda membeli sebuah genset, ada faktor utama yang harus Anda perhatikan, yaitu besaran daya listrik yang Anda butuhkan. Faktor lain yang perlu Anda perhatikan juga adalah kualitas dan harga genset tersebut.

Daftar Merek Genset dan Keunggulannya

Banyak merek genset yang saat ini dijual di pasaran. Ada merek yang unggul pada beberapa komponennya, ada pula merek lain yang unggul dalam hal lainnya. Anda perlu memilih genset sesuai dengan kapasitas daya yang Anda butuhkan dan disesuaikan pula dengan budget yang Anda miliki.

Anda dapat membaca artikel yang berjudul 10 Hal Mengenai Genset yang Anda Perlu Ketahui untuk mengetahui informasi lebih lanjut lainnya.

Mengenal Beragam Komponen Genset dan Fungsinya

Anda perlu memahami beragam komponen dan fungsi dari sebuah genset. Karena ketika Anda ingin membeli sebuah genset, Anda perlu mengetahui kebutuhan Anda akan genset yang berkualitas dari komponen-komponen tersebut. Jika Anda telah memahami beragam komponen dan fungsinya dengan baik, Anda dapat memilih genset yang terbaik serta dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Tentu saja Anda juga bisa melakukan tindakan kecil saat ada permasalahan dengan genset tersebut.

Mesin/Engine

Komponen pertama yang ada pada genset adalah mesin. Mesin merupakan sumber energi mekanis yang dimiliki oleh genset. Untuk menghidupkan mesin pada genset ini Anda akan membutuhkan bahan bakar.

Alternator

Alternator adalah komponen yang mengkonversi energi yang dihasilkan oleh mesin menjadi listrik. Alternator memiliki sejenis rotor yang disebut dengan amature. Fungsinya adalah sebagai medan magnet pada genset supaya dapat bergerak dan menghasilkan energi listrik.

Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar merupakan komponen yang sangat penting dalam genset. Tangki bahan bakar berfungsi sebagai tempat menampung bahan bakar, dan juga sebagai penanda durasi berapa lama mesin dapat bekerja menghasilkan listrik pada genset tersebut.

Voltage Regulator

Voltage regulator berfungsi untuk mengatur besaran tegangan yang dihasilkan oleh generator tersebut. Pengatur tegangan ini berperan penting untuk membuat tegangan listrik yang dihasilkan menjadi jauh lebih stabil.

Exhaust Cooling

Komponen exhaust cooling ini berfungsi untuk meminimalisir panas yang dihasilkan saat genset sedang menghasilkan listrik. Tanpa komponen ini, genset bisa mengalami overheat dan menjadi lebih cepat mengalami kerusakan.

Anda dapat mengetahui komponen penting lainnya dalam genset pada artikel yang berjudul Mengenal Komponen Genset dan Fungsi-Fungsinya.

Jenis-Jenis Bahan Bakar Genset dan Cara untuk Memilihnya

Jika Anda ingin membeli sebuah genset, Anda juga perlu mengetahui dan memahami berbagai jenis bahan bakar yang dapat digunakan untuk genset. Karena berbeda bahan bakar, maka berbeda juga performa genset yang Anda miliki tersebut.

Terdapat empat jenis bahan bakar untuk genset yang umum digunakan di Indonesia saat ini. Perhatikan penjelasan berikut ini:

Genset dengan Bahan Bakar Solar

Solar merupakan salah satu bahan bakar yang digunakan untuk genset. Genset yang menggunakan bahan bakar solar disebut juga sebagai genset diesel. Genset dengan bahan bakar solar memiliki daya yang cukup besar, yaitu mulai 10kVa sampai 100 kVa. Genset dengan bahan bakar solar ini cocok digunakan untuk bisnis kecil sampai menengah.

Genset dengan Bahan Bakar Bensin

Genset yang menggunakan bahan bakar bensin dibagi menjadi dua jenis, yaitu genset 2 tak dan genset 4 tak. Genset 2 tak umumnya digunakan untuk kebutuhan listrik yang minimum, sedangkan genset 4 tak digunakan untuk yang membutuhkan daya cukup tinggi.

Genset dengan Bahan Bakar Gas

Genset yang menggunakan bahan bakar gas LPG atau Liquid Petroleum Gas, merupakan genset yang memiliki emisi yang sangat rendah, namun harganya masih cukup tinggi di pasaran. Genset jenis ini cocok digunakan oleh perusahaan besar yang membutuhkan emisi rendah dengan daya listrik tinggi.

Genset dengan Bahan Bakar Turbin

Genset yang menggunakan bahan bakar turbin memiliki kapasitas daya yang paling besar. Kapasitas dayanya mencapai 2 MW. Satu genset turbin dapat memenuhi kebutuhan listrik dalam radius satu desa bahkan lebih.

Anda dapat membaca artikel yang berjudul 4 Jenis Bahan Bakar Genset dan Cara Memilihnya untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai bahan bakar genset.

Ketahui Perbedaan Genset Diesel dan Genset Bensin Berikut Ini!

genset
Sumber foto: https://unsplash.com/

Saat Anda akan membeli genset, Anda tentu perlu mengetahui perbedaan genset diesel dan genset bensin, baik dari segi arus daya sampai manfaat penggunaannya. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini:

Ini Pertanyaan Umum Mengenai Perbedaan Kedua Genset

Pertanyaan yang umumnya muncul mengenai perbedaan kedua genset adalah bagaimana kemampuan genset tersebut saat digunakan untuk kebutuhan Anda.

Genset diesel membutuhkan bahan bakar solar, bahan bakar solar ini tidak cocok digunakan untuk kebutuhan pribadi di rumah, karena akan menghasilkan asap hitam, tidak seperti genset yang berbahan bakar bensin. Oleh karena itu untuk keperluan penggunaan pribadi di rumah yang Anda huni, lebih baik Anda memilih genset berbahan bakar bensin.

Jika Anda membutuhkan genset yang digunakan di tempat terbuka, maka Anda dapat menggunakan genset dengan bahan bakar solar, karena asap hitamnya akan langsung menyebar di luar ruangan.

Perbedaan Genset dari Segi Pengeluaran Arus Listrik

Genset yang menggunakan bahan bakar solar atau genset diesel lebih sering digunakan oleh kantor, perusahaan besar, perindustrian, dan wilayah hunian yang jauh dari jangkauan listrik PLN. Penggunaan genset diesel ini dinilai lebih mampu memberikan daya yang lebih besar, namun kekurangannya tenti pada bagian asapnya.

Jika Anda membutuhkan arus daya besar tapi hanya untuk usaha rumahan, Anda dapat menggunakan genset bensin. Anda dapat mencari genset bensin yang bertenaga besar atau 20% lebih besar dari total kebutuhan listrik Anda.

Cara Menentukan Pilihan Genset dari Kualitas Perusahaannya

Anda perlu mengetahui berbagai macam merek genset yang dapat memberikan kualitas terbaik, baik untuk genset diesel maupun genset bensin. Carilah juga merek perusahaan genset yang memberikan jaminan sparepart sampai jaminan garansi produk gensetnya. Pentingnya jaminan tersebut supaya memudahkan Anda untuk mengatasi kendala saat genset yang beli mengalami masalah.Anda dapat membaca informasi lebih lengkap mengenai perbedaan genset diesel dan genset bensin dalam artikel yang berjudul Perbedaan Genset Diesel dan Genset Bensin.

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda