Cara Kerja Genset yang Perlu Diketahui

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Mengetahui  cara kerja genset bisa menjadi sebuah pengetahuan yang baru untuk Anda. Bagi Anda yang masih awam dengan mesin ini, kini berusahalah untuk mempelajarinya. Siapa tahu suatu saat nanti Anda akan berhubungan dengan mesin ini. Jadi, Anda merasa lebih siap dan tidak merasa takut untuk menggunakan dan mengoperasikannya.

Genset sendiri merupakan sebuah mesin yang berguna untuk memasok daya listrik. Mesin ini digunakan untuk menyuplai listrik ketika listrik dari PLN sedang mati. Pengoperasian genset harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Dengan demikian, genset bisa beroperasi dengan baik serta bisa digunakan dengan lebih awet.

Simak Cara Kerja Genset Berikut Ini

Mekanisme kerja genset sebenarnya tidak terlalu ribet. Namun, banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara mesin ini bekerja untuk bisa menghasilkan energi listrik. Genset merupakan kependekan dari Generator Set. Hasil suplai listrik yang dihasilkan bisa membuat pasokan jaringan listrik PLN yang sedang mati.

Penting sekali untuk Anda ketahui bahwa cara kerja genset atau prinsip kerjanya. Secara umum, genset ini akan mulai bekerja ketika listrik padam. Berikut urutan cara kerjanya. Ada dua jenis genset yaitu genset yang bisa bekerja secara otomatis dan manual. Berikut masing-masing cara kerjanya.

  1. Genset Otomatis

Genset otomatis merupakan jenis genset yang bisa menyala secara otomatis. Ini bisa juga disebut dengan genset ATS. Cara kerjanya bisa di setting otomatis menggunakan timer. Ketika listrik mati  dan hidupnya genset untuk menyuplai listrik bisa diatur dengan mudah.

Ketika listrik dari PLN nantinya menyala kembali, genset otomatis ini akan mengalihkan supply dari genset ke listrik dari PLN. Dengan demikian, genset pun akan mati kembali. Ini bisa terjadi secara otomatis bahkan dalam waktu 5 detik saja. Itulah mengapa jenis genset ini lebih banyak digunakan. Cara kerja genset ini mudah dan tidak merepotkan.

  • Genset manual

Tidak seperti genset otomatis, genset manual akan beroperasi ketika listrik dari PLN mati dalam waktu 20 detik. Selama waktu 20 detik tersebut, genset akan ditopang dengan yang namanya AVR atau Automatic Voltage Regulator. Komponen ini terdapat pada bagian MT atau Mutual Reactor.

Sebenarnya, komponen ini sendiri merupakan jenis trafo CT atau Current Transformer. Komponen ini bisa menghasilkan arus listrik besaran arus beban. Genset ini juga dilengkapi dengan system governor yang bisa menjaga kestabilan RPM. Kemudian, akan menghasilkan putaran stabil ketika ada maupun tidak ada beban.

Baik genset manual ataupun otomatis, keduanya memiliki cara kerja yang sama-sama unik. Cara kerja genset di atas sangat penting untuk dipelajari jika sewaktu-waktu Anda berkecimpung dan berhubungan dengan mesin ini.

Generator Bisa Menghasilkan Listrik dengan Prinsip GGL

Generator merupakan sebuah alat yang memanfaatkan sumber tenaga gerak. Ini mengubah tenaga gerak menjadi tenaga listrik menggunakan induksi magnetic. Ada beberapa bagian yang terdapat pada generator seperti :

  1. Main Field Stator

Merupakan gulungan utama pada stator

  • Main Field Rotor

Sama dengan gulungan utama pada rotor

  • Exciter field stator

Merupakan gulungan pembangkit stator

  • Exciter field rotor

Merupakan gulungan pembangkit rotor

  • Rotating Rectifier

Merupakan diode penyearah, dan

  • AVR atau Automatic Voltage Regulator

Semua bagian tersebut terdapat dalam generator untuk membuatnya bisa bekerja dengan lebih optimal.

Genset sendiri sebenarnya bekerja dengan menggunakan cara GGL atau Gaya Gerak Listrik Induksi. Ini merupakan salah satu bagian penting dalam pembangkit listrik pada sebuah generator. GGL akan mendapatkan energy primer dengan sedemikian rupa. Nantinya, GGL Induksi pun terbentuk.

Ada 3 prinsip utama dalam cara kerja generator ini.

  1. Adanya fluks magnet

Fluks magnet ini dihasilkan dari kutub-kutub magnet

  • Kawat penghantar listrik

Kawat penghantar listrik ini menjadi tempat terbentuknya gaya gerak listrik

  • Gerakan

Adanya gerakan yang terjadi antara penghantar dan fluks magnet

Cukup mudah dipelajari bukan? Untuk lebih mudahnya, Anda bisa melakukan praktik secara langsung. Jika memang masih pemula, mintalah pendampingan dari orang yang lebih berpengalaman. Dengan begitu, Anda akan lebih optimal dalam mempelajarinya. Cara kerja genset di atas bisa menjadi referensi penting bagi Anda yang baru memiliki genset.

Kami sebagai distributor genset bisa bantu menjelaskan anda mengenai cara kerja genset dengan lebih jelas. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami di: +6231 9985 0000+6221 2900 6565+6281 280000195.