Mengenal Komponen Genset dan Fungsi-Fungsinya

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Memahami komponen genset dan fungsinya secara detail sangatlah penting. Terlebih kalau Anda berencana untuk melakukan pembelian produk satu ini. Seperti kita ketahui, saat ini genset menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting. Terlebih di dunia industri.

Namun tak hanya di dunia industri saja, saat ini ada banyak juga orang yang menggunakan genset untuk kepentingan rumahan. Bukan tanpa alasan, saat ini ada banyak juga orang yang menjalankan bisnis rumahan. Tentunya keberadaan listrik menjadi salah satu sarana wajib yang harus selalu tersedia.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda memahami apa saja komponen utama dari genset ini beserta fungsinya masing-masing. Hal ini akan memberikan Anda banyak kemudahan saat Anda harus menggunakannya nanti. Terlebih kalau ada masalah teknis yang harus Anda hadapi.

Dengan memahami komponen genset ini, diharapkan Anda bisa menggunakan genset dengan baik dan benar, serta bisa melakukan tindakan yang tepat saat Anda harus melakukan troubleshoot kedepannya. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

Mesin / engine

Komponen Genset yaitu Mesin

Komponen pertama yang ada pada genset dan menjadi yang paling penting adalah mesin. Komponen satu ini merupakan sumber dari energi mekanis yang dimiliki oleh genset. Tentu saja untuk menghidupkan energi kinetik dari mesin ini dibutuhkan bahan bakar seperti gas ataupun bensin.

Mesin berperan sebagai generator energi. Biasanya bensin digunakan untuk mesin yang memiliki kapasitas kecil saja. Sedangkan untuk kapasitas yang lebih besar, biasanya bahan baku yang digunakan adalah solar atau gas. Sudah tentu ada beberapa perbedaan teknik yang mendasari hal ini.

Alternator

Alternator

Dari mesin sebagai generator, kemudian kita akan tertuju pada alternator. Kalau Anda mempelajari komponen genset, memahami alternator ini sangatlah penting. Alternator merupakan komponen yang mengkonversi energi yang dihasilkan oleh mesin menjadi energi listrik.

Biasanya alternator ini memiliki sejenis rotor yang seringkali disebut dengan nama amature. Komponen ini juga tidak kalah penting karena bekerja langsung pada generator. Dengan keberadaan komponen satu ini, medan magnet pada genset jadi bergerak dan menghasilkan energi listrik di dalamnya.

Tangki bahan

Tangki Bahan

Tidak kalah penting, komponen selanjutnya yang ada pada genset adalah tangki bahan. Tangki bahan ini sudah tentu memiliki fungsi sebagai penampung bahan bakar. Namun ternyata fungsinya tidak hanya itu saja. Ada fungsi lain yang justru lebih penting dari sekedar tempat penampungan bahan bakar.

Fungsi tersebut adalah durasi yang dihasilkan oleh mesin untuk tetap menghasilkan energi listrik. Sudah tentu semakin besar kapasitas penampungan yang ada pada mesin, akan semakin lama pula jam kerja dari mesin genset yang Anda miliki. Namun kalau Anda sudah membeli genset dengan tangki yang minim, Anda bisa juga membeli tangki eksternal sebagai solusi.

Voltage regulator

Voltage Regulator

Pembahasan komponen genset ini tidak hanya berhenti pada tangki saja. Namun juga terhadap voltage regulator. Pada genset yang Anda beli, benda satu ini memiliki fungsi untuk mengatur besaran tegangan yang dihasilkan oleh generator itu sendiri.

Pengatur tegangan ini memiliki peranan yang sangat penting karena keberadaannya membuat tegangan listrik yang dihasilkan jadi jauh lebih stabil. Belum lagi keberadaan komponen satu ini membuat barang penerima energi listrik menjadi lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan dari sisi elektrikal.

Exhaust cooling

Exhaust Cooling

Secara menyeluruh, komponen genset ini saling berkesinambungan dan mendukung satu sama lain. Contohnya ada pada exhaust cooling. Benda satu ini memungkinkan genset untuk bisa meminimalisir panas yang muncul saat menyala dan menghasilkan listrik.

Kalau misalkan exhaust cooling ini tidak ada, bukan hal yang tidak mungkin kalau genset Anda akan meledak. Soalnya Benda yang ada pada genset tidak mampu untuk menahan panas yang muncul akibat reaksi elektrikal. Karenanya sangat wajib untuk Anda memantau semua komponen agar performa genset tetap bagus.

Sistem pelumasan

Sistem Pelumasan Generator

Sistem ini memastikan bahwa semua bagian mesin genset tetap terlumasi dengan baik untuk mengurangi gesekan dan panas yang dihasilkan selama operasi. Pelumas membantu menjaga kinerja mesin dan memperpanjang umur genset.

Baterai

Baterai

Baterai digunakan untuk memulai mesin genset. Baterai menyediakan daya listrik awal yang diperlukan untuk memutar mesin hingga mesin dapat mulai beroperasi secara mandiri.

Rangka utama

Kerangka Generator

Rangka utama adalah struktur atau kerangka yang mendukung seluruh genset. Ini melindungi komponen internal dari kerusakan fisik dan memberikan kestabilan selama operasi.

Panel utama

Panel Generator

Panel utama adalah kontrol pusat genset. Di sini, pengguna dapat mengontrol operasi genset, memonitor tingkat bahan bakar, dan melihat berbagai parameter seperti suhu dan tekanan oli.

Sistem kelistrikan

Sistem Kelistrikan Generator

Sistem ini mencakup semua komponen listrik genset, termasuk generator listrik itu sendiri. Generator mengubah energi mekanis menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk menyuplai daya ke peralatan dan lampu.

Sistem pendingin

Sistem Pendingin Generator

Mesin genset menghasilkan panas saat beroperasi. Sistem pendingin membantu menjaga suhu mesin tetap pada tingkat yang aman dengan mendistribusikan cairan pendingin melalui mesin untuk menghilangkan kelebihan panas.

Saat Anda hendak membeli genset, pemahaman mengenai komponen-komponen di atas sangatlah penting. Namun tentu saja pembahasan di atas bukan pembahasan secara detail keseluruhan. Namun bisa dibilang 11 komponen di atas adalah komponen utama dari genset itu sendiri. Penting bagi Anda untuk memahami komponen genset ini agar bisa menggunakannya dengan baik.

Konsultasikan kebutuhan genset anda bersama kami. Kami mempunyai beberapa lokasi cabang kami: