Mengenal 4 Jenis Panel Genset dan Fungsinya Masing-masing

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Jenis panel genset memang berbeda-beda. Tentunya setiap varian panel memiliki keunggulannya tersendiri. Penting untuk dipahami, panel ini memegang peranan yang sangat sentral dalam pengoperasian genset yang Anda miliki.

Semakin berkualitas panel genset yang Anda punya, semakin mudah juga pengoperasian dari genset itu sendiri. Karena itulah Anda harus mengenal beberapa jenis panel pada genset sebelum memutuskan untuk membeli salah satu di antaranya.

Mengenal Lebih Jauh Panel Pada Genset 

Panel adalah sebuah perangkat yang menunjang sistem kerja genset secara menyeluruh. Keberadaan panel ini memudahkan Anda dalam mengoperasikan beberapa genset sekaligus. Umumnya pada panel terdapat beberapa indikator yang memperlihatkan kondisi penggunaan genset secara detail.

Dengan keberadaan panel, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk mengoperasikan genset di lokasi berbeda. Cukup operasikan semua genset yang Anda miliki dengan satu panel yang terintegrasi dengan seluruh genset itu sendiri. 

Sejauh ini, ada 4 jenis panel yang sangat umum digunakan di dunia industri. Sudah pasti setiap jenis panel memiliki cara kerja yang berbeda-beda mari bahas hal ini lebih lanjut agar Anda tidak salah pilih.

4 Jenis Panel Genset dan Fungsinya

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada 4 jenis panel untuk genset yang sangat umum digunakan di seluruh dunia. Penting sekali bagi Anda untuk memahami dan mengenal setiap jenis panel tersebut agar bisa mengoperasikannya secara maksimal.

  1. ATS (Automatic Transfer Switch)

Jenis panel genset yang pertama adalah Automatic Transfer Switch atau ATS. Panel satu ini merupakan sebuah rangkaian kelistrikan atau elektrikal dengan fungsi sebagai saklar otomatis. Jadi ketika tempat Anda mengalami pemadaman listrik dari PLN, maka panel ATS ini akan menyalakan genset secara otomatis.

Hal ini membuat pengambilan daya listrik Anda akan berpindah ke genset. Begitu juga sebaliknya, ketika daya listrik dari PLN kembali menyala, maka panel ATS ini akan mematikan genset secara otomatis juga.

  1. AMF (Automatic Main Failure)

Panel Automatic Main Failure juga merupakan sebuah rangkaian kelistrikan yang bekerja secara otomatis. Jenis panel genset satu ini mampu menyalakan dan mematikan genset tanpa bantuan manusia sama sekali. 

Fungsi dari panel satu ini kurang lebih sama dengan panel ATS. Panel akan menyalakan genset secara otomatis ketika listrik dari PLN mati dan akan mematikannya secara otomatis ketika listrik dari PLN kembali menyala.

  1. Synchronize panel 

Jenis panel genset selanjutnya adalah Synchronize Panel atau panel sinkronisasi. Keberadaan panel tersebut berfungsi untuk melakukan sinkronisasi kerja dari dua buah genset yang berbeda. Bisa juga untuk mengkombinasikan kinerja dari beberapa genset sekaligus agar menghasilkan daya yang sesuai kebutuhan.

Panel sinkronisasi seperti ini penting untuk dimiliki oleh Anda yang seringkali membutuhkan listrik dalam jumlah besar atau bahkan non-stop. Tujuan dari keberadaan panel sinkronisasi ini adalah menjaga genset tetap awet dan bisa digunakan jangka panjang.

  1. Panel PKG

Jenis panel genset yang terakhir adalah panel PKG. Jarang orang tahu kalau cara kerja dari panel satu ini sebenarnya sama persis dengan panel generator DC atau AC. Perbedaannya hanya sedikit saja. Jadi panel PKG ini tidak menyatu dengan unit generator yang dimiliki. 

Hal ini memungkinkan untuk menempatkan panel di lokasi yang aman dan tidak bisa dijangkau oleh orang yang tidak berkepentingan. Fungsi dari panel satu ini kurang lebih sama dengan beberapa varian panel sebelumnya. Di antaranya adalah mengoperasikan fungsi generator secara menyeluruh.

Dari keempat jenis panel di atas, mana yang pernah Anda operasikan? Tentunya setiap jenis panel tersebut bisa diaplikasikan dalam situasi yang berbeda. Untuk hasil maksimal, pastikan Anda berkonsultasi dengan ahli agar bisa memilih jenis panel genset yang paling sesuai kebutuhan.

Untuk genset berkualitas, percayakan sepenuhnya kepada PT Interjaya Surya Megah. PT Interjaya Surya Megah adalah agen tunggal Genset MWM di Indonesia dan distributor Genset Lombardini Italy. Jika Anda membeli genset berkualitas dari kami, Anda akan mendapatkan support langsung dari pabrik sehingga service dapat kami berikan dengan lebih baik dan cepat. Silahkan hubungi kami untuk melakukan pemesanan.