Cara Memilih Genset Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Bagi sebagian orang, generator set atau genset terbaik untuk berbagai kebutuhan mungkin menjadi salah satu pertimbangan dalam melengkapi kekurangan pada sektor suplai daya listrik. Baik itu untuk rumah, tempat usaha maupun acara besar yang membutuhkan genset sebagai sumber listrik di setiap sektornya, karena tidak memungkinkan menggunakan listrik PLN dalam waktu tertentu.

Penggunaan genset sendiri selalu dibutuhkan saat tidak adanya arus listrik akibat masalah pada pihak PLN atau kekurangan daya di saat berlangsungnya suatu kegiatan. Dalam keadaan genting seperti itu tentunya akan memerlukan alat yang bisa menyuplai daya listrik di kondisi apapun. Maka penggunaan genset adalah jalan utama untuk menyelesaikan semua permasalahan kebutuhan listrik yang ada.

Genset sendiri merupakan singkatan dari generator set dan berfungsi untuk menyuplai sumber listrik dari dinamo yang menghasilkan arus listrik dari pergerakan mesin. Tentu saja suatu mesin pasti akan membutuhkan sumber daya lain seperti bensin. Dari pergerakan mesin itulah genset terbaik untuk berbagai kebutuhan mengubah sumber dayanya menjadi arus listrik.

Namun jika kita membicarakan suatu genset yang dibutuhkan untuk berbagai kondisi tertentu. Maka ada beberapa kriteria untuk menentukan genset yang dirasa cocok dengan kebutuhan Anda baik itu dari fungsi dan jenis kebutuhannya. Karena kebutuhan daya listrik rumah dan tempat kerja pasti akan sangat berbeda baik itu dari daya yang dihasilkan maupun kemampuan genset itu sendiri.

Struktur Genset dari Penghasil Daya Listrik Kecil sampai Besar

Dalam setiap memenuhi kebutuhan listrik Anda, genset membutuhkan penyesuaian lebih pada tipe dan besarnya daya yang diperlukan. Hal itu juga akan menyesuaikan dengan peralatan apa yang akan membutuhkan daya pasokan listrik dari genset. Genset terbaik untuk berbagai kebutuhan selalu dapat berguna dalam kondisi genting ataupun jangka panjang.

Maksudnya di sini adalah apakah genset tersebut hanya dibutuhkan dalam keadaan genting atau akan dibutuhkan untuk jangka waktu lama. Kebutuhan genting bisa seperti keadaan mati listrik, acara luar ruangan atau untuk rumah saja. Sedangkan jangka waktu lama dapat difungsikan sebagai tambahan daya listrik usaha Anda atau kebutuhan lainnya yang membutuhkan daya tambahan lebih dari PLN.

Tentu kedua fungsi tersebut akan menentukan bagaimana genset terbaik untuk berbagai kebutuhan yang cocok digunakan oleh Anda. Dalam variannya genset dibagi menjadi 2 struktur yaitu genset open mode dan genset silent mode. Secara fungsi keduanya sama, tapi jika dilihat dari struktur dan karakteristiknya, kedua genset memiliki perbedaan signifikan.

Struktur genset open mode lebih terbuka yang memperlihatkan mesin, dinamo, aki dan tangki bahan bakar secara langsung dan hanya disusun dalam suatu rangka saja. Sedangkan untuk genset silent mode dari segi tampilannya saja sudah tertutup baik itu dari mesin, dinamo, tangki bahan bakarnya. Jika dilihat dari kebisingan suaranya open mode dinilai lebih berisik daripada genset silent mode.

Hal itu dikarenakan strukturnya yang lebih terbuka sehingga suara mesin pasti keluar. Berbeda dengan genset silent mode, suaranya sudah diredam karena penempatan mesin berada di dalam wadahnya. Tentu saja keduanya merupakan genset terbaik untuk berbagai kebutuhan, baik itu untuk jangka waktu lama maupun keperluan genting seperti mati listrik.

Pemilihan Genset dengan Menyesuaikan Daya yang Dibutuhkan

Ketika Anda membutuhkan genset untuk menyuplai kebutuhan daya listrik, hal pertama yang harus diperhatikan tentunya pada kekuatan penghasilnya. Dalam memilih genset kebutuhan daya yang akan dihasilkan setidaknya melebihi 20% daya pada tegangan listrik Anda. Daya lebih dinilai akan membantu dalam memberikan suplai dan siap memenuhi seluruh kebutuhan listrik Anda.

Jika dicontohkan, rumah atau tempat usaha Anda menggunakan listrik meteran sebesar 4500 Watt. Nantinya penggunaan daya genset setidaknya sebesar 5000 Watt atau lebih. Genset terbaik untuk berbagai kebutuhan sekalipun harus menggunakan pengeluaran daya lebih besar agar listrik mampu mencakup seluruh peralatan yang digunakan.

Selain dari daya yang diberikan, penggunaan bahan bakar juga harus diperhatikan. Umumnya genset yang sering digunakan oleh sebagian banyak orang adalah berbahan dasar bensin dan solar. Keduanya sama-sama dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda dalam jumlah besar. Namun sebenarnya genset diesel dengan bahan bakar solar dinilai lebih memberikan arus yang besar.

Mencari Genset Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

Ketika Anda ingin mencari genset bagus untuk dapat digunakan pada segala kebutuhan, kriteria yang sudah dibahas sebelumnya memang sangat penting untuk dicatat. Terlebih lagi saat Anda mencarinya, usahakan pilih genset dari perusahaan ternama dan berkualitas. Hal ini agar menjamin kualitas produk yang Anda gunakan dapat bertahan dalam jangka waktu lama dengan ketersediaan perlengkapannya.

Setiap perusahaan pasti memiliki masa garansi dan jaminan sparepart yang membuat konsumen atau pengguna merasa puas saat membelinya. Namun bagi pengguna produk seperti Anda hal itu akan menjadi jaminan pada peralatan kebutuhan jangka panjang. Selain dari segi kualitas, Anda juga harus melihat ukuran dari generator set atau genset itu sendiri.

Pasti Anda pernah melihat genset besar seperti pada perusahaan besar dan genset kecil di depan suatu minimarket untuk mengalihkan daya saat listrik padam. Pilihlah genset dengan bijak dan sesuai kebutuhan Anda. Pasti nanti saat Anda akan sangat terbantu dengan genset terbaik untuk berbagai kebutuhan yang sudah Anda beli dari perusahaan terpercaya .