Sejarah Genset dan Kegunaannya

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Pernahkah Anda mengalami pemadaman listrik mendadak atau tanpa pemberitahuan? Peristiwa tersebut pasti menimbulkan banyak masalah. Karena sebagian besar kebutuhan Anda pasti membutuhkan energi listrik.

Tak hanya di kehidupan rumah tangga, pemadaman listrik juga menimbulkan kesulitan di berbagai tempat. Seperti kantor, pabrik hingga rumah sakit.

Namun, dengan pesatnya kemajuan, pemadaman listrik tersebut dapat ditanggulangi dengan sebuah alat bernama genset. Jika Anda belum terlalu akrab dengan genset, yuk simak tulisan di bawah agar anda mengenal lebih jauh apa yang disebut genset.

Genset atau generator set adalah alat yang mampu mengubah energi mekanik dari mesin diesel dan alternator menjadi energi listrik. Sederhananya, genset bisa menjadi alat cadangan penghasil listrik bagi Anda. Kebanyakan mesin dari genset menggunakan bahan bakar berupa solar.

Jika dilihat dari sejarah genset, genset sendiri ditemukan oleh 2 orang. Mereka adalah Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Tercetusnya ide pembuatan genset berawal pada tahun 1821 saat Fraday menemukan induksi elektro magnetik. Faraday sendiri adalah seorang fisikawan yang terkenal dengan kecerdasannya kala itu.

Lalu apa sih kegunaan genset?

Kegunaan genset yang mungkin paling familiar adalah menghidupkan lampu saat pemadaman listrik. Namun lebih dari itu, genset juga sangat bermanfaat untuk hal lain. Sebagai contoh penggunaan genset di rumah sakit. Tak hanya sebagai sumber energi penerangan, genset juga dibutuhkan untuk alat-alat lain yang ada di sana. Mulai dari komputer, air conditioner (AC) hingga alat kedokteran seperti USG 3D.

Contoh lain kegunaan genset dari segi kebutuhan adalah ketika Anda menggelar sebuah acara. Terlebih jika acara tersebut diselenggarakan di desa yang mana pasokan listriknya tak terlalu besar. Dengan bantuan genset, Anda gak akan khawatir acara tersebut terhenti atau terganggu lantaran pemadaman listrik dari pihak PLN.

Merek Mesin Genset Terbaik dan Berkualitas

Memilih mesin genset bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Anda bisa memilih genset dari merek-merek ternama seperti Perkins, Lombardini, MWN, dan MAN. Beberapa merek genset ini sudah dijamin berkualitas dan berikut ini penjelasan singkatnya.

  1. Genset Perkins

Sebagai merek mesin genset asal Inggris, Perkins dinilai sudah diketahui oleh banyak teknisi. Dari segi kemampuan genset ini mampu bertahan lama dan memiliki ketahanan hingga 1 hari aktif saat listrik padam. 

Sehingga sudah dipastikan dari segi ketahanannya dalam menghasilkan listrik. Selain itu, Perkins juga diyakini sebagai merek mesin genset terbaik karena sangat irit bahan bakar. 

Mesin genset ini memiliki kekuatan yang kuat dan tahan lama. Mesin diesel Perkins sudah diakui banyak teknisi di seluruh dunia dalam hal mengalirkan arus daya listrik yang besar. 

Untuk persebarannya sendiri, Perkins sudah bisa ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Jadi dalam hal suku cadang, Perkins sudah tersedia jika Anda membutuhkan suatu perawatan. Genset ini biasanya digunakan untuk Kantor, Supermarket, Industri dan Tempat Wisata.

  1. Genset Lombardini

Selain Perkins, merek Lombardini juga diakui oleh banyak teknisi dari segi kemampuannya. Mesin diesel yang digunakan memiliki komponen berkualitas. 

Karena telah dilengkapi silinder tunggal dan beberapa penyempurnaan lainnya seperti sistem pendingin udara. Dengan komponennya tersebut genset ini berkemampuan stabil dalam menghantarkan arus listrik di beberapa tempat. 

Jadi untuk kebutuhan industri, Lombardini dinilai unggul dalam segi kualitas mesin dan kemampuannya. Kestabilan energi merupakan karakteristik dari mesin genset ini.

Dalam hal kebutuhan industri, genset ini sangat cocok digunakan dalam keadaan darurat. Terlebih lagi, panel genset ini juga dilengkapi dengan parameter circuit breaker hingga alternator sehingga Anda bisa memantau kestabilan energi listrik ketika sedang aktif digunakan.

  1. Genset MWM (Motoren Werke Manheim)

Merek mesin genset terbaik yang ketiga adalah MWM dengan karakteristiknya di ketahanan. Dari segi komponennya mesin ini memiliki penempatan silinder khusus untuk mengurangi penggunaan bahan bakar. 

Sehingga ketahanannya tidak bisa diragukan lagi untuk kebutuhan industri. Merek mesin genset ini berasal dari Jerman, sehingga daya tahannya sudah tidak bisa diragukan lagi. 

Varian mesin ini banyak, mulai dari 30 KVA hingga yang berkapasitas 200 KVA. Anda bisa beli merek genset ini di mana saja karena sudah tersebar di Indonesia.

Dengan adanya banyak varian, genset ini bisa digunakan untuk segala kebutuhan. Namun dari segi kualitasnya, mesin ini sangat cocok digunakan di kawasan Industri, Rumah Sakit, gedung-gedung besar hingga rumah sakit yang membutuhkan pasokan listrik awet.

  1. Genset MAN

Lalu untuk merek mesin genset terbaik yang terakhir adalah MAN. Sama halnya MWM, genset ini juga keluaran Jerman dengan kualitas mesin yang sudah diakui oleh teknisi dari seluruh dunia. 

Dari segi daya tahan dan kualitasnya, genset ini tidak jauh berbeda dengan MWM. Namun untuk variannya, genset ini berkapasitas lebih besar dan kuat. Mulai dari 300 KVA hingga 1000 KVA

MAN memiliki banyak varian yang digunakan untuk kebutuhan besar. Tidak heran jika banyak teknisi mengakuinya dan bisa jadi pilihan untuk Anda jika membutuhkan kapasitas besar.

Dengan kekuatannya yang besar tersebut, Universitas, Rumah Sakit hingga kawasan Industri jadi bisa memiliki cadangan energi yang cukup untuk mengisi setiap sektor. 

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa genset adalah salah satu peralatan yang paling dibutuhkan di era modern ini. Tak heran jika memiliki genset secara pribadi di rumah sudah menjadi hal yang lazim. Nah, jika Anda berniat untuk membeli genset, pastikan yang sesuai dengan kebutuhan, ya!