Sejarah Genset dan Kegunaannya

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Pernahkah Anda mengalami pemadaman listrik mendadak atau tanpa pemberitahuan? Peristiwa tersebut pasti menimbulkan banyak masalah. Karena sebagian besar kebutuhan Anda pasti membutuhkan energi listrik.

Tak hanya di kehidupan rumah tangga, pemadaman listrik juga menimbulkan kesulitan di berbagai tempat. Seperti kantor, pabrik hingga rumah sakit.

Namun, dengan pesatnya kemajuan, pemadaman listrik tersebut dapat ditanggulangi dengan sebuah alat bernama genset. Jika Anda belum terlalu akrab dengan genset, yuk simak tulisan di bawah agar anda mengenal lebih jauh apa yang disebut genset.

Genset atau generator set adalah alat yang mampu mengubah energi mekanik dari mesin diesel dan alternator menjadi energi listrik. Sederhananya, genset bisa menjadi alat cadangan penghasil listrik bagi Anda. Kebanyakan mesin dari genset menggunakan bahan bakar berupa solar.

Jika dilihat dari sejarah genset, genset sendiri ditemukan oleh 2 orang. Mereka adalah Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Tercetusnya ide pembuatan genset berawal pada tahun 1821 saat Fraday menemukan induksi elektro magnetik. Faraday sendiri adalah seorang fisikawan yang terkenal dengan kecerdasannya kala itu.

Lalu apa sih kegunaan genset?

Kegunaan genset yang mungkin paling familiar adalah menghidupkan lampu saat pemadaman listrik. Namun lebih dari itu, genset juga sangat bermanfaat untuk hal lain. Sebagai contoh penggunaan genset di rumah sakit. Tak hanya sebagai sumber energi penerangan, genset juga dibutuhkan untuk alat-alat lain yang ada di sana. Mulai dari komputer, air conditioner (AC) hingga alat kedokteran seperti USG 3D.

Contoh lain kegunaan genset dari segi kebutuhan adalah ketika Anda menggelar sebuah acara. Terlebih jika acara tersebut diselenggarakan di desa yang mana pasokan listriknya tak terlalu besar. Dengan bantuan genset, Anda gak akan khawatir acara tersebut terhenti atau terganggu lantaran pemadaman listrik dari pihak PLN.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa genset adalah salah satu peralatan yang paling dibutuhkan di era modern ini. Tak heran jika memiliki genset secara pribadi di rumah sudah menjadi hal yang lazim. Nah, jika Anda berniat untuk membeli genset, pastikan yang sesuai dengan kebutuhan, ya!