Mengenal Penyebab Genset Mengalami Kerusakan atau Mati

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Pemakaian genset pada masa sekarang telah terkenal cukup besar untuk setiap masyarakat. Apalagi kebutuhan cadangan listrik tidak selalu berasal dari PLN. Terlebih terkadang banyak kasus mati listrik yang cukup lama.

Dalam keadaan tersebut, tidak ada salahnya untuk menyiapkan cadangan secara maksimal. Terutama karena bisa menggunakan daya meski tidak terpasok oleh PLN. Meski begitu, pastikan memahami langkah merawat genset tersebut.

Sebelum melakukan perbaikan, Anda harus memahami merek genset yang Anda miliki. Biasanya merek genset ternama seperti Genset Perkins memberikan buku panduan untuk setiap produk gensetnya. Sehingga ketika ada kendala, Anda dapat memperbaiki sendiri tanpa merusak komponen yang lain.

Perlu diketahui karena kebutuhan besar, ada potensi mengalami kerusakan buruk. Tidak jarang juga mengalami kematian sehingga sulit dipakai kembali. Jadi, harus memastikan tahu penyebab sehingga paham langkah mengatasi.

Penyebab Genset Mati Terus Menerus Terlalu Sering

Genset Merah
Sumber: https://www.istockphoto.com

Keadaan genset mengalami mati terlalu sering tentunya cukup mengganggu bagi penggunanya. Apalagi jika harus mendatangkan jasa servis untuk memperbaiki. Pastinya merepotkan sehingga ada baiknya kalau memahami penyebabnya.

  1. Tangki BBM Berisi Air

Salah satu penyebab kenapa generator sering mati yaitu karena adanya air pada tangki bahan bakar. Bisa juga disebabkan karena adanya kepanasan pada bagian mesin. Pastinya mempengaruhi sekali mesin sehingga mati.

  1. Mesin Terlalu Panas

Overheat memang selalu mengganggu kerja mesin sehingga terasa kurang optimal. Umumnya dapat terjadi karena kondisi mesin maupun sistem pendingin kurang baik. Jadi, perlu memeriksanya supaya tidak terlalu kepanasan.

  1. Arus Berlebih

Jika menemukan adanya arus berlebihan sampai daya ledak kurang baik juga berpengaruh. Umumnya beban dapat terjadi karena kekuatannya kurang baik. Tidak heran beragam komponen di dalamnya bekerja kurang maksimal.

  1. Daya Ledak Minim

Daya ledak sangat dibutuhkan supaya mesin dapat berjalan dan tidak mengalami mati. Tapi bisa terjadi disebabkan oleh pemakaian berlebih ditambah pemicu yang dibutuhkan kebanyakan. Hasilnya sulit untuk hidup kembali.

  1. Beban Kurang Seimbang

Umumnya hal ini terjadi karena adanya kebocoran pada beberapa sektor penting. Kemudian muncul hubungan singkat menuju tanah maupun penghantar lainnya. Bila dibiarkan, tentunya mesin akan mati.

  1. Mesin Masuk Angin

Selain itu Anda harus memperhatikan apabila ada keadaan masuk angin pada mesin. Begitu juga perawatan kurang tepat pada mesin tersebut. Pasokan BBM yang cukup bisa mempengaruhi komponen sampai kinerja mesinnya.

  1. Perawatan Tidak Tepat

Perawatan yang sering dilupakan yaitu berkaitan dengan bahan bakar sampai kebersihan mesin. Jangan sampai kelupaan merawat dengan tepat jangan sampai kinerja menurun. Apalagi harus dibenahi dengan harga mahal.

  1. Kurang Perawatan Menyeluruh

Anda disarankan untuk melakukan segala macam perawatan secara menyeluruh. Tujuan utamanya supaya perawatan yang mungkin tidak baik bisa Anda benarkan. Begitu juga dengan masalah seperti melupakan harus memanaskan mesin.

Simak : 13 Hal yang Membuat Genset Sering Mati

Masalah Sepele Perusak Fungsi Generator Set

Meski sudah memiliki genset, terkadang ada pengguna yang lupa merawat dengan baik. Termasuk selalu menyepelekan langkah merawat sehingga akibatnya fatal. Walau Anda anggap sederhana, ternyata ada masalah yang wajib diperhatikan.

  1. Malas Memanaskan Mesin

Salah satu masalah tersebut yaitu berkaitan dengan memanaskan mesin genset. Kita harus mampu menjaga aki dalam mesin supaya kerjanya maksimal. Hal ini dapat dilakukan dengan setidaknya memanaskan mesin seminggu sekali.

  1. Aki Bermasalah

Bisa dibilang aki memang memegang kendali besar pada mesin Anda. Terutama karena memiliki peran besar dalam mengoperasikan mesin agar maksimal. Supaya bisa bekerja dengan baik, pastikan untuk sering menggantinya.

  1. Berlebihan Memakai Genset

Kemudian berkaitan dengan pemakaian, harus perhatikan supaya jangan berlebih. Meski dipakai sebagai pengganti daya listrik, bukan berarti selalu diandalkan. Melainkan hanya dipakai sebagai cadangan pada kondisi penting.

Simak ulasan lebih lengkapnya pada artikel tentang 5 Hal Sepele yang Bisa Merusak Genset Anda 

Alasan Menurunnya Voltage Pada Genset yang Berbahaya

Genset Orange
Sumber: https://www.istockphoto.com

Masalah menurunkan voltage pada mesin generator set dapat dikatakan cukup mengganggu. Bahkan setiap pemilik merasakan sendiri kalau fungsinya tidak maksimal. Tidak menutup kemungkinan jika kemudian rusak saat dipakai.

  1. Masalah AVR

Salah satu alasan kenapa voltage mesin menurun yaitu masalah pada AVR. Tentu cukup berat disebabkan fungsi perputaran mesin kurang berjalan tepat. Putaran nantinya menjadi tidak stabil sehingga komponen lain hancur.

  1. Kabel Bermasalah

Selain itu masalah berkaitan dengan kabel genset menjadi perhatian utama Anda. Jangan sampai terdapat kebocoran maupun terkelupas meski hanya sedikit. Terutama karena berisiko menyebabkan munculnya gangguan arus.

  1. Mesin Turun

Alasan selanjutnya yang membuat voltage turun adalah mesin karena masalah kelistrikan. Anda dapat mengecek dengan tepat seperti mendengarkan suara mesinnya. Pastikan juga untuk selalu mengecek supaya tidak mengalami sumbatan.

Untuk mengetahui alasan menurunnya voltage pada genset lebih lengkap lagi, simak ulasannya pada artikel berikut ini, 4 Penyebab Penurunan Voltage di Genset

Mengenal Sebab Rusaknya Tegangan Genset dan Mengatasinya

Masalah tegangan generator set rusak termasuk sebagai hal yang berbahaya. Tidak lain karena berpotensi membuat fungsi dan kerja mesin menurun. Apalagi bisa menyebabkan munculnya perbaikan mahal maupun lama pada mesinnya.

Untuk beberapa penyebab kenapa tegangan mengalami kerusakan yaitu sudah menurun fungsinya. Bisa bertambah buruk kalau saklar utama kerjanya tidak tepat. Pastinya bisa menimbulkan permasalahan genset yang besar.

Penyebab selanjutnya yaitu dioda penyearah tidak berjalan dengan baik. Nantinya menjadi penyebab kenapa tegangan listrik lalu terkendala. Kemudian kapasitas tidak bekerja sehingga muncul gangguan terburuk.

Untuk mengatasi kendalanya, dapat tergantung melihat masalah yang muncul. Misalnya karena mesin tidak bekerja baik, bisa memaksimalkan putarannya. Tapi jika mengalami masalah dioda, wajib memeriksa bagian kabelnya.

Umumnya terjadi juga masalah AVR yang bisa diatasi dengan ganti baru. Kemudian permasalahan lainnya yakni pada saklar yang menjadi penghubung. Anda hanya perlu memastikan kalau pengaturan awalnya memang tepat.

Baca juga: Jangan Sembarangan Memilih Sparepart Genset, Ini Caranya

Pentingnya Memahami Gangguan Pada Generator Set

Mendeteksi sejak dini mengenai gangguan pada genset tergolong cukup penting. Terutama karena gangguan tersebut harus diperbaiki sebelum tambah buruk. Salah satu gangguan tersebut yaitu mengenai buruknya penggerak awal.

Tidak ketinggalan pengguna wajib memeriksa tentang air lebih beserta hilangnya penguatan. Kedua hal ini krusial karena bisa bahaya kalau Anda biarkan. Apalagi mudah untuk memperbaikinya sehingga harus disiapkan.

Gangguan penting lainnya yaitu berkaitan dengan putaran serta keseimbangan kurang stabil. Tentunya bisa disebabkan penurunan sehingga perlu perhatikan pemakaian. Terutama supaya tidak ada kebocoran dan masalah terjadi.

Sementara itu berkaitan dengan mengatasi gangguan kecil tersebut yaitu update kinerja. Mungkin bisa mengganti sparepart baru supaya fungsinya lebih maksimal. Hal ini juga dapat menjadi antisipasi tepat dari gangguan.

Penyebab Utama Overheat Pada Mesin Genset Anda

Overheating atau kepanasan memang cenderung selalu terjadi pada sebuah mesin. Meski sering dianggap remeh, tapi jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah buruk. Jadi, penting bagi Anda memahami apa penyebab kepanasan.

Alasan pertama yang membuat overheat terjadi yakni habisnya air radiator. Anda harus memastikan kalau mengisinya secara tepat saat dibutuhkan. Gangguan seperti pelumas habis juga penting diperhatikan para pengguna.

Penyebab selanjutnya yaitu mengenai fan belt ternyata terputus. Tentu bisa menyebabkan panas sehingga harus memastikan supaya putarannya maksimal. Jangan lupa untuk rajin menutup radiator supaya tidak mengalami kerusakan.

Salah satu masalah terburuk dalam generator set yaitu radiator tersumbat. Pastinya bisa menyebabkan aliran air nantinya kurang berjalan lancar. Belum lagi bisa muncul kerak sehingga harus memastikan untuk memperbaikinya.

Ulasan lebih lengkapnya bisa Anda simak pada artikel berikut ini, Hindari Penggunaan Genset Overheat, Amati Penyebabnya

Kebocoran Pada Generator Set dan Langkah Menangani

Munculnya kebocoran pada genset dapat menjadi awal buruk dalam pemakaian mesin tersebut. Ternyata banyak beberapa penyebab bocor seperti kurang melakukan perawatan. Padahal cukup penting untuk menanggulangi kerusakan.

Masalah selanjutnya yaitu disebabkan oleh adanya karat karena bahan bakarnya kosong. Pastikan untuk selalu mengisi bahan bakar meskipun tidak dipakai. Tidak kelupaan perhatikan juga supaya selang pelumasan selalu stabil.

Masalah lainnya yang sering ditemukan yaitu benturan penyebab kerusakan. Sebenarnya masalah ini memang tidak selalu terjadi pada setiap orang. Mungkin hanya disebabkan karena sering dipindahkan sehingga berisiko.

Terakhir, kebocoran kemungkinan terjadi disebabkan sparepart tidak diganti dengan tepat. Meski penggantian sparepart disarankan, pastikan prosedur dan kualitasnya maksimal. Tujuannya supaya kerjanya bagus dan tidak bocor.

Mengenali apa saja permasalahan yang bisa datang memang terkadang krusial. Terutama jika tidak ingin sampai genset Anda mengalami kerusakan buruk. Apalagi sampai mati total sehingga tidak dapat digunakan kembali.

Umumnya setiap orang yang memahami berbagai penyebab penurunan fungsi selalu tenang. Tidak lain karena sudah dari dini mengetahui langkah memperbaiki. Kemudian masalah berkaitan overheat, kebocoran dan sebagainya selesai.

Simak : Penyebab Kebocoran Pada Generator dan Cara Menanggulanginya

Untuk genset berkualitas, percayakan sepenuhnya kepada PT Interjaya Surya Megah. PT Interjaya Surya Megah adalah agen tunggal Genset MWM di Indonesia dan distributor Genset Lombardini Italy. Jika Anda membeli genset berkualitas dari kami, Anda akan mendapatkan support langsung dari pabrik sehingga service dapat kami berikan dengan lebih baik dan cepat. Silahkan hubungi kami untuk melakukan pemesanan.