Jenis-jenis genset berdasarkan bahan bakarnya

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Generator set atau genset merupakan salah satu alat yang biasa digunakan ketika listrik padam atau mengalami black out. Genset tidak hanya digunakan untuk berbagai keperluan rumah, tetapi juga digunakan oleh beberapa pemilik usaha agar kegiatan operasional bisnis tetap berjalan meskipun terjadi pemadaman listrik dari PLN.

Simak informasi mengenai jenis-jenis genset berdasarkan bahan bakarnya yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda.

1. Genset Diesel

Genset Diesel
Sumber: https://www.freepik.com/

Genset diesel juga dikenal sebagai mesin pembangkit listrik. Genset ini umumnya digunakan oleh banyak orang karena memiliki kapasitas atau daya yang cukup besar.

Terdapat beberapa kapasitas output yang bervariasi pada jenis genset diesel, yaitu mulai dari 5 Kw atau setara dengan 5000 Watt sampai dengan 2 MV atau 2.000.000 Watt. Karena besarnya kapasitas yang dimiliki, mesin disel ini memiliki silinder yang berukuran antara 2 hingga 16.

2. Genset Bahan Bakar Bensin

Genset ini merupakan salah satu jenis genset yang menggunakan bahan bakar berupa bensin. Jenis generator ini merupakan salah satu genset yang banyak dijumpai dalam berbagai aktivitas maupun kegiatan sehari-hari.

Genset ini juga termasuk ke dalam jenis genset yang paling umum dan banyak digunakan untuk berbagai keperluan rumah maupun bisnis. Genset bensin umumnya memiliki rata-rata kapasitas sebesar 1000 watt.

3. Genset Bahan Bakar Gas

Genset gas merupakan salah satu jenis alat pencadangan listrik yang dapat dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar gas.

Pada genset ini, bahan bakar yang digunakan adalah gas bumi yang diolah sebagai LPG maupun CNG. Umumnya jenis genset ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga, khususnya ketika terjadi pemadaman listrik.

4. Genset Bahan Bakar Urine

Genset urine merupakan salah satu jenis genset yang mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Seperti namanya, genset ini menggunakan bahan bakar utama berupa urine.

Genset ini merupakan hasil penemuan 4 orang pelajar asal benua Afrika. Pada awalnya para pelajar ini hanya melakukan uji coba penelitian dengan menggunakan 1 liter air urine. Percobaan tersebut ternyata berhasil. Air urine sebagai bahan bakar dapat menyalakan genset untuk pengadaan listrik selama 6 jam.

5. Genset Bahan Bakar Solar

Genset Bahan Bakar Solar
Sumber: https://www.freepik.com/

Genset solar merupakan salah satu alat yang mungkin sudah banyak Anda jumpai di atas rumah. Biasanya genset ini ditempatkan dengan tambahan solar panel.

Jenis genset ini utamanya digunakan untuk dapat membantu Anda dalam mengoperasikan berbagai jenis peralatan yang membutuhkan daya listrik tinggi, seperti misalnya untuk memanaskan air maupun pengoperasian sistem AC.

Selain itu, genset solar juga dapat digunakan sebagai tenaga listrik cadangan untuk tempat-tempat komersial, seperti konser musik, pameran, dan lain sebagainya.

6. Genset Portable

Genset portable merupakan salah satu jenis genset yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan di luar rumah atau outdoor.

Kegunaan jenis genset ini diantaranya adalah sebagai alat pendukung konser musik, pagelaran acara budaya malam hari, hingga perkemahan yang membutuhkan energi listrik dalam skala besar sebagai sumber penerangan.

7. Genset Non-diesel

Genset jenis ini menggunakan bahan bakar berupa bensin premium. Berbeda dengan diesel, genset yang satu ini hanya mampu menghasilkan listrik dalam kapasitas kecil.

8.  Genset Bahan Bakar Turbin

Genset Bahan Bakar Turbin
Sumber: https://www.freepik.com/

Genset jenis ini memiliki kapasitas daya paling tinggi, yaitu hingga 2 MW. Karena besarnya kapasitas daya tersebut, genset jenis ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik satu pemukiman atau desa.

Ada berbagai jenis mesin turbin pada jenis genset ini, diantaranya yaitu turbin air, turbin uap, maupun turbin angin.

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis genset berdasarkan bahan bakarnya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih dan membeli genset sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

PT Interjaya Surya Megah menjadi agen tunggal yang dipercaya sebagai distributor Genset MWM dan distributor Genset MAN Germany di Indonesia. Dapatkan genset berkualitas dengan harga terjangkau di PT Interjaya Surya Megah dan jangan ragu untuk menghubungi kami.