Simak Tips Merawat Genset Terlengkap Berikut Ini!

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
Genset Diesel

Genset adalah singkatan dari generator set yang merupakan sebuah alat yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Anda perlu mengetahui beberapa tips merawat genset supaya Anda dapat menggunakan genset tersebut kapan saja Anda membutuhkannya, sehingga pasokan listrik di rumah Anda tetap terjaga.

Sebagai distributor genset resmi di Indonesia, PT. Interjaya Surya Megah menyediakan berbagai genset dari merek ternama, diantaranya Genset MWMGenset Perkins, Genset Cummins, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mendapatkan genset silent maupun open dari merek-merek tersebut.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai beragam tips merawat genset yang dapat Anda pelajari dan pahami:

Cara Perawatan Genset

Tumpukan Genset Rusak
Sumber foto: https://elements.envato.com

Anda perlu mengetahui cara perawatan genset dan tentu saja cara pengoperasiannya, saat Anda membeli genset supaya dapat digunakan dengan benar. Genset memiliki dua kategori, yaitu genset open mode dan genset silent mode.

Genset open mode adalah jenis genset yang sebagian besar alat pentingnya seperti dinamo, mesin, aku, chock, dan tangki bahan bakar terlihat dan terbuka. Sedangkan genset silent mode, perangkatnya tertutup dan tidak terlihat.

Cara Mengoperasikan Genset Open Mode

Genset open mode dan genset silent mode memiliki pola pengoperasian dan perawatan yang hampir sama. Cara pengoperasian genset open mode sangat sederhana. Anda perlu mengisi tangki bahan bakar dan oleh lebih dulu pada bagian mesin supaya dapat bergerak saat dinyalakan. Kemudian pada bagian panel badan genset, Anda harus mengubah daya off ke on dengan menggunakan kunci.

Ketika genset sudah menyala, buat choke pada mesin ke posisi terbuka dan kemudian tarik putaran dinamo secara manual. Kemudian ketika sudah hidup, Anda bisa mengubah choke kembali ke posisis semula supaya mesin dapat bergerak stabil kembali.

Cara Merawat Genset Silent Mode

Cara pengoperasian genset silent mode hampir sama dengan genset open mode. Genset silent mode dapat meredam suara dan tidak menimbulkan kebisingan. Perawatan genset silent mode adalah dengan menghidupkannya setiap tiga hari sekali supaya mesin tidak lama mati karena tidak digunakan.

Namun jika genset sering digunakan, Anda dapat melihat kondisi oli dan kapasitas bahan bakarnya, dan jangan lupa untuk mengisinya.

Informasi lebih lengkap mengenai cara merawat dan mengoperasikan genset dapat Anda baca pada artikel yang berjudul Cara Perawatan dan Pengoperasian Genset.

Tips Merawat Genset Supaya Tidak Cepat Rusak

Tumpukan Genset Rusak
Sumber foto: https://elements.envato.com

Anda pastinya sangat membutuhkan tips yang tepat untuk merawat genset supaya genset yang Anda miliki tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat genset, yaitu:

Letakkan Genset di Tempat yang Aman dan Kering

Tempat yang paling aman untuk genset adalah area yang tidak terkena hujan maupun cahaya matahari yang terlalu terik.

Cari Tahu Cara Pengoperasian Genset

Anda perlu mencari tahu cara pengoperasian genset yang benar, supaya tidak melakukan kesalahan dalam pengoperasian yang dapat menyebabkan bahaya atau kerusakan pada genset.

Gunakan Genset Hanya di Tempat Dengan Sirkulasi yang Baik

Sirkulasi ruangan tempat genset diletakkan harus sangat baik. Karena ketika ruangan terlalu panas, akan menyebabkan genset mengalami overheat, dan dapat menyebabkan kerusakan.

Bersihkan Genset

Tentu saja salah satu tips yang tepat dalam merawat genset adalah membersihkannya secara berkala. Baik itu sering digunakan atau jarang digunakan, Anda tetap harus sering membersihkannya.

Langsung Ganti Spare Part yang Rusak

Ketika Anda mengetahui ada spare part atau suku cadang genset yang rusak, Anda harus segera menggantinya, supaya tidak menyebabkan kerusakan pada spare part lain yang baik-baik saja.

Tips merawat genset lainnya dapat Anda baca pada artikel yang berjudul 10 Tips Merawat Genset Agar Tidak Cepat Rusak Lagi.

Tips Merawat Genset Ketika Lingkungan Anda Sering Banjir dan Mati Lampu

Pengecekan Genset Merah
Sumber foto: https://elements.envato.com

Apakah lingkungan tempat tinggal Anda sering mengalami banjir atau mati lampu? Jika benar, tentunya keberadaan genset akan membantu aktivitas Anda supaya tidak mudah terganggu. Namun, banjir yang sering datang juga perlu Anda waspadai, terutama untuk perangkat genset di hunian Anda. Anda perlu mengetahui tips untuk merawat genset di tempat yang sering terkena banjir dan mati lampu.

Dalam rumah yang sering mengalami mati lampu, tentu saja genset akan lebih sering digunakan. Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini supaya memahami bagaimana merawat genset jika sering mengalami banjir dan mati lampu.

Kerusakan yang Biasa Terjadi pada Genset

Anda juga perlu memahami jenis-jenis kerusakan yang biasa terjadi pada genset supaya Anda bisa lebih cepat mengetahui cara memperbaikinya. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah mesin genset tidak dapat dinyalakan.

Faktor yang menjadi penyebab genset tidak dapat dinyalakan adalah karena baterai yang lemah atau bahkan sudah mati. Solusinya adalah dengan menggantinya dengan baterai baru. Ketika mesin genset mati karena terkena banjir, Anda sebaiknya mengecek perangkat yang ada di dalamnya, terutama bagian tangki bahan bakar.

Cara Merawat Genset Ketika Banjir atau Mati Lampu

Untuk merawat genset, Anda dapat menempatkannya pada tempat yang aman dan jauh dari air yang menggenang atau hal lain yang berpotensi meningkatkan kerusakan pada genset. Jika lingkungan tempat tinggal Anda sering banjir atau mati lampu, maka Anda harus sering melakukan pengecekan pada tangki bahan bakar untuk memastikan bahan bakar jumlahnya selalu penuh. Cek pula oli mesinnya, jangan sampai oli mesin berwarna keruh.

Anda dapat mengetahui tips-tips lain untuk merawat genset melalui artikel yang berjudul Cara Merawat Genset Ketika Sering Banjir atau Mati Lampu.

Tips Merawat Genset Supaya Awet dan Berumur Panjang

Pengecekan Genset Biru
Sumber foto: https://elements.envato.com

Ketika Anda memiliki sebuah genset, tentu saja Anda menginginkan supaya genset Anda awet dan dapat berumur panjang. Beberapa orang yang tidak mengoperasikan genset dengan tepat dan tidak melakukan perawatan dengan baik biasanya menghadapi beberapa permasalahan pada genset yang dimilikinya, salah satunya adalah genset tidak dapat digunakan lagi.

Berikut ini adalah beberapa tips singkat mengenai cara merawat genset supaya tetap awet dan berumur panjang:

Pelajari Cara Mengoperasikan Genset dengan Benar

Anda perlu mempelajari dengan cermat buku manual yang terdapat dalam kemasan genset yang Anda beli. Anda juga bisa mencari cara mengoperasikan genset yang benar melalui media internet.

Panasin Genset Secara Rutin

Genset sama seperti kendaraan bermotor, harus sering dipanasi secara rutin meskipun tidak digunakan sehari-hari, supaya sirkulasi oli mesin tetap baik. Panasin genset selama 10-15 menit selama satu minggu sekali.

Bersihkan Genset Secara Teratur

Anda perlu memastikan supaya debu tidak menumpuk, terutama pada bagian radiator. Dan pastikan juga tidak ada serangga atau binatang lain yang masuk ke sela-sela perangkat di dalam genset.

Anda dapat mengetahui tips lain mengenai perawatan genset supaya awet pada artikel yang berjudul Tips Merawat Genset Supaya Berumur Panjang.

Tips Perawatan untuk Jenis Genset Standby

Genset
Sumber foto: https://elements.envato.com

Tips untuk perawatan jenis genset standby sebenarnya sama seperti perawatan genset lainnya. Namun untuk jenis genset standby, perawatan harus dilakukan lebih rutin dibandingkan dengan genset biasa.

Genset standby membutuhkan perawatan khusus, karena mesin pada genset standby memberikan listrik cadangan dalam jumlah tertentu, sehingga jika terjadi kerusakan sedikit saja akan berdampak besar. Berikut ini adalah tips perawatan yang perlu Anda pahami:

Lakukan Perawatan Preventif

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan perawatan preventif atau perawatan yang bertujuan pencegahan. Perawatan pencegahan ini dilakukan secara berkala, baik secara harian, mingguan, hingga perawatan bulanan untuk menjaga mesin supaya tetap berjalan dengan baik.

Untuk perawatan harian Anda dapat melakukan inspeksi, membersihkan debu yang menempel, mengecek level coolant, oli, dan bahan bakar. Untuk perawatan mingguan Anda dapat membersihkan filter udara, memeriksa charger baterai, membuang sisa bahan bakar pada filter, dan membuang sisa air pada tangki bahan bakar. Sedangkan untuk perawatan bulanan Anda dapat memeriksa tekanan belt, mengganti oli dan filter, sampai memeriksa selang radiator.

Lakukan Perawatan Secara Umum

Terdapat beberapa penyebab yang dapat membahayakan pengguna ketika genset nyala, terutama jika pengguna lalai memberikan perawatan umum secara rutin. Perawatan umum yang perlu dilakukan adalah memeriksa sistem bahan bakar secara berkala, jalur pasokan bahan bakar tidak boleh saling bergesekan dengan jalur lain ketika generator menyala. Ketika ada gesekan, maka generator akan mengalami kegagalan fungsi.

Perlu dilakukan pengecekan juga pada sistem pembuangan, apakah ada kebocoran pada knalpot atau tidak. Jika terjadi kebocoran pada sistem pembuangan, maka akan terjadi pencemaran udara. Anda juga perlu melakukan pemantauan level cairan pada mesin, tekanan oli, dan suhu radiator.

Mengecek Penggunaan Bahan Bakar

Anda harus selalu memantau atau mengecek bahan bakar yang digunakan. Kualitas bahan bakar dapat menurun seiring dengan kapasitas pemakaian genset. Mengeringkan tangki bahan bakar dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kinerja genset, mengeringkan tangki bahan bakar dapat dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

Tips lain mengenai perawatan genset standby dapat Anda baca secara lengkap dalam artikel yang berjudul Tips Perawatan Genset Standby.
Itulah penjelasan dan penjabaran singkat mengenai tips merawat genset yang dapat Anda lakukan supaya genset di rumah, kantor, atau tempat usaha Anda tetap terawat dengan baik dan dapat digunakan sewaktu-waktu.

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.