Apa itu AVR di Genset?

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Memiliki genset memang bisa mempermudah aktivitas. Apalagi jika kegiatan Anda kebanyakan memerlukan arus listrik. Jika pemadaman listrik terjadi, tinggal menyalakan genset maka masalah akan selesai.

Akan tetapi, ada bagian penting lain dari memiliki genset. Yaitu memahami bagian atau komponen penting dari genset. Salah satunya adalah AVR.

Apa itu AVR? Jangan khawatir jika Anda masih asing dengan komponen itu. Karena artikel ini akan membahas 4 fakta dasar dari AVR yang pas dibaca untuk para pemula. Simak yuk!

1. Apa pengertian AVR dan fungsinya pada genset?

AVR atau Auto Voltage Regulator adalah bagian penting pada genset. Fungsinya adalah menstabilkan atau menyeimbangkan tegangan listrik. Dengan bantuan AVR, genset tidak akan mengalami lonjakan tegangan yang bisa merusak perangkat listrik Anda.

2. Bagaimana prinsip kerja AVR?

Lalu bagaimana cara kerja AVR di genset? Pada dasarnya, AVR menerapkan prinsip reflek yang bisa menyesuaikan tegangan terhadap generator. Tegangan pada genset memang bisa berubah dengan tiba-tiba yang mana bisa menimbulkan perubahan beban.

3. AVR itu memiliki banyak variasi

Sekarang ini setiap genset pasti telah tertanam komponen AVR. Terutama genset yang punya kapasitas melebihi 10KVA. Meski demikian, masing-masing AVR pada genset berbeda menyesuaikan jenis dan merek. Tapi, fungsinya tetap sama kok.

4. Bagaimana jika AVR rusak?

Seperti yang disampaikan di atas, AVR adalah bagian penting dari sebuah genset. Jika AVR rusak, maka hal buruk akan terjadi. Salah satunya adalah tegangan genset yang akan berubah-ubah dan tidak stabil. Jika ini terjadi, bisa berimbas buruk bagi peralatan elektronik Anda. Seperti kulkas, tv hingga laptop. Inilah mengapa menjaga AVR agar tetap pada kondisi yang bagus dinilai sangat penting.

Namun jika AVR rusak, ada beberapa hal yang bisa Anda cermati. Coba bersihkan bagian kumparan trafo pada bagian AVR yang dilewati carbonbush. Pembersihan ini bisa Anda lakukan dengan alat kuas yang dalam keadaan bersih. Jangan lupa juga untuk membersihkan kawat tembaga. Lalu longgarkan baut pengunci lengan, kemudian tekan pada arah kumparan trafo hingga kencang.

Jika anda membutuhkan teknisi untuk membantu anda memilih atau merawat genset anda, jangan ragu untuk menghubungi kami. Sebagai distributor genset, kami juga menjual berbagai macam jenis genset.