10 Hal Mengenai Genset Yang Anda Perlu Ketahui

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Tiap bangunan memerlukan pasokan daya energi, baik itu untuk menyalakan lampu penerangan di malam hari maupun untuk kegiatan sehari-hari lainnya. Salah satu pasokan daya tersebut bisa dipenuhi dari generator set atau genset, terutama pada saat aliran listrik dari PLN padam atau di kawasan yang belum terlayani PLN (Perusahaan Listrik Negara). Berikut ini beberapa tips mengenai Genset yang anda perlu ketahui.

Kisaran Harga Genset Intergen

Harga genset Intergen bervariasi, tergantung besaran daya, kualitas dan juga merknya, serta jenisnya. Mesin genset diesel Intergen ini ada jenis silent yang tidak bising suaranya dan ada jenis open yang biasa digunakan di pabrik atau di bangunan besar. Genset Intergen mempergunakan mesin diesel yang bervariasi, yakni pilihannya ada mesin MAN, atau MWM, Lombardini, atau Powerol, atau Perkins, atau Cummins, atau Mitsubishi, dan lain sebagainya. Kisaran harganya ialah mulai dari ratusan ribu Rupiah hingga jutaan dan puluhan juta Rupiah.

Cara Kerja Mesin Genset

Cara kerja mesin genset pada dasarnya ialah dengan cara mengubah energi dari bahan bakarnya hingga menjadi energi gerak, yang lalu oleh mesinnya, alternator, dengan proses induksi elektromagnetik, kemudian diubah menjadi energi listrik, yang dinyatakan dalam satuan kVa. Jika 

Suatu genset dinyatakan memiliki kapasitas sesuai yang tertera pada labelnya, yakni sebesar 2 kVA, misalnya, maka hal ini berarti nilai dalam satuan kWnya ialah sebesar 1,6 kW atau sebesar 1600 Watt.

Tips Memilih Genset untuk Rumah

Sebelum membeli genset maka ketahui dulu kebutuhan daya listrik di rumah, dengan cara menghitung kebutuhan daya listrik dari tiap peralatan listrik yang ada dan digunakan di rumah. Hal ini untuk menentukan jenis daya genset yang akan dibeli sesuai kebutuhan. Kemudian pilih jenis gensetnya sesuai kebutuhannya, dan pertimbangkan kualitas dan harganya. Genset yang dipergunakan di rumah sebaiknya memilih genset dengan tipe silent, bukan yang bertipe open, agar tidak berisik selama pengoperasiannya, sehingga tidak akan mengganggu para penghuni rumah.

Komponen-komponen Mesin Genset

Terdapat sekitar sembilan komponen utama genset, yakni engine, dan alternator, juga fuel system, serta voltage regulator, dan cooling and exhaust system, serta lubrication system, dan battery charger, juga control panel serta main assembly.

Jenis-jenis Genset

Genset itu bermacam-macam. Berdasarkan kapasitas daya listrik yang dihasilkannya ada banyak variasinya, yakni mulai dari genset 5 kVa hingga rentang 2000 kVa. Berdasarkan tingkat kebisingan kerjanya maka terdapat genset tipe open dan genset tipe silent yang tidak berisik dan lebih senyap dalam bekerjanya. Berdasarkan bahan bakar untuk penyalaannya maka ada genset diesel yang berbahan bakar solar, dan genset bensin, ada juga genset gas, yang menggunakan bahan bakar berupa gas seperti gas LPG (Liquid Petroleum Gas) ataupun gas CNG (Compressed Natural Gas) dan lain sebagainya.

Jual Genset Murah

Pihak yang jual genset murah bisa ditemui secara online lewat internet melalui web atau berbagai forum atau di toko online, maupun secara offline lewat rekomendasi teman atau saudara atau lewat iklan di surat kabar baik lokal maupun nasional. Suatu genset yang murah itu tidak hanya asal murah harga belinya saja, namun juga hemat dan tidak boros dalam pemakaiannya, kemudian juga efektif dan efisien kerjanya sehingga menghasilkan daya listrik sesuai kebutuhan dan juga awet, tidak mudah rusak juga mudah dalam pemeliharaannya dan mudah didapat serta murah juga bahan bakarnya.

Tips Memilih Genset untuk Perkantoran

Genset yang akan dipergunakan di perkantoran sebaiknya menggunakan yang tipe silent, sehingga tidak menjadi bising pada saat digunakan, dengan demikian maka para karyawan tidak terganggu pada saat bekerja. Sebelumnya harus dihitung dengan cermat terlebih dahulu mengenai kebutuhan daya listriknya berdasarkan berbagai peralatan yang ada maupun yang akan digunakan di kantor secara total, guna mengetahui dengan pasti mengenai daya kapasitas mesin genset yang hendak dibeli.

Tips Memilih Genset untuk Pergudangan / Industri

Genset untuk keperluan pergudangan atau industri bisa menggunakan genset tipe open yang harganya lebih ekonomis jika dibandingkan dengan genset berkapasitas daya yang sama bertipe silent. Genset open tersebut memang tidak sesenyap tipe genset silent dalam bekerjanya namun harganya bisa lebih murah dengan demikian akan bisa menghemat anggaran, dan genset open tersebut dapat ditempatkan pada suatu ruang genset secara tersendiri. Hitung dengan cermat kebutuhan daya listriknya sesuai dengan kebutuhan daya berbagai peralatan dan mesin yang akan dioperasikan di pabrik secara total keseluruhan, guna disesuaikan dengan daya mesin genset yang hendak dibeli.

Faktor faktor yang harus diperhatikan ketika Memilih Genset

Sebelum membeli genset maka faktor pertama yang harus diperhatikan adalah besaran daya listrik yang dibutuhkan. Kemudian faktor jenis cara kerja gensetnya, sesuai kebutuhan. Lalu perhatikan faktor kualitasnya. Selanjutnya pertimbangkan dengan harganya, pilih yang sesuai besaran budget anggaran yang tersedia.

List Merek Genset dan Keunggulan Masing2 

Merk genset cukup banyak, tiap jenis genset memiliki merk unggulannya masing-masing. Ada suatu merk yang unggul pada suatu jenis genset namun ada juga merk lain yang lebih unggul pada jenis genset yang lain lagi.

Pilihlah genset yang sesuai dengan kebutuhan daya listriknya, dan jenis tipe sesuai kebutuhannya, serta harga yang sesuai dengan besaran anggaran yang tersedia.