5 Alasan Kenapa Kantor Anda Membutuhkan Genset

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Genset merupakan sumber energi cadangan yang bisa menggantikan energi listrik PLN saat terjadi pemadaman atau trouble pada instalasi jaringan listrik. Ruko, perkantoran, instansi pemerintah, pusat perbelanjaan hingga minimarket membutuhkan genset untuk terus mendukung kegiatan kerja maupun industrinya ketika listrik PLN padam pada jam operasional. 

Mengenal genset dan kegunaannya

Genset merupakan singkatan dari Generator Set, adalah  sebuah perangkat yang mampu menghasilkan daya listrik. Genset adalah seperangkat atau gabungan antara Alternator (Generator) dan mesin yang dapat digunakan sebagai alat pembangkit listrik. Mesin ini menggunakan solar ataupun bensin sebagai sumber energinya. 

Dari sisi ekonomi, genset memiliki manfaat yang cukup besar untuk menunjang aktifitas produksi suatu kegiatan industri saat listrik yang disalurkan oleh PLN padam. Pengusaha restoran yang menggunakan dukungan energi listrik untuk mengolah makanannya, akan kesulitan untuk memenuhi pesanan konsumen saat listrik PLN padam. Akibatnya ia tidak dapat melakukan kegiatan produksi dan tidak bisa mendapat penghasilan selama beberapa jam listrik padam. Lebih buruknya konsumen tersebut bisa merasa tidak mendapatkan pelayanan maksimal sehingga ia memutuskan untuk tidak datang lagi ke restoran. Pengusaha konveksi juga mengalami hal yang sama saat terjadi pemadaman listrik. Ia menjadi tidak bisa melaksanakan kegiatan produksi yang sebagian besar ditunjang oleh energi listrik. Alternatif sumber energi listrik cadangan pun dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan kegiatan produksi. 

Dari sisi kebutuhan, genset juga memiliki manfaat yang cukup besar saat seseorang berada di daerah yang tidak teraliri listrik PLN. Genset mendukung keberlangsungan kegiatan penduduk dengan mengalirkan energi listrik ke rumah-rumah penduduk. Selain itu jika kebetulan Anda mengadakan acara outdoor dan pada area tersebut tidak terdapat sambungan listrik, Anda bisa menggunakan energi listrik yang berasal dari genset untuk mendukung keberlangsungan acara. 

Genset mengubah tegangan dari bahan bakar yang tersedia menjadi energi listrik. Kapasitas tegangan genset terbagi ke dalam genset fasa 1 dan genset fasa 3. Genset fasa 1 seringkali digunakan untuk kebutuhan listrik yang cukup besar seperti di pusat perbalanjaan dan gedung perkantoran. Sedangkan genset fasa 3 lebih banyak digunakan untuk kebutuhan menengah seperti listrik rumah tangga dan sebagainya. 

5 alasan kenapa gedung perkantoran memerlukan genset

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, tidak hanya menjadi cadangan energi listrik genset juga bisa sumber energi listrik utama untuk daerah yang belum teraliri listrik. Setidaknya ada 5 alasan penting mengapa kantor Anda membutuhkan genset

  1. Memastikan seluruh kegiatan operasional kantor tetap berjalan. 

    Pemadaman listrik yang dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu tentu dapat membuat kegiatan opersional kantor lumpuh total. Hampir sebagian besar alat kerja di perkantoran terhubung dengan energi listrik. Tanpa adanya listrik alat kerja tersebut tidak bisa digunakan dan karyawan tidak bisa menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Dengan adanya sumber energi cadangan dari genset, operasional kantor dapat terus berjalan meskipun listrik PLN padam.
  2. Memastikan sistem keamanan tetap bekerja saat listrik padam

    Di era modern ini, sistem keamanan kantor semakin canggih dengan dukungan teknologi. Padamnya listrik dapat berimbas pada tidak berfungsinya fasilitas keamanan di kantor. Hal ini tentu dapat memberikan dampak pada keamanan kantor secara keseluruhan. Dalam beberapa keadaan, oknum-oknum tidak bertanggung jawab dapat memanfaatkan tidak berfungsinya sistem keamanan untuk melakukan hal-hal yang dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan kantor terus berfungsi dalam segala kondisi Anda memerlukan dukungan energi listrik cadangan dari genset. 
  3. Menjaga inventaris kantor dari kerusakan

    Inventaris kantor seperti pendingin udara dan komputer akan mudah rusak jika terus menerus mengalami pemadaman. Dengan adanya genset, inventaris kantor dapat terus awet karena tidak terpengaruh oleh pemadaman listrik PLN. 
  4. Menjaga keselamatan seluruh karyawan

    Hal ini sangat mungkin terjadi pada gedung perkantoran yang memiliki lift. Ketika listrik padam secara otomatis lift akan berhenti beroperasi, keselamatan pengguna lift tentu akan terancam jika listrik tidak kunjung hidup. Secara tidak langsung adanya tenaga listrik cadangan dari genset ikut menjaga keselamatan seluruh karyawan.
  5. Memastikan kenyamanan dalam bekerja

    Genset membuat listrik kantor terus menyala dan mendukung kenyamanan dalam bekerja.