Apa itu Panel ATS (Automatic Transfer Switch)? Definisi, Cara Kerja Hingga Manfaatnya

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
Panel ATS

Melakukan pekerjaan dengan perangkat elektronik tentunya membutuhkan aliran listrik. Saat listrik mengalami pemadaman, bukan tidak mungkin seluruh pekerjaan jadi tertunda.

Terlebih lagi pekerjaan dalam skala industri, listrik berperan penting untuk kelancaran proses produksi. Jika pemadaman terjadi meski hanya sekian jam saja, perusahaan akan mengalami kerugian yang cukup banyak.

Karena itulah dibutuhkan sumber listrik yang mampu hidup selama 24 jam supaya operasional berjalan dengan mulus. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, biasanya setiap perusahaan memiliki sumber daya listrik seperti genset dan terhubung dengan Panel ATS.

Keberadaan Panel ATS sangat penting. Saat listrik mengalami pemadaman secara mendadak, Panel ATS akan memindahkan listrik dari genset. Ketika listrik kembali menyala, panel secara otomatis berpindah (automatic transfer switch).

Maka dari itu, Panel ATS sangat cocok digunakan untuk perusahaan dan perkantoran. Lantas, apa sebenarnya Panel ATS itu? Bagaimana cara kerja dan manfaatnya? Berikut ini pembahasannya.

Apa itu Panel ATS?

Panel ATS adalah rangkaian listrik yang berfungsi sebagai saklar otomatis. Panel ATS bekerja dengan cara mengendalikan dua sumber aliran listrik. Saat terjadi pemadaman mendadak, maka panel akan mentransfer dari sumber listrik lain seperti genset.

Saat pemadaman listrik selesai, panel akan otomatis berpindah. Inilah mengapa Panel ATS disebut sebagai Automatic Transfer Switch. Panel ATS sendiri memiliki serangkaian kontrol yang bekerja untuk memindahkan listrik dari sumber lainnya tersebut dengan otomatis.

Manfaat dan Fungsi Panel ATS

Panel ATS tentunya sangat bermanfaat jika dipasang pada genset silent atau genset terbuka. Kegunaannya dapat melancarkan aktivitas operasional di kantor atau perusahaan industri. Berikut ini merupakan manfaat dan fungsi pada Panel ATS.

Memerintahkan Genset Agar Otomatis Menyala

Manfaat rangkaian kontrol Panel ATS yakni dapat memberikan perintah pada genset agar menyala otomatis. Terutama saat terjadi pemadaman listrik PLN. Dengan begitu, genset tak perlu dihidupkan secara manual.

Dapat Diset Secara Manual dan Auto

Tak hanya mode otomatis saja, Panel ATS bisa menggunakan mode manual. Mode tersebut merupakan alternatif untuk menghidupkan panel.

Solusi Saat Kondisi Darurat

Perusahan industri tentu membutuhkan listrik yang menyala 24 jam penuh. Agar tidak mengganggu operasional dan proses produksi, maka Panel ATS bisa menjadi solusi saat kondisi darurat akibat padam listrik.

genset
Sumber : https://unsplash.com

Cara Kerja Panel ATS

Bagaimana cara kerja Panel ATS sehingga dapat mentransfer listrik dari sumber lain secara otomatis? Berikut ini gambarannya.

  1. Settingan ATS sudah diatur dalam kondisi auto, bukan manual. Saat kondisi ini, sistem bisa bekerja dengan sendirinya ketika dibutuhkan.
  2. Komponen akan memerintahkan genset supaya menyala otomatis melalui modul AMF. Modul ini juga harus dalam mode otomatis. Letak AMF biasanya menyatu dengan genset.
  3. ATS mengirimkan sinyal ke AMF agar menyala saat listrik padam, maka genset bisa menyala otomatis.

Begitulah penjelasaan mengenai Panel ATS mulai dari definisi hingga cara kerja kontrol panel tersebut. Dengan demikian, Panel ATS sangat cocok digunakan untuk perusahaan dan perkantoran, bahkan untuk kebutuhan listrik di rumah jika diperlukan.

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.