Macam-Macam Gearbox untuk Kebutuhan Industri

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
gearbox untuk industri

Gearbox menjadi salah satu bagian dari produksi. Penggerak daya ini membantu fungsi mesin produksi dalam mengolah berbagai produk menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi.

Secara umum, gearbox merupakan rangkaian roda gigi yang terintegrasi secara mekanis. Komponen mekanis ini saling terhubung di dalam rumah yang disebut casing atau box. Gearbox juga biasa disebut sebagai Gear Reducer, peredam kecepatan yang tertutup.

Di bidang industri, gearbox digunakan pada banyak sistem penggerak elektromekanis. Alat ini pada dasarnya terdiri dari beberapa set roda gigi terbuka dalam casing atau box. Box ini mendukung bearing dan poros, menahan pelumas serta melindungi komponen lainnya dari berbagai kondisi lingkungan sekitar.

Lantas, bagaimana fungsi gearbox dan apa saja macam-macam gearbox untuk kebutuhan industri? Mari simak uraian singkatnya berikut ini.

Fungsi Gearbox

Fungsi Gearbox
Sumber : https://pixabay.com/

Komponen mekanikal ini mentransmisikan daya dan gerakan di antara sumbu dari motor ke spindle utama peralatan industri. Gearbox juga bisa mengubah perputaran dan gerakan rotasi menjadi gerakan linier.

Dengan kata lain, sistem pemindah tenaga pada gearbox mengubah kecepatan motor menjadi tenaga yang berputar. Torsi ini digunakan untuk memutar spindle pada mesin peralatan industri.

Selain itu, gearbox juga mereduksi kecepatan pada conveyor sehingga putarannya tetap stabil. Hal ini menjadikan peralatan industri berputar sesuai kecepatan yang diinginkan dengan tenaga yang memadai.

Ada beberapa fungsi lagi pada gearbox, berikut di antaranya:

  • Mengubah momen puntir yang akan diteruskan ke spindle mesin industri
  • Menyediakan rasio gigi sesuai beban mesin industri
  • Menghasilkan putaran mesin tanpa mengalami selip
  • Mengurangi kecepatan dalam jumlah putaran motor drive sesuai kebutuhan mesin industri
  • Mengubah beban putaran mesin industri dari berat menjadi ringan
  • Meningkatkan tenaga dengan mengubah kecepatan poros motor input

Fungsi utama gearbox bisa dikatakan sebagai penambah atau pengurang kecepatan. Dengan begitu, output torsi akan menjadi kebalikan dari fungsi kecepatan. Dalam perindustrian, terdapat macam-macam gearbox yang biasanya digunakan sesuai instalasi mesin pada alat industri.

Macam-Macam Gearbox untuk Kebutuhan Industri

Macam macam gearbox
Sumber : https://pixabay.com/

Seperti yang dikatakan, jenis gearbox biasanya digunakan sesuai dengan instalasi mesin industri. Kebutuhannya berdasarkan tujuan pemasangan gearbox, biasanya pemilihan jenis gearbox yang khusus karena kondisi rancangan mesin eksisting dan hasil spesifik yang diinginkan.

Untuk mengetahui lebih terang gearbox apa saja yang biasa digunakan, berikut macam-macam gearbox untuk kebutuhan industri.

Pinion Gear

Pertama ada Pinion Gear, yang merupakan salah satu bagian dari beberapa susunan roda gigi yang terdapat di dalam gearbox. Pinion Gear berfungsi sebagai gear penggerak utama secara langsung. Pinion Gear ini menerima gerak putar dari motor penggerak yang kemudian diteruskan ke Bevel Gear.

Bentuk Pinion Gear berupa batangan dengan kepala menyerupai nanas dan arah alur gearnya miring melingkar. Adapun bagian dari Pinion Gear ini terdiri dari:

  • Shaft Gear, fungsinya sebagai batang dari gearbox dan dudukan kopling yang terintegrasi dengan shaft motor penggerak.
  • Roda Gigi yang berfungsi sebagai media yang penghubung ke komponen lainnya untuk mentransfer daya putar motor penggerak.

Bevel Gear

Selanjutnya ada Bevel Gear, yang merupakan salah satu roda gigi dalam gearbox. Alat ini menerima gaya putar dari Pinion Gear. Jumlah gear pada Bevel Gear lebih banyak daripada Pinion Gear. Pada dasarnya, Bevel Gear ini merupakan satu kesatuan unit yang tak bisa dilepas dari Pinion Gear.

Fungsinya sebagai putaran yang mereduce Pinion Gear. Putaran ini akan diteruskan ke roda gigi lainnya yang berada di dalam gearbox.

Bevel Gear berbentuk lingkaran dengan permukaan sisi gear yang akan terhubung dengan gearbox pada Pinion Gear. Bevel Gear ini memiliki lubang dan terintegrasi dengan shaft poros yang dikunci dengan key way

Neck Gear

Salah satu gear yang banyak digunakan mesin industri yakni Neck Gear. Fungsinya sebagai penyambung putaran dari penggerak ke komponen lainnya. Biasanya dipasang pada shaft roll calender, yang terintegrasi dengan kopling dan motor penggerak.

Saat motor penggerak berputar, Neck Gear akan ikut berputar. Putaran ini nantinya akan terhubung ke roda gigi lainnya yang telah terpasang pada shaft roll calender. Dengan begitu, semua roll calender berputar dengan seimbang karena antara Neck Gear dan lainnya saling terintegrasi pada groove roda gigi.

Susunan unit pada Neck Gear dapat diketahui sebagai berikut:

  • Motor sebagai daya penggerak komponen mesin.
  • Kopling sebagai penghubung atau peredam putaran motor penggerak yang menuju cyclo drive mesin seperti unit gearbox.
  • Cyclo drive untuk mereduce putaran motor sesuai rasio yang dibutuhkan.
  • Komponen mesin sebagai media yang digerakan atau dioperasikan.
  • Neck gear sebagai penerus putaran mesin menuju komponen lainnya.

Demikianlah macam-macam gearbox untuk kebutuhan industri. Gearbox tersedia dalam berbagai kapasitas beban dan rasio kecepatan. Umumnya, faktor pemilihan gearbox meliputi orientasi poros, rasio kecepatan, desain, sifat beban, peringkat roda gigi, posisi pemasangan, suhu pengoperasian dan pelumasan.

Jika Anda sedang mencari gearbox terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai Distributor Gearbox dan Gear Motor, kami telah dipercaya sebagai distributor gearbox di Indonesia. Dapatkan gearbox terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda.