5 Langkah Memilih Genset Sesuai Kebutuhan

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Ada beberapa langkah memilih genset sesuai kebutuhan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Apalagi langkah-langkah ini tidak terlalu sulit untuk dipahami dan dipelajari. Setiap orang bisa memahaminya ketika mengerti dasar-dasar dari generator set tersebut. Sebuah alat yang sangat penting bagi banyak orang tentunya.

Genset atau generator set adalah sebuah mesin yang memiliki fungsi untuk memberikan listrik cadangan ketika lampu padam. Keberadaan benda satu ini cukup penting bagi banyak orang, termasuk pelaku industri dan pabrik besar. Ketika terjadi pemadaman listrik secara mendadak, maka menggunakan genset adalah pilihan tepat.

Karena kebutuhan yang semakin besar tersebut, maka banyak produsen berlomba-lomba memberikan generator berkualitas. Setiap produsen mesin menawarkan generator set dengan berbagai pilihan kapasitas dan harga yang terjangkau. Tidak heran memang jika sampai saat ini ada banyak sekali merek genset yang bisa ditemui dengan mudah.

Namun, karena ada banyak genset bisa ditemui dengan mudah maka Anda tidak bisa begitu saja memilihnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih mana genset yang tepat untuk kepentingan rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan kebutuhan dengan pemakaian supaya tidak menimbulkan kerugian.

Kenali Kapasitas Generator dengan Benar

Langkah memilih genset sesuai kebutuhan pertama adalah mengenali kapasitasnya. Saat ini ada banyak tipe genset dengan berbagai kapasitas, mulai dari 100 watt hingga 10.000 watt. Semua bisa dipilih sesuai dengan kapasitas daya listrik rumah. Jangan pernah memilih genset yang kapasitasnya lebih rendah dari listrik rumah.

Usahakan memilih mesin generator yang kapasitasnya lebih tinggi daripada listrik rumah. Hal tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak lain, seperti charger HP, charger laptop, dan sebagainya. Usahakan memilih kapasitas 10% lebih banyak daripada listrik rumah. Jadi ketika rumah memiliki kapasitas 100 watt, pilih generator 110 watt.

Sebelum memilih generator set, maka ketahui kebutuhan listrik rumah. Apa saja peralatan yang membutuhkan daya listrik ketika sedang ada pemadaman. Hitung berapa lampu di rumah dan jumlahkan sesuai kapasitasnya. Lakukan hal yang sama dengan peralatan lain seperti AC, kipas angin, TV, kulkas, dan sebagainya.

Bahan Bakar yang Mudah Dicari

Langkah memilih genset sesuai kebutuhan selanjutnya adalah kemudahan mencari bahan bakar. Bensin, solar, dan gas adalah beberapa bahan bakar yang sering dipakai untuk mesin tersebut. Karena itu, sebelum membelinya pastikan terlebih dahulu apa bahan bakarnya. Cari tahu apakah itu akan sulit ditemukan atau tidak.

Misalnya Anda memilih mesin dengan bahan bakar gas supaya lebih efisien. Maka perhatikan di sekitar rumah apakah ada penjual bahan bakar jalur gas untuk kebutuhan mesin ini. Jika tidak ada maka jangan memaksakan hal tersebut. Hal ini hanya akan menambah beban biaya yang Anda tanggung.

Karena itu, kenali terlebih dahulu apa bahan bakarnya sebelum membelinya.

Mesin yang Mudah untukDigunakan

Seperti diketahui sebelumnya bahwa sampai saat ini sudah ada banyak tipe-tipe mesin tersebut. Biasanya setiap produsen memiliki mekanisme unik masing-masing untuk menghidupkannya. Ada yang masih memakai tuas yang ditarik, namun ada banyak juga mesin dengan mekanisme tombol unntuk menghidupkannya.

Langkah memilih genset sesuai kebutuhan ini juga untuk memudahkan ketika merawatnya. Semakin mudah mekanisme penggunaan, maka semakin mudah perawatannya. Selain itu perangkat komponen juga mudah dicari di toko terdekat. Oleh sebab itu biasanya tipe-tipe seperti ini lebih mudah untuk di operasikan siapa saja.

Pilih Tipe Silent yang Tidak Mengganggu Aktivitas

Ada banyak tipe mesin genset, mulai dari tipe open hingga silent. Bedanya hanya pada getaran dan suara hasil pembakaran saja. Tipe silent atau soundproof pada umumnya memiliki suara dan getaran lebih lembut. Tidak menimbulkan suara berlebihan dan mengganggu aktivitas dalam rumah, terutama untuk anak-anak.

Langkah memilih genset sesuai kebutuhan ini juga perlu diperhatikan demi kenyamanan orang lain. Namun, untuk tipe soundproof seperti ini biasanya memiliki ukuran lebih besar dan harganya juga lebih mahal. Untuk itu Anda perlu memikirkan lebih baik lagi tentang tipe mesin ini.

Pilih Merek yang SudahBerkualitas

Ada banyak sekali merek mesin generator yang ada di Indonesia, seperti Perkins, Cummins, MWM, MAN, dan masih banyak lagi. Setiap merek memiliki kelebihan masing-masing sesuai kapasitas mesin tersebut. Misalnya jika ingin memiliki mesin dengan kapasitas besar, maka merek MAN dan Mitsubishi adalah pilihan paling tepat.

Jika Anda ingin memilih mesin dengan konsumsi bahan bakar rendah, maka merek MWM bisa menjadi alternatif. Beberapa tipe merek ini hanya membutuhkan 0,66 liter untuk penggunaan selama 1 jam serta bisa dihidupkan selama 6 jam tanpa henti. Karena kebutuhan mesin seperti sangat besar, maka Anda juga perlu memahami bagaimana cara memilihnya. Memahami lebih banyak tentang mesin ini akan membantu menyelesaikan masalah di rumah. Pahami terlebih dahulu langkah memilih genset sesuai kebutuhan sebelum membelinya.