Tips Cara Aman Menggunakan Genset

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Sebagian orang sampai saat ini masih belum tahu bagaimana tips aman menggunakan genset. Terutama untuk model genset lama yang membutuhkan perlakuan khusus mulai dari perawatan hingga menghidupkannya. Namun bukan berarti akan selamanya Anda tidak bisa mengerti menggunakan mesin ini dengan baik dan benar.

Pada dasarnya, hadirnya generator listrik ini memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Pasokan listrik tidak akan selalu ada, terutama untuk beberapa daerah di desa yang jauh dari pusat kota. Karena itu, genset hadir dengan memberikan energi listrik cadangan dengan bahan bakar berupa bensin atau solar.

Bukan hanya untuk rumah, namun generator listrik ini juga diperlukan oleh UMKM hingga pabrik. Ketika sedang melakukan produksi, tentu pasokan listrik harus tetap terjaga. Ketika di tengah produksi listrik padam, maka aktifitas pabrik akan berhenti total. Namun begitu ada generator listrik, maka aktifitas bisa dilanjutkan.

Namun, untuk menggunakan generator listrik dengan aman maka perlu mengikuti beberapa langkah. Meskipun langkah-langkah ini cukup sederhana, namun berdampak besar bagi keselamatan banyak orang. Selain itu, bagaimana menggunakan genset dengan benar akan memberikan umur lebih lama. Dengan begitu bisa dipakai dalam waktu yang lebih lama.

Letakan di Ruang yang Terbuka

Tips aman menggunakan genset yang pertama adalah jangan pernah meletakan generator listrik ini di ruang tertutup. Sebisa mungkin letakan di ruang terbuka yang bebas dari anak kecil atau sejenisnya. Apalagi cobalah meletakan mesin ini di tempat yang jauh dari keberadaan air supaya lebih aman.

Karena generator listrik pada umumnya menggunakan bahan bakar bensin atau solar, maka akan menimbulkan asap. Hasil pembakaran akan menimbulkan gas karbon monoksida yang cukup beracun jika dihirup dalam jangka waktu lama. Terutama gas tersebut berada di ruang tertutup yang tidak ada sirkulasi udara sama sekali.

Selain itu, gas karbon monoksida bisa mencemari udara di sekitar ruangan jika tidak segera dibuang. Gas ini juga menimbulkan racun yang bisa membuat berbagai penyakit paru-paru. Tips aman menggunakan genset ini perlu diperhatikan karena itu ruang tertutup bukan tempat yang baik untuk meletakan mesin tersebut.

Selain itu, letakan juga di tempat yang datar supaya generator ini lebih seimbang ketika dipakai. Genset yang sudah menyala pasti menimbulkan getaran yang cukup membuatnya bergeser. Jika diletakan di tempat tidak rata, ada kemungkinan generator ini akan bergeser lebih jauh dan bahkan bisa berguling.

Jauhkan dari Setiap Komponen Air

Tips aman menggunakan genset selanjutnya adalah jauhkan setiap komponen dari air. Genset adalah mesin yang fungsinya memberikan listrik cadangan ketika lampu padam. Ketika ada komponen yang terkena air, bisa saja terjadi konsleting. Bukan hanya membuat generator tersebut rusak, namun juga lampu tetap akan padam.

Setidaknya jauhkan kabel penghubung antara saklar dengan mesin ini supaya lebih aman. Memang ada beberapa genset yang memiliki bentuk dan konstruksi tahan air, namun bukan berarti meletakan sembarangan. Akan jauh lebih aman ketika benda ini bisa terhindar dari keberadaan salah satu konduktor listrik tersebut.

Kejadian tidak terduga bisa terjadi kapan saja dan tidak ada siapapun yang tahu. Ketika usia generator sudah lama, tentu ada bagian komponen yang lebih rawan rusak. Misalnya kabel sudah mulai bertahun-tahun tidak diganti. Anda mungkin tidak tahu bahwa ada bagian kabel sudah mulai mengelupas.

Bahaya paling besar ketika terkena air adalah kerusakan pada mesin tersebut. Umumnya mesin genset memiliki harga cukup bervariasi tergantung merek dan kapasitas dayanya. Tentu Anda tidak mungkin menginginkan mesin tersebut rusak. Jadi memahami tips aman menggunakan genset adalah salah satu prioritas utama yang perlu diperhatikan.

Bahan Bakar dan Oli Cukup

Kebanyakan genset menggunakan bahan bakar dari solar untuk bisa dijalankan dengan baik. Karena itu, sebelum menggunakannya lebih baik dilakukan pengecekan apakah bahan bakar tersebut cukup atau tidak. Ketahui kapasitas penggunaan bahan bakar dari generator milik Anda.

Ketika bahan bakar habis, ini merupakan salah satu tips aman menggunakan genset. Isi secukupnya saja jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Biasakan melakukan pengecekan setiap beberapa jam untuk melihat apakah bahan bakarnya masih cukup atau tidak. Selain itu juga lakukan pengecekan pada oli mesin apakah masih cukup untuk beberapa jam kemudian atau tidak.

Biasanya jika oli pada mesin berkurang atau kelebihan akan menimbulkan gejala-gejala tertentu. Penggunaan oli secara berlebihan biasanya menyebabkan generator menjadi tersendat. Sedangkan ketika kekurangan oli maka mesin akan seperti tidak mau menyala. Hal ini bisa menjadi salah satu cara aman menggunakan genset, terutama untuk pemula.

Sebagai penyedia listrik cadangan, tentu saja generator listrik ini perlu diberikan perawatan khusus. Cara penggunaan juga perlu diperhatikan supaya usia genset bisa bertahan lebih lama. Terutama jika dipakai untuk kebutuhan produksi UMKM yang membutuhkan tips aman menggunakan genset demi menjaga pasokan listrik.