Mengidentifikasi Genset Asli atau Palsu

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Saat ini di Indonesia dapat ditemukan Genset yang tidak asli atau barang yang dijual tidak sesuai dengan merek yang tertera pada Genset tersebut. Sekilas terlihat sama karena model yang serupa, tetapi memiliki kualitas yang berbeda dan nomor seri yang tertera bukan nomor milik merek tersebut.

Saat hendak membeli Genset, berhati-hatilah jika ada yang menawarkan Genset dengan harga yang jauh lebih murah karena kemungkinan besar Genset tersebut palsu atau tidak sesuai dengan merek yang ditawarkan dan kualitas yang dijanjikan.

Kita harus mengenali cara membedakan Genset asli dan Genset palsu.

Bagaimana cara mengidentifikasi sebuah Genset asli atau palsu?

  • Lakukan pengetesan genset di hadapan penjual. Jika performa Genset tidak sesuai dengan¬† yang dijanjikan maka mulailah waspada akan keaslian Genset tersebut.
  • Mintalah jaminan garansi pada penjual.
  • Hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah mengecek apakah diesel engine / mesin diesel genset tersebut memiliki sertifikat pabrikan yang biasa disebut Certificate of Origin yang dikeluarkan oleh pabrik mesin tersebut.

Setelah mendapat sertifikat tersebut, kita harus mengecek apakah mesin tersebut sesuai dengan informasi yang tertera pada sertifikat:

1: Angka pada pelat / Nameplate number

2: Angka (Engine number) pada badan mesin yang diukir timbul

3: Angka pada pelat oil pump

Jika ketiga angka / part number tersebut sama dengan yang tertera di setifikat, genset dapat berjalan dengan baik dan ada jaminan garansi, selamat anda mendapatkan mesin genset yang asli.