Kira-kira Berapa ya Suhu Normal Genset?

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
pengecekan genset biru

Tanpa perawatan dan pemeliharaan yang tepat, genset diesel siaga bisa sangat bermasalah saat cuaca dingin. Pada 0 derajat, generator listrik ini biasanya akan menghasilkan kurang dari setengah arus yang dihasilkan pada suhu yang lebih normal. 

Bahan bakar diesel juga dapat menjadi tidak stabil pada suhu dingin, dan ketika blok mesin dan kepala silinder dingin, mereka menyerap panas tekan yang diperlukan untuk menyalakan bahan bakar diesel, yang dapat mencegah pengapian sama sekali.

Sebagai aturan umum, kami merekomendasikan suhu pengoperasian yang baik untuk generator adalah antara 190 dan 220 derajat. Apa pun di atas ini dapat menyebabkan bagian-bagian seperti mesin dan silinder generator rusak.

Tentu saja, ada tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa generator diesel Anda menyala dengan andal, mencapai beban yang diinginkan dengan cepat, dan terus beroperasi tanpa gangguan atau tekanan yang tidak semestinya. 

Pentingnya Suhu dalam Operasi Genset

Apakah Anda tahu apa yang menyebabkan genset menjadi terlalu panas? Anda harus selalu tahu dan mencari solusi agar hal ini tidak terjadi lagi. Overheating adalah masalah umum dengan semua genset, tetapi jika pemiliknya tahu cara menjalankannya dengan benar, hal itu tidak akan terjadi lagi. 

Istilah overheating sering digunakan untuk menggambarkan suatu alat atau benda yang mengalami kondisi overheating. Selalu ada bahaya juga jika terjadi panas berlebih, terutama pada perkakas yang peka terhadap perubahan suhu. Sebisa mungkin, panas berlebih ini tidak terjadi pada genset. 

Genset memiliki kandungan minyak yang dapat menyebabkan bencana lain jika terlalu panas. Namun sayangnya, masih ada pemilik genset yang mengabaikannya dan melakukan hal-hal yang dapat dicegah. Namun dapat diatasi dengan perbaikan.

Mini Genset Hijau
Source : https://www.freepik.com/

Suhu Normal pada Genset

Suhu lingkungan normal genset itu sendiri tidak boleh melebihi 50 derajat Celcius, jika suhu normal mencapai lebih dari 40 derajat, genset akan mengeluarkan panas dalam jumlah besar saat digunakan, jika sirkulasi udara ruang mesin tidak baik, suhu ruang mesin pasti akan naik, genset akan mengeluarkan peringatan suhu tinggi, sinyal shutdown, atau shutdown otomatis untuk berhenti bekerja. Suhu air pendingin genset harus antara 75 dan 90 ℃, dan suhu tertinggi tidak boleh melebihi 95 ℃. Cara mempertahankan suhu operasi normal generator adalah, terlepas dari situasinya, tidak mematikan generator untuk “mendinginkannya”. Karena generator mati, air pendingin tidak lagi bersirkulasi, 

Genset harus mempertahankan suhu oli konvensional selama pengoperasian karena alasan berikut:

  1. Agar tidak menyebabkan bagian pergesekan, terutama suhu bantalan poros engkol terlalu tinggi, agar tidak mengurangi kekuatan bagian generator, menambah keausan.
  2. Agar pompa oli memiliki oli pemompa dalam jumlah besar untuk memastikan bahwa permukaan gesekan mendapatkan pendinginan dan pelumasan yang andal. Karena volume oli pompa oli dan suhu oli memiliki hubungan yang sangat besar, suhunya terlalu tinggi atau terlalu rendah, hal itu dapat menyebabkan volume oli pompa, pada suhu oli normal (sekitar 85 ° C) volume oli pompa, ketika viskositas oli sesuai, fluiditas yang baik lebih baik, tetapi juga mengurangi aliran balik ke pompa.
  3. Oli untuk mempertahankan suhu normal, dapat mengurangi laju oksidasi oli pada suhu tinggi, sehingga dapat memperpanjang umur oli. Suhu dan kelembaban lingkungan pengoperasian generator memiliki pengaruh yang besar terhadap keluaran daya unit, oleh karena itu ada seperangkat aturan standar untuk persyaratan lingkungan. Daya dikalibrasi oleh generator untuk kondisi lingkungan tertentu. 

Suhu bahan bakar diesel tidak boleh lebih rendah dari 4 ℃, yaitu suhu sekitar tidak boleh lebih rendah dari 4 ℃ saat genset dalam mode siaga, baru kemudian genset dapat menyala secara normal. Jika suhu sekitar di bawah 4°C, perlu dilakukan pemanasan awal dan isolasi udara di sekitarnya.

Komponen Genset yang Terkait dengan Suhu

Semua mesin khususnya mesin diesel pada genset akan mengalami panas pada saat beroperasi, hal ini wajar. Namun, akan menjadi sesuatu yang luar biasa jika mesin mengalami panas berlebih atau biasa disebut overheat. Dan apa yang menyebabkan mesin, terutama generator, menjadi terlalu panas? 

1. Air radiator kering/habis

Pengecekan air radiator secara rutin harus selalu dilakukan oleh semua pemilik mesin genset, baik airnya tinggal sedikit atau bahkan kering, jangan sampai terjadi! Segera lakukan pengecekan air secara rutin dan berkala pada radiator mesin genset, jika volume air sudah berkurang segera tambahkan air bersih kembali.

2. Minyak pelumas kering/habis

Selain air di radiator, pemilik juga harus melakukan pengecekan rutin terkait oli pelumas di mesin. Untuk yang belum tahu, oli pelumas digunakan untuk mencegah keausan mesin, yaitu untuk mengurangi keausan mesin yang disebabkan oleh gesekan langsung antara permukaan logam yang terus bergerak.

3. Putus tali kipas

Sabuk kipas terpasang untuk menghubungkan putaran mesin ke kipas radiator. Dan jika dicabut, kipas radiator tidak akan berputar, sehingga tidak ada angin yang dapat menerbangkan panas radiator dari mesin. Jadi dengan kata lain, fan belt ini harus dijaga agar tidak putus.

4. Tutup radiator rusak atau cacat

Mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang, namun tutup radiator juga merupakan bagian yang sangat penting, kenapa? Karena jika tutup radiator bermasalah maka tekanan udara di dalam radiator akan turun sedikit demi sedikit akibat udara yang baru keluar. 

Kesimpulannya, jika tutup radiator rusak, berubah bentuk atau kondisinya kurang baik, dapat menurunkan titik didih air radiator dan dapat menguap dengan cepat, sehingga tidak mampu mendinginkan mesin dengan baik.5.,Radiator tersumbat atau mengalami kerak

Sumbatan yang terjadi pada pipa kapiler radiator akan menyebabkan air dari radiator tidak mengalir dengan baik. Selain itu, limescale yang terdapat pada radiator akan langsung menghalangi kontak air dengan permukaan dan gril radiator sehingga panas yang ada tidak mengalami pembuangan yang memadai.

Mengatasi Suhu Berlebih pada Genset

Sekarang setelah Anda mengetahui seberapa besar kerusakan yang disebabkan oleh panas berlebih pada generator, Anda mungkin ingin mengetahui apa yang menyebabkan generator menjadi terlalu panas, yaitu :

  1. Tingkat refrigerant rendah, artinya refrigerant bocor ke dalam atau ke luar. Kebocoran cairan pendingin dapat disebabkan antara lain oleh klem yang longgar atau gasket yang bocor. 
  2. Sirkulasi cairan pendingin yang buruk yang dapat disebabkan oleh selang lunak yang kempes menyebabkan penyumbatan. 
  3. Genset diesel telah menumpuk kotoran di bagian luarnya. Akumulasi besar lemak dan kotoran pada permukaan generator mencegah pembuangan panas yang normal. 
  4. Membebani generator secara berlebihan. 
  5. Kipas pendingin rusak atau kekencangan sabuk kipas salah. 
  6. Injektor diesel tersumbat. Jika injektor bahan bakar tersumbat, sistem harus bekerja terlalu keras untuk mengkompensasi injektor yang tersumbat yang menyebabkan panas berlebih. 
  7. Filter udara yang tersumbat dapat menyebabkan generator menjadi terlalu panas dan mati. 
  8. Knalpot yang membatasi knalpot rusak. 
  9. Generator kelebihan beban. 
  10. Tingkat minyak rendah.

Penting untuk diingat bahwa pengukur yang rusak dapat menyebabkan panas berlebih karena jika generator terlalu panas, tetapi pengukurnya rusak, itu tidak akan mengaktifkan sistem pendingin saat generator membutuhkannya. 

Pengukur yang salah juga dapat menunjukkan bahwa generator terlalu panas ketika sebenarnya berada pada suhu operasi normalnya. Saat waktunya memecahkan masalah, pastikan untuk memeriksa ulang alat pengukur.

Peran Sistem Pendingin pada Genset

Panas pada genset dapat menimbulkan ruang bakar yang tidak terkonversi menjadi tenaga mekanik. Suhu yang terlalu tinggi yang terjadi pada mesin pada menurunkan kinerja mesin atau bahkan dapat merusak mesin. Maka dari ini berikut beberapa peran sistem pendingin pada mesin :

1. Mempertahankan temperatur mesin

Sistem pendingin ini akan mempertahankan suhu panas mesin, sehingga terbuangnya gas emisi akan lebih sedikit serta kinerja dari mesin genset akan lebih bagus

2 Mempercepat tercapainya suhu kerja mesin

Suhu kerja dibutuhkan disini agar mesin tidak mengalami keausan mesin dan gas emisi tidak terbuang dengan sia-sia. Suhu kerja yang tepat akan mendapatkan sistem kerja yang baik pula.

3. Menyebarkan panas dengan merata

Dengan membuat panas mesin genset secara merata ini akan membuat panas diserap dan akhirnya dibuang ke udara agar mesin tidak mengalami overheat.

genset merah
Sumber: https://elements.envato.com

Monitoring dan Pengendalian Suhu Genset

Perawatan genset memiliki tujuan utama untuk mencegah masalah atau kerusakan yang tidak terlihat di permukaan. Seperti orang awam yang belum paham dunia mesin, banyak orang yang belum mengetahui perbedaan genset yang bagus dan rusak. Karena itu, lebih baik berhati -hati mulai sekarang. Ikuti tips berikut untuk perawatan.

1. Periksa bagian bahan bakar

Komponen terkait bahan bakar seperti tangki dan tutup harus diperiksa secara teratur. Pastikan Anda tidak kehabisan bahan bakar. Periksa juga kebocoran, yang ditandai dengan bau bahan bakar yang terus menerus.  

Anda juga bisa melihat kebocoran di badan tangki. Jika area tangki bahan bakar terlihat berminyak, kemungkinan besar ada yang tidak beres. Jadi semua inspeksi harus diselesaikan dengan hati-hati mengamati indikator. Pastikan tidak ada yang aneh pada alat pengukur.

2. Simpan genset di area kering

Sangat penting untuk mengingat poin ini. Generator tidak boleh ditempatkan di ruangan lembab yang juga mengandung banyak cairan yang mudah terbakar. 

Jangan gabungkan kompartemen oli, bahan bakar, atau air dengan generator untuk memastikan keselamatan Anda dan keluarga. Kapan pun Anda ingin menyimpan atau menggunakannya, bersihkan semua bagian hingga benar-benar kering.

3. Bersihkan sebelum dan sesudah pemakaian

Membersihkan genset dari kotoran, oli dan air sangatlah penting. Sebaiknya selalu bersihkan genset secara rutin, baik sebelum maupun sesudah digunakan. Membersihkannya beberapa hari seminggu sekali juga membantu generator bertahan lebih lama. Performa mesin juga tidak akan terpengaruh oleh adanya endapan kotoran.

4. Panaskan genset secara berkala

Tentu saja genset tidak digunakan setiap hari. Genset biasanya digunakan pada saat mati listrik di pusat atau saat jualan di luar tanpa ada sambungan colokan. Meski begitu, Anda harus tetap melakukan pemanasan agar performa mesin tetap prima seperti semula.

5. Periksa kabel-kabel

Setiap kali Anda ingin menggunakan genset, coba periksa dulu kabel-kabel yang menyambungkannya. Pastikan tidak ada yang terbakar, korsleting, atau digigit tikus. Jangan biarkan hal-hal kecil menimbulkan masalah besar dan merusak rumah Anda.

6. Periksa keadaan aki genset

Anda perlu memeriksa status baterai generator setiap kali Anda ingin menggunakannya. Pastikan baterai tidak berkarat agar genset dapat menghasilkan daya listrik yang dibutuhkan. Saat memeriksa bagian baterai, cari juga kabel atau sambungan yang longgar. Jika Anda menemukannya, kencangkan segera. Bawa ke pusat layanan resmi untuk dilakukan jika ragu.

7. Periksa seluruh indikator genset

Adanya indikator pada genset berguna untuk memberi sinyal informasi yang terjadi pada mesin. Pasalnya, seringkali masalah tidak terlihat dari luar. Oleh karena itu, perhatian harus diberikan pada setiap indikator agar mesin tetap dalam kondisi baik.

8. Perhatikan sistem pembuangan

Tanda ada masalah pada mesin genset adalah warna dan jumlah knalpot. Jika asap berwarna hitam atau putih pekat dan keluar dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, Anda dapat memastikan bahwa ada masalah dengan genset. 

Hal ini bisa jadi karena kesalahan pengisian bahan bakar atau kualitas udara yang masuk ke genset sangat kotor. Jika ini terjadi, Anda harus membawanya ke layanan.

9. Ganti spare parts sesuai waktunya

Catat kapan batas usia untuk menggunakan genset. Ketahui juga komponen apa saja yang perlu diganti secara berkala dalam 6 bulan atau 1 tahun. Pastikan untuk mengganti suku cadang yang aus agar generator Anda tetap bekerja pada performa puncak.

Manfaat Mempertahankan Suhu Normal pada Genset

Sistem pendingin berfungsi untuk menjaga suhu mesin genset tetap stabil dan mencegahnya dari panas berlebih. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan servis sistem pendingin secara rutin dengan cara rutin mengecek kipas pendingin dan sirkulasi udara di sekitar genset. Jika Anda secara teratur mengelola sistem pendingin, ini akan dapat memperpanjang umur laba generator dan mempertahankan kinerjanya yang optimal.

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.