Apa yang dimaksud Genset 1 Fasa dan 3 Fasa Serta Apa Perbedaan Keduanya

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
Genset Kuning

Sebelum membahas lebih jauh tentang sistem kelistrikan genset satu fasa dan tiga fasa, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu sistem kelistrikan.

Sistem kelistrikan terdiri dari tegangan, arus dan hambatan. Tegangan dihasilkan oleh perbedaan potensial antara 2 kutub. Sedangkan arus listrik terjadi karena adanya perpindahan muatan listrik antara dua kutub yang memiliki beda potensial. Jika perpindahan muatan listrik terjadi melalui suatu penghantar, pada umumnya penghantar tersebut memiliki hambatan atau hambatan.

Secara umum, ada 2 jenis sistem kelistrikan yaitu AC (alternating current) atau arus bolak-balik dan DC (direct current) atau arus searah.

Definisi Genset 1 Fasa

Sistem kelistrikan juga mengenal istilah 1 fasa atau satu fasa atau satu fasa dan 3 fasa atau banyak fasa. Sistem 1 fasa adalah sistem kelistrikan yang menggunakan gelombang sinus seperti sistem tenaga AC pada umumnya.

Generator AC satu fasa ini memiliki dua buah papan keluaran yaitu fasa dan juga kabel netral. Alternator satu fasa ini juga memiliki kumparan satu fasa atau beberapa kumparan yang dihubungkan secara seri.

Tegangan output atau tegangan keluaran yang dihasilkan oleh generator AC satu fasa biasanya berkisar antara 220 hingga 240 volt (standar rumah tangga Indonesia biasanya 220 volt). Tegangan listrik ini diukur antara titik outlet dan netral. 

Definisi Genset 3 Fasa

Genset dengan sistem 3 fasa ini mempunyai 3 gelombang sinus yang mana terdapat perbedaan antara sudut fasa dengan masing-masing sudut 120 derajat.

Genset AC 3 fasa ini memiliki 4 kabel keluaran yaitu seperti kabel fasa 3 dan kabel netral 1. Alternator adalah pembangkit listrik AC. Tiga fasa yang memiliki kumparan tiga fasa yang akan menghasilkan tegangan output 380 volt hingga 440 volt.

Tegangannya 380 volt, yang diukur antara 1 fasa dan juga beberapa fasa dengan tegangan keluaran 220 volt ini diukur melalui salah satu fase dengan fase netral. Ketiga faktor tersebut membentuk alternator yang biasanya dilambangkan dengan R, S, T dan N (U1, U2, U3, N) dibagi dengan kabel keluaran netral.

Genset di industri
Source : https://unsplash.com/

Keuntungan Genset 1 Fasa

Sebelum kita membahas apa saja manfaat memiliki genset atau genset, mari kita ketahui dulu apa itu genset. Genset mempunyai sebutan lain yaitu dinamo jika pada mesin yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik yang mana selanjutnya akan disalurkan melalui aliran listrik ke pelanggan baik itu komersial, industri atau domestik. 

Apa yang disebut generator satu fasa? Generator satu fasa adalah generator yang menghasilkan tegangan dalam satu gelombang bolak-balik karena dinamo berputar dan terdapat medan magnet. Generator jenis ini memasok tegangan yang berfluktuasi dengan siklus gelombang. 

Maka dari itu, generator yang menggunakan 1 fasa ini sama dengan genset-genset yang lainnya yang membutuhkan bahan bakar dalam operasinya. Berikut ini adalah keuntungan dari genset satu fasa diantaranya :

1. Mempunyai cadangan sumber listrik baik di rumah atau tempat usaha

Sebagian besar rumah sekarang memiliki generator satu fasa atau selalu generator yang terhubung langsung ke sistem kelistrikan rumah. Namun, genset 1 fase lebih kecil dan tenaganya kurang sehingga hanya dapat digunakan untuk alat elektronik yang mempunyai tegangan yang rendah saja. 

Meskipun generator tegangan rendah satu fasa dapat membuat seluruh rumah dan keluarga nyaman dalam keadaan darurat dan tetap bersinar. Sementara generator satu fasa sangat berguna di daerah terpencil dan di lokasi konstruksi di mana daya reguler tidak tersedia

2. Dapat menghidupkan alat-alat elektronik

Distribusi satu fasa biasanya digunakan di mana beban utama adalah penerangan dan pemanasan dan untuk motor listrik kecil. Pasokan satu fasa yang terhubung ke motor listrik AC tidak akan menghasilkan medan magnet yang berputar, sehingga motor satu fasa memerlukan sirkuit tambahan untuk memulai dan tidak jarang untuk peringkat daya di atas 10 kW.

Genset di lapangan
Source : https://unsplash.com/

Keuntungan Genset 3 Fasa

Generator fase tunggal menghasilkan tegangan langsung bolak-balik tunggal. Karena energi dihasilkan dalam satu pulsa, levelnya bervariasi sepanjang siklusnya. Riak variabel menyebabkan tingkat daya menurun dalam proses.

Generator tiga fasa bekerja dengan menghasilkan tiga pulsa daya AC terpisah yang bekerja secara berurutan, untuk memastikan bahwa selalu ada aliran daya yang terus menerus dan tingkat daya tidak pernah turun seperti pada generator satu fasa. Berkat keandalan tanpa gangguan ini, generator tiga fase jauh lebih bertenaga. 

Keuntungan besar dari generator tiga fase dibandingkan generator satu fase adalah tegangan pengenalnya, karena generator satu fase umumnya digunakan untuk memberi daya pada peralatan rumah tangga sedangkan generator tiga fase dapat digunakan dalam banyak kasus pada peralatan rumah tangga besar.

  • Dari dua peralatan dengan daya yang sama, generator tiga fasa berukuran lebih kecil dan lebih ringan. Generator tiga fase juga lebih efektif dalam menyalurkan daya. 
  • Sistem tiga fase adalah yang paling banyak digunakan di dunia. Di mana generator tiga fase memiliki getaran konstan dan kecil, total daya sesaat juga konstan. Artinya, tidak mengalami banyak variasi.
  • Dalam generator tiga fase, daya total tidak pernah nol. Secara umum, generator tiga fase sangat penting untuk industri yang membutuhkan pasokan energi tanpa cela yang terus menerus dan yang bergantung pada peralatan yang membutuhkan motor tenaga kuda tinggi.

Perbedaan dalam Penggunaan

Di sini sistem satu fasa lebih disukai untuk penggunaan rumah tangga dan di mana diperlukan kebutuhan daya yang lebih rendah, sedangkan sistem tiga fasa untuk keperluan industri dan untuk transmisi listrik lebih memungkinkan. 

Sistem tiga fasa menyediakan sekitar 1,73 kali kekuatan fasa tunggal dan memberikan keandalan saat digunakan untuk fasa tunggal, tetapi keandalannya kurang bila digunakan sebagai tiga fasa. 

Lebih banyak torsi dapat dihasilkan dari daya tiga fasa ke motor daripada fasa tunggal, dan ketiga fasa tersebut digunakan untuk tujuan transmisi karena keunggulannya dibandingkan fasa tunggal, seperti transfer daya yang lebih tinggi, pembangkitan yang ekonomis, dll.

Perbedaan dalam Instalasi

Genset satu fasa dan tiga fasa menggunakan arus bolak-balik.  Tetapi, 1 fasa dan 3 fasa butuh kabel konduktif dalam jumlah yang berbeda-beda guna adanya output gaya.  Siklus daya generator ini adalah perbedaan terbesar antara keduanya. Generator fase tunggal menghasilkan arus bolak-balik yang berayun dari 170 derajat ke -170 derajat. 

Gelombang berosilasi terus menerus hingga mencapai daya maksimumnya, yaitu saat daya maksimum dihasilkan, dan kembali ke daya rendah. Dengan arus tunggal, lebih sulit untuk menghasilkan energi dalam jumlah besar karena gelombang terus-menerus surut. Namun, kebalikannya berlaku untuk generator tiga fase. Generator tiga fasa menghasilkan daya melalui tiga kabel penghantar yang berbeda dan kabel arde netral. 

Pengaturan ini memberikan output daya yang lebih konsisten dan berkelanjutan karena tidak perlu menunggu driver mencapai puncak. Generator tiga fase pada dasarnya adalah tiga generator satu fase yang ditempatkan dalam satu unit, yang memungkinkan mereka menghasilkan keluaran daya yang jauh lebih tinggi. 

Jika melihat kedua jenis genset yang masing-masing berukuran sama, genset tiga fasa memiliki kapasitas 180% lebih besar dibandingkan dengan model satu fasa. Generator tiga fase secara signifikan lebih bertenaga daripada generator satu fase. 

Siklus kontinu tiga fasa menggunakan ketiga konduktor untuk menyediakan generator faktor daya yang lebih tinggi. Inilah yang membuat model tiga fase ideal untuk aplikasi besar seperti mesin industri. Sementara itu, generator satu fasa hanya cukup untuk aplikasi yang lebih kecil, seperti menyalakan rangkaian listrik rumah tangga.

Pertimbangan Teknis

Regulasi voltase generator adalah sesuatu yang dilakukan teknisi terlatih kami setiap beberapa hari untuk memenuhi semua kombinasi kelistrikan dan kebutuhan khusus pelanggan kami. Meskipun voltase dapat disesuaikan pada sebagian besar generator, pilihan spesifik Anda akan selalu dibatasi oleh ujung generator yang Anda gunakan. Proses pengalihan tegangan itu sendiri adalah prosedur kelistrikan yang relatif teknis yang terutama melibatkan pengaturan konduktor di ujung generator. 

Pada sebagian besar generator tiga fase, kami biasanya mengambil 10 atau 12 kabel dari ujung generator dan mengkonfigurasi ulang cara pemasangan dan pengkabelannya menyesuaikan rutenya ke panel kontrol dan beberapa titik lainnya tergantung pada apa yang ingin kami dapatkan. Kami mengisolasi kabel dengan baik, menyesuaikan kabel sensor jika perlu. Ubah voltase generator dan kemudian lakukan perubahan lebih lanjut dari sana sesuai kebutuhan.

Ujung genset adalah komponen utama yang akan menentukan bagaimana genset akan bereaksi ketika fase dan/atau tegangan berubah. Jika dilakukan dengan benar, perubahan voltase tidak merusak atau membebani unit dengan cara apa pun.

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.