Cara Mengirit Konsumsi Bahan Bakar Oleh Genset

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Sebagai pengguna sudah seharusnya tahu bagaimana cara mengirit konsumsi bahan bakar oleh genset agar tidak boros. Kini banyak orang sadar bahwa keberadaan generator set begitu penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi listrik kini begitu terbatas sehingga untuk keperluan bisnis misalnya pasokannya sangat kurang.

Generator set ini memang menjadi seperangkat alat yang mampu menghasilkan listrik dalam jumlah besar. Tersedianya pasokan ini sebagai alternatif ketika listrik PLN terbatas. Biasanya alat ini sering ditemui pada perusahaan, acara besar, hingga industri skala kecil sampai besar yang membutuhkan listrik sebagai sumber energi utama.

Menggantungkan energi pada PLN khususnya bagi pelaku usaha memang tidak efektif. Hal ini karena sering kurang sehingga berujung pada pemadaman. Jika pemadaman ini sering terjadi maka akibatnya proses produksi menjadi terhambat. Walhasil konsumen pasti kecewa karena permintaannya tidak terpenuhi. Maka dari itu, peran genset disini begitu signifikan.

Hanya saja ketika menggunakan genset, Anda harus memperhatikan penggunaan bahan bakarnya. Alat ini terbagi menjadi beberapa jenis yang mana masing-masing memiliki bahan bakar berbeda-beda. Ketika terlalu banyak menggunakan bahan bakar maka pengeluaran semakin besar. Maka dibutuhkan cara mengirit konsumsi bahan bakar oleh genset untuk menekan banyaknya pengeluaran.

Jenis Generator Set Berdasarkan Bahan Bakarnya

Setidaknya ada empat jenis generator set berdasarkan pada bahan bakar yang digunakan. Di antaranya adalah genset diesel. Sesuai namanya, perangkat ini menggunakan minyak atau solar. Kelebihan yang dimilikinya adalah tidak terlalu membutuhkan perawatan serta mampu bertahan dalam waktu relatif lama. Sehingga awet meski bertahun-tahun.

Efektif, Berikut Cara Mengirit Bahan Bakar agar Tidak Boros

Cara mengirit konsumsi bahan bakar oleh genset ini bisa dilakukan dengan mengetahui pemakaian BBM. Ketika Anda tahu jumlah kapasitas genset berapa maka bisa dipastikan keperluan BBM bisa ditekan. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya. Pemborosan hanya akan membuat Anda mengeluarkan uang jumlah banyak sekedar untuk keperluan pasokan listrik.

Untuk mengetahui berapa pemakaian bahan bakar genset sangatlah mudah. Anda tinggal menerapkan rumus k x P x t. K merupakan ketetapan konsumsi solar per kilowatt yakni 0,21. Sedangkan P adalah daya genset serta t yaitu simbol waktu. Sekarang lihatkan pada genset yang Anda gunakan dan masukkan semua keterangan pada rumus.

Misalkan K genset Anda memiliki daya genset sebanyak 100 kVA. Maka bisa langsung dimasukkan 0,21 x 100x 1 jam = 21. Dari rumus tersebut diketahui bahwa genset Anda memiliki kapasitas genset sebanyak 21 liter yang bisa dihabiskan dalam waktu satu jam. Setelah tahu baru Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika memang Anda membutuhkan pasokan listrik sebanyak 2 jam maka tinggal mengalikan. Baru ketemu berapa jumlah bahan bakar yang digunakan. Dan apabila dirasa masih boros maka sebaiknya pilih genset daya rendah agar penggunaan BBM bisa sedikit ditekan. Sehingga Anda bisa tahu cara mengirit konsumsi bahan bakar oleh genset dengan mudah.

Isi Ulang dengan Benar agar Fungsi Genset Maksimal

Mengisi ulang dengan benar ternyata menjadi faktor untuk mengirit konsumsi BBM generator set. Ketika Anda tidak benar mengisinya maka bisa jadi banyak bahan bakar terbuang sia-sia. Belum lagi jika tidak benar hanya akan menghasilkan pasokan listrik dalam jumlah kecil. Ini hanya akan membuat Anda merugi besar.

Maka dari itu,cara mengirit konsumsi bahan bakar oleh genset efektif adalah dengan benar mengisi ulangnya. Setidaknya ada beberapa cara mengisi ulang di antaranya adalah dengan tidak diisi ketika BBM sudah habis. Ini penting karena bisa membuat perangkat mudah rusak. Belum lagi pasokan listrik sementara akan berhenti karena kehabisan BBM.

Selain itu jangan sampai mengisi ulang ketika genset dalam kondisi hidup. Karena akan menimbulkan bahaya besar. Pada intinya menghemat bahan bakar tidak hanya melihat kapasitasnya melainkan cara mengisi ulangnya juga. Dengan begitu, Anda bisa efektif menerapkan cara mengirit konsumsi bahan bakar oleh genset untuk hasilkan daya maksimal.