4 Cara Memilih Genset Silent yang Baik untuk Pemula

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Semua teknisi yang bergerak di dalam dunia industri harus memahami cara memilih genset silent yang baik. Bukan tanpa alasan, genset sendiri memang memegang peranan besar di dalam dunia industri itu sendiri.

Karena itu pemilihan jenis genset yang tepat harus dipertimbangkan sejak awal. Jangan sampai salah pilih karena berbeda jenisnya, maka akan berbeda juga fungsi dari genset itu sendiri. Pasti ada alasan khusus kenapa Anda memilih jenis dan tipe genset tertentu.

Karena itu sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai cara memilih genset silent yang baik, jauh lebih baik kalau Anda memahami pengertian genset silent itu sendiri. Langsung saja, ikuti penjelasannya sampai tuntas di bawah ini.

Jika dilihat dari namanya saja kita sudah tahu apa yang diunggulkan dari jenis genset satu ini. Silent sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya sunyi atau sepi. Tentu saja kata sunyi ini juga memiliki kaitan yang sangat erat dengan genset yang akan kita bahas ini.

Cara Memilih Genset Silent yang Baik

Genset Silent ini adalah jenis genset yang bisa menghasilkan energi listrik untuk sebuah perusahaan atau mesin tanpa mengeluarkan suara bising apapun. Hal ini tentu jauh berbeda dengan jenis genset lain pada umumnya yang identik dengan suara bising.

Bukannya tidak mengeluarkan suara, genset silent ini memang dilengkapi dengan body khusus yang bisa meredam suara bising itu sendiri seminimal mungkin. Karenanya penggunaan genset satu ini sangat direkomendasikan untuk dipergunakan di lokasi aktif atau ramai.

Untuk mendapatkan genset silent yang terbaik, tentu saja ada langkah-langkah khusus yang harus Anda lakukan. Tidak sulit, Anda hanya perlu melakukan analisa sederhana sebelum mengaplikasikan langkah-langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini. Ikuti tahapannya di bawah ini.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan jenis genset silent yang dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan adalah kebutuhan listrik. 

Hitung secara detail jumlah total kebutuhan listrik yang Anda butuhkan. Caranya mudah, Anda hanya perlu menghitung total watt yang dibutuhkan setiap harinya. 

Misalkan dibutuhkan energi listrik untuk televisi, komputer, mesin cuci, kulkas dan perangkat lainnya, jumlahkan saja kebutuhan daya listriknya. Anggap saja total kebutuhan daya untuk perangkat tersebut adalah sekitar 500 watt. 

Maka Anda harus memilih generator dengan kapasitas 1/3 di atasnya. Pilihlah generator yang memiliki kapasitas 650 atau lebih besar. Tujuan memberikan nilai lebih ini adalah untuk menjaga generator tetap awet. 

Di sisi lain pemilihan daya berlebih ini juga berfungsi untuk menghindari terjadinya habis daya akibat penambahan perangkat elektronik di rumah Anda.

  1. Pertimbangkan spesifikasi genset

Cara memilih genset silent yang baik lainnya adalah mempertimbangkan spesifikasi genset yang hendak dibeli. Spesifikasi bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang sudah kami jelaskan di atas. Namun ternyata pertimbangan tidak hanya berhenti di situ saja.

Jauh lebih baik kalau Anda memilih genset dari merk yang berkualitas. Genset dari merk yang berkualitas tentunya memiliki performa dan daya tahan yang jauh lebih baik. Biasanya bahan baku pembuatan yang dipilih juga jauh lebih tangguh terhadap berbagai kondisi.

Selain mempertimbangkan merek, Anda juga harus mempertimbangkan rekam jejak dari perusahaan genset silent yang dipilih. Gali informasi sedalam mungkin agar Anda mendapatkan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. 

  1. Pilih genset silent dengan bahan bakar yang mudah didapatkan

Cara memilih genset silent yang baik lainnya adalah mempertimbangkan bahan bakar yang digunakan. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah kapasitas tangki yang digunakan. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk memilih tangki dengan kapasitas paling minimum.

Kapasitas tangki yang kecil akan memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan setiap harinya. Di sisi lain, Anda juga harus mempertimbangkan jenis bahan bakar yang digunakan oleh generator itu sendiri. 

Pastikan untuk memilih genset dengan bahan bakar yang mudah digunakan. Contohnya adalah seperti bahan bakar solar, atau bahan bakar premium. Jangan pilih genset dengan bahan bakar minyak tanah karena bahan bakar satu ini mulai sulit untuk ditemukan.

  1. Lihat cara pengoperasiannya

Cara memilih genset silent yang baik lainnya adalah mempertimbangkan cara pengoperasiannya. Saat ini ada banyak sekali jenis genset yang bisa Anda temukan di pasaran teknologinya tentu semakin meningkat.

Perlu dipahami, teknologi yang diterapkan kepada genset ini juga mempengaruhi cara kerja dari genset itu sendiri. Kami sangat menyarankan Anda untuk memilih genset silent dengan cara pengoperasian yang benar-benar Anda pahami.

Hal ini akan jauh lebih memudahkan Anda dalam melakukan perawatan kedepannya. Di sisi lain, cara pengoperasian yang mudah juga akan menghindarkan Anda dari kesalahan yang bisa menyebabkan hilangnya garansi.Bagi Anda yang hendak membeli genset silent, pastikan untuk memahami beberapa langkah yang sudah kami jelaskan di atas. Cara memilih genset silent yang baik tersebut akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda.

PT Interjaya Surya Megah merupakan agen tunggal Genset MWM di Indonesia dan distributor Genset Perkins dan Genset Cummins yang mendapatkan support langsung dari pabrik sehingga service dapat kami berikan dengan lebih baik dan cepat. Segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi mengenai kebutuhan genset Anda.