Mengenal Genset Silent untuk Kebutuhan Industri

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
contoh genset silent warna kuning dan orange

Mesin genset yang menyala menimbulkan suara yang keras dan bisa mengganggu, terutama jika genset dipasang di lingkungan permukiman. Untuk mengatasi masalah ini, banyak perusahaan memilih untuk menggunakan genset silent, yang dirancang khusus untuk mengurangi tingkat kebisingan dan memberikan solusi yang lebih tenang dan nyaman.

Genset jenis ini sangat diminati dalam lingkup industri, meskipun banyak variasi genset yang berbeda. Kelebihannya yang signifikan dan kemudahan operasional menjadi alasan utama. Genset ini memiliki karakteristik yang berbeda dari tipe lainnya, terutama tipe open. Seperti apa penjelasan mengenai genset tersebut, simak di bawah ini.

Genset Kuning
Source : https://www.freepik.com/

Apa itu Genset Silent

Genset silent adalah genset yang dilengkapi dengan box dan busa peredam suara. Box silent terbuat dari bahan yang tahan panas dan api, sedangkan busa peredam suara terbuat dari bahan yang dapat menyerap suara. Kombinasi kedua bahan ini membuat genset ini dapat menghasilkan suara yang lebih rendah daripada genset biasa.

Selain mampu menyerap suara, box genset ini dapat melindungi bagian dalam genset dari cuaca, panas dan hujan. Ini yang membuat genset tipe ini lebih tahan lama dan dapat beroperasi dalam kondisi yang lebih ekstrem.

Genset tipe ini sangat cocok untuk digunakan di lokasi yang sensitif terhadap suara, seperti rumah sakit, sekolah, hotel dan juga cocok untuk digunakan di industri yang berada di tengah permukiman. Genset ini dapat menghasilkan listrik tanpa mengganggu aktivitas di sekitar, sehingga tidak menimbulkan keluhan dari warga sekitar.

4 Keunggulan Menggunakan Genset Silent untuk Industri

Genset merupakan perangkat yang dirancang untuk menghasilkan listrik secara mandiri, berfungsi sebagai sumber listrik cadangan ketika aliran listrik dari PLN terganggu. Banyak industri yang mengandalkan genset untuk mendukung kelancaran berbagai aktivitas, mulai dari produksi, penerangan, hingga menjaga berbagai sistem penting seperti pendingin atau peralatan pengawetan.

Untuk memilih genset industri tidaklah mudah, namun ada beberapa yang menjadi pertimbangan termasuk keunggulannya. Berikut keunggulan adanya memilih genset tipe silent.

1. Mudah Dioperasikan

panel genset silent
Source: istockphoto.com

Genset tipe silent umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru yang memudahkan kita saat ingin menyalakan atau mematikan mesin. Contohnya seperti beberapa produk yang sudah dilengkapi starter motor sehingga Anda tidak perlu ribet menyalakannya.

Selain starter motor, pada umumnya genset ini dilengkapi dengan fitur-fitur lain yang memudahkan pengoperasiannya, seperti panel kontrol yang mudah dipahami dan tombol stop darurat yang dapat digunakan untuk mematikan mesin secara cepat dan mudah dalam keadaan darurat. Fitur-fitur ini membuat genset tersebut menjadi pilihan banyak pemilik industri.

2. Daya Tahan Tinggi Terhadap Cuaca

genset outdoor
Source: istockphoto.com

Pemilihan genset ini didasarkan pada sistem daya tahannya khususnya terhadap cuaca. Tipe ini lebih tahan terhadap gangguan dikarenakan adanya sistem box yang memberikan tambahan perlindungan. Sehingga kehadirannya mampu melindungi dari air hujan atau sinar matahari.

3. Kemudahan Dalam Perawatan

pria mengecek genset
Source : https://www.freepik.com

Genset untuk kebutuhan industri harus senantiasa dirawat untuk mendapatkan hasil yang optimal dan bertahan lama. Namun penggunaan tipe silent tidak perlu dipikirkan karena sistem perawatan yang mudah dilakukan.

4. Dibekali Peredam Suara

Genset ini dilengkapi dengan peredam suara sehingga tidak menimbulkan kebisingan. Bagi para pekerja ini tidak mengganggu fokus dan operasional industri. Box terbuat dari plat besi yang tebal dengan ketebalan 2-3 mm dana peredam sehingga suara mesin genset dapat berkurang.

Baca juga: Membedakan Genset Silent dan Open yang Harus Diketahui

Komponen Penting Genset Tipe Silent

Sistem pengoperasian genset tipe silent untuk kebutuhan industri tidak bisa terlepas dari beberapa komponen penyusunnya. Karena komponen inilah yang akan merubah energi kinetika menjadi energi cadangan saat listrik dipadamkan. Berikut komponen penting generator set sebagai penghasil energi.

Generator

contoh generator dari perkins
Source: perkins.com

Komponen pertama dari genset adalah generator. Bagian ini berfungsi dalam merubah energi mekanik untuk dihasilkan menjadi listrik. Bagian ini merupakan lanjutan dari komponen yang mana energi dihasilkan dalam bentuk voltase. Kemudian voltase akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik pengguna.

Mesin

mesin genset cummins
Source: cummins.com

Komponen genset lain adalah mesin. Bagian ini berfungsi untuk merubah energi panas menjadi mekanik lalu kemudian diteruskan ke bagian generator. Perubahan energi diperoleh dari pembakaran bahan bakar layaknya solar, bensin, atau gas alam sesuai dengan tipe mesin yang digunakan.

Panel

pria mengoperasikan panel genset
Source: https://stock.adobe.com/

Panel merupakan bagian generator set berfungsi untuk sistem pengontrolan. Bagian ini terdiri atas pusat kontrol, meter, auto, hingga pengaman. Fungsinya adalah untuk menyalakan genset, mengatur energi yang dihasilkan setiap satuan waktunya serta memberikan perlindungan genset dari kerusakan dini.

Adanya panel sangat bermanfaat untuk melindungi keawetan genset karena mesin akan mati secara otomatis jika temperatur standar telah terlewati, atau kehabisan oli dan radiator. Tanpa sistem ini maka genset dapat menjadi sumber bahaya khususnya di dunia industri yang harus selalu on dalam pemakaiannya.

Penggunaan genset ini untuk kebutuhan industri menjadi sangat tepat karena daya yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, spare part tipe silent juga mudah ditemukan karena tersedia bebas dalam bentuk asli di pasaran.

Baca juga : Begini 4 Cara Memilih Genset Silent yang Baik untuk Pemula

5 Kriteria Penting Memilih Genset Silent Berkualitas

Ketika Anda hendak memilih genset silent yang tepat, beberapa kriteria penting yang perlu dipertimbangkan agar Anda mendapatkan hasil yang memuaskan:

1. Ketahanan Terhadap Cuaca

Genset silent yang berkualitas mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca, baik panas maupun hujan. Jika genset akan ditempatkan di luar ruangan terbuka, pastikan box genset memiliki ketahanan terhadap air. Lebih penting lagi perhatikan khusus pada bagian mesin.

2. Sirkulasi Udara Optimal

Sistem pendinginan pada genset bergantung pada sirkulasi udara yang lancar. Genset biasanya dilengkapi dengan baling-baling radiator yang berfungsi menarik udara dari belakang dan mengeluarkannya melalui radiator. Jika genset ditempatkan dalam silent box, pastikan box tersebut memiliki lubang masuk udara yang cukup untuk memastikan sirkulasi udara yang baik.

3. Peredam Suara yang Efektif

Tujuan dari silent box pada genset adalah meredam suara yang dihasilkan saat genset beroperasi. Indikator genset silent berkualitas adalah kemampuan box tersebut dalam menurunkan tingkat kebisingan di bawah 70 desibel pada jarak 7 meter dari genset.

4. Panduan Perawatan Mesin yang Teratur

Seperti mesin-mesin lainnya, genset silent juga memerlukan perawatan yang teratur. Kegagalan operasi genset seringkali disebabkan oleh perawatan yang tidak tepat. Memiliki panduan perawatan yang intensif meliputi sangat penting seperti pemeriksaan umum, sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem bahan bakar, aki, dan pemasangan mesin.

5. Kualitas Mesin yang Unggul

Untuk menghindari masalah dan kesulitan di masa mendatang, memilih genset silent dengan mesin berkualitas tinggi adalah solusi terbaik. Kunjungi halaman produk di atas untuk melihat berbagai jenis produk genset silent berkualitas dan melakukan pemesanan.

Mempertimbangkan faktor-faktor ini akan memastikan bahwa Anda memilih genset silent yang handal, tahan lama, dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mendapatkan panduan lebih lanjut tentang produk genset silent yang terbaik untuk Anda.

Harga Genset Silent

PT Interjaya Surya Megah adalah perusahaan yang bergerak di bidang distributor genset. Kami menyediakan berbagai jenis genset dengan harga yang kompetitif yang sangat cocok untuk digunakan di berbagai tempat, seperti rumah sakit, perkantoran, dan industri.

Jika Anda tertarik untuk membeli genset dari PT Interjaya Surya Megah, Anda dapat melihat katalog genset kami di sini. Dan silakan hubungi nomor kami di atas atau kunjungi halaman kontak. Kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda dan memberikan penawaran terbaik untuk Anda.