Yuk, Pahami Seberapa Penting Perawatan Gearbox Motor

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
gearbox

Gearbox atau yang dapat pula disebut sebagai transmisi mesin, merupakan salah satu komponen utama yang umum dijumpai pada kendaraan bermotor. Gearbox sendiri berperan penting sebagai pengatur gerak kendaraan.

Untuk memperoleh performa motor yang optimal, gearbox menjadi salah satu komponen penting yang harus mendapatkan perhatian dan perawatan. Maka dari itu, penting bagi Anda memahami seperti apa  perawatan gearbox motor yang baik dan benar dapat diterapkan.

Pentingnya Perawatan Gearbox

gearbox motor
Sumber : https://unsplash.com/

Terdapat  berbagai manfaat dari diberlakukannya perawatan gearbox, antara lain manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari perawatan tersebut adalah sebagai berikut.

Memperpanjang Umur Gearbox 

Sebagai pengguna kendaraan bermotor, Anda tentu tidak ingin mendapati kondisi kendaraan Anda rusak atau tidak dapat digunakan bukan? Maka dari itu, perawatan yang baik dan tepat harus diterapkan untuk mencegah kerusakan gearbox.

Dengan diberlakukannya perawatan ini, salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah bisa memperpanjang umur gearbox karena resiko rusak atau cacat dapat diminimalisir.

Mengurangi Waktu Henti

Dengan peranannya sebagai pengatur gerak kendaraan, gearbox yang tidak terawat dapat menyebabkan mesin kendaraan berhenti dan mati secara mendadak. Untuk mengurangi waktu henti pada kendaraan bermotor, langkah tepat yang perlu Anda lakukan adalah melakukan peninjauan pada gearbox, termasuk pada pelumas gearbox itu sendiri.

Meningkatkan Kinerja

Gearbox sebagai transmisi mesin memegang peran penting pada kinerja motor. Maka dari itu, jika Anda ingin motor Anda mempunyai kinerja terbaik saat digunakan, wajib melakukan perawatan gearbox secara berkala. 

Meningkatkan Keselamatan

Terkadang kita tidak sadar, kondisi gearbox yang tidak dijaga dengan baik akan berpengaruh pada kondisi mesin motor hingga bisa menyebabkan masalah saat digunakan. Oleh karena itu, merawat kondisi gearbox sama dengan meningkatkan keselamatan Anda.

Menghemat Uang

Ketika gearbox mengalami kerusakan, atau bahkan perlu diganti dengan jenis lain. Hal tersebut tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu melakukan perawatan gearbox sedari dini, memberikan manfaat cukup besar  berupa dapat terhematnya keuangan.

Mempertahankan Garansi 

Permasalahan untuk mempertahankan garansi menjadi salah satu permasalahan yang  banyak dihadapi oleh sebagian orang. Di antaranya terdapat berbagai faktor mengapa garansi sangat sulit dipertahankan untuk beberapa aspek, salah satunya masalah yang ada pada gearbox menjadi masalah yang tidak dapat ditanggung oleh asuransi. 

Oleh karena itu, dengan menjaga gearbox Anda tetap terawat, Anda dapat tetap mempertahankan garansi tanpa mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki kerusakan.

Manfaat Lingkungan

Dengan menjaga gearbox tetap terawat, manfaat lingkungan yang bisa didapatkan adalah adanya pengurangan kecepatan yang efisien dan mencapai penghematan yang signifikan dalam bentuk energi maupun biaya.

Cara Perawatan yang Tepat dan Intens Agar Gearbox Lebih Awet

gearbox 2
Sumber : https://unsplash.com/

Setelah memahami pentingnya perawatan gearbox dilakukan, pembahasan kali ini anda akan disajikan informasi mengenai cara perawatan yang tepat dan intens  agar gearbox lebih awet.

Menjaga kebersihan Gearbox Motor

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan gearbox motor. Lakukanlah pembersihan terhadap motor untuk mencegah munculnya karat. Usahakan transmisi atau gearbox motor tetap dalam kondisi kering dan hindari debu yang menempel pada area-area tertentu.

Bersihkan komponen CVT

Memiliki peranan yang penting seperti layaknya gearbox motor. Perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga keawetan gearbox motor adalah dengan membersihkan komponen CVT. Komponen CVT dapat dibersihkan dengan melakukan peninjauan apakah ada debu atau kotoran yang perlu disisihkan dari area CVT.

Gunakan Pelumas dengan Jenis dan Jumlah yang Tepat

Perawatan berikutnya adalah menggunakan pelumas berdasarkan jenis dan jumlah yang tepat. Berbeda dengan mesin yang ada di motor pada umumnya, gearbox motor menggunakan oli khusus transmisi dengan jenis dan takaran yang berbeda.

 Agar gearbox dapat digunakan lebih awet, Anda perlu memperhatikan takaran jumlah oli transmisi yang dimasukkan ke dalam bagian gearbox untuk mencegah terjadinya aus.

Ganti Oli Transmisi Secara Teratur

Pastikan anda mengganti oli transmisi secara teratur. Dengan melakukan penggantian oli secara teratur itulah gearbox dapat bekerja dengan baik dan optimal, serta menghindari gesekan pada gearbox karena oli yang didapati tidak dalam kondisi yang penuh.

Semoga informasi terkait gearbox ini bisa berguna untuk Anda. Jangan lupa untuk selalu merawat gearbox Anda secara berkala dengan cara yang tepat sehingga Anda bisa merasakan banyak manfaatnya. 

Jika Anda sedang mencari gearbox terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai Distributor Gearbox dan Gear Motor, kami telah dipercaya sebagai distributor gearbox di Indonesia. Dapatkan gearbox terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda.