Tips Perawatan Genset Standby

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Tips perawatan genset standby pada dasarnya sangat diperlukan oleh setiap orang. Mesin yang mendapatkan perawatan secara rutin akan membuat masa pakai menjadi lebih lama. Bukan hanya itu saja, ketika ada perawatan yang cukup baik kepada sebuah generator, maka performa yang diberikan juga akan lebih baik.

Seperti yang sudah diketahui bahwa tidak semua tempat mendapat pasokan listrik secara terus menerus. Terkadang beberapa tempat sering mengalami pemadaman secara bergilir karena pasokan listrik masih terbatas. Bukan hanya itu saja, di beberapa tempat yang jauh dari pusat kota sering ada pemadaman listrik.

Karena hal tersebut, banyak rumah-rumah yang masih padam ketika malam hari. Apalagi di bulan-bulan tertentu seperti ketika musim hujan. Banyak daerah yang mengalami pemadaman listrik karena pertimbangan keselamatan dan biaya. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah generator set atau genset untuk mengatasi semua masalah tersebut.

Namun, meskipun Anda memilikinya tentu diperlukan sebuah perawatan khusus. Karena mesin ini memberikan listrik cadangan dalam jumlah tertentu, maka kerusakan sedikit saja akan berdampak besar. Apalagi untuk UMKM yang membutuhkan listrik untuk produksinya, maka perawatan yang tepat pada generator dibutuhkan supaya masa pakainya lebih lama.

Lakukan Suatu Perawatan yang Preventif

Tips perawatan genset standby yang pertama adalah melakukan perawatan preventif atau pencegahan. Perawatan ini dilakukan secara berkala, baik harian, mingguan, hingga bulanan untuk menjaga mesin. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan secara preventif, terutama perawatan ringan yang sering dilupakan oleh banyak orang.

Misalnya untuk perawatan harian Anda bisa melakukan melakukan inspeksi, membersihkan debu yang menempel, mengecek level coolant, oli, hingga solar. Hal ini memang terlihat sepele, namun sangat penting bagi genset standby. Beberapa kerusakan bahkan disebabkan karena kelalaian seperti ini ketika enggan melakukan pengecekan rutin.

Untuk perawatan mingguan Anda bisa melakukan pembersihan pada filter udara, memeriksa charger baterai, membuang sisa solar pada filter, hingga membuang sisa air pada tangki solar. Pengecekan ini bisa dilakukan lebih cepat ketika penggunaan sering dilakukan. Terutama jika setiap hari dipakai selama beberapa jam tanpa henti.

Untuk tips perawatan genset standby yang dilakukan secara bulanan adalah seperti memeriksa tekanan belt, mengganti oli serta filter, hingga memeriksa selang radiator. Anda bisa melakukan hal tersebut mulai dari sebulan sekali atau 6 bulan sekali. Tergantung dari komponen yang akan Anda periksa dan ganti.

Melakukan Perawatan dengan Secara Umum

Biasanya, ketika genset dinyalakan ada beberapa kondisi sehingga membuat operator waspada. Ada banyak penyebab yang bisa membahayakan penggunanya ketika genset menyala. Sistem pembuangan, sistem bahan bakar, mesin, dan sistem kontrol mungkin paling sering memberikan ancaman. Terutama jika lalai dalam memberikan perawatan secara rutin.

Tips perawatan genset standby tentu salah satunya adalah memeriksa sistem bahan bakar secara berkala. Jalur pasokan bahan bakar dan jalur lain tidak boleh saling bergesek ketika generator menyala. Ketika terjadi gesekan, maka bisa saja generator akan mengalami kegagalan fungsi dan harus segera dilakukan pencegahan.

Pada sistem pembuangan perlu ada pengecekan apakah ada kebocoran pada knalpot atau tidak. Kebocoran pada sistem pembuangan menyebabkan masalah udara menjadi terganggu. Akibatnya udara disekitar tercemar oleh asap dari pembuangan yang bocor. Karena itu perlu segera dilakukan pengelasan jika menemui hal tersebut.

Sedangkan untuk mesin, lakukan pemantauan terhadap level cairan, tekanan oli, hingga suhu radiator. Biasanya ketika ada masalah pada mesin ada pemberitahuan dini seperti getaran dan suara yang berbeda. Melakukan pengecekan berkala pada mesin juga bertujuan untuk menghindari kegagalan dalam pembakaran hingga konsumsi oli meningkat.

Pengecekan Bahan Bakar yang Dipakai

Tips perawatan genset standby selanjutnyaadalah melakukan pengecekan pada bahan bakar yang dipakai. Kualitas bahan bakar setiap saat bisa menurun seiring dengan kapasitas pemakaian. Biasanya produsen mesin memberikan saran kepada pembeli bagaimana melakukan perawatan. Terutama untuk masalah tangki bahan bakar selama pemakaian.

Dalam kurun waktu tertentu, mengeringkan tangki dari bahan bakar adalah salah satu cara menjaga kinerjanya tetap prima. Oli yang sudah lama terpakai biasanya akan mengendap dan mengental menjadi mirip plak. Plak ini biasanya mengandung bakteri dan bisa merusak tangki jika terus dibiarkan.

Selain itu, ketika ada bahan bakar yang tidak dipakai dalam kurun waktu 3 bulan atau lebih, maka sebaiknya diganti. Biasanya bahan bakar seperti ini akan menurunkan fungsi dan kinerja mesin ketika dipanaskan. Selain itu, kualitas oli ketika sudah lama tidak terpakai juga akan menurun.

Konsultasikan dengan produsen genset untuk melakukan perawatan secara rutin. Biasanya produsen akan memberikan saran supaya selalu melakukan pengecekan pada selang dan pipa. Kedua komponen ini bisa bocor kapan saja karena berbagai sebab yang tidak diketahui oleh mekanik. Genset sebagai generator listrik sangat penting bagi pabrik besar, terutama untuk mendukung produksinya. Melakukan perawatan dan pengecekan merupakan langkah tepat untuk dilakukan. Karena itu, tips perawatan genset standby harus dipahami oleh setiap orang, terutama mekanik mesin.