Sejumlah Manfaat Genset Listrik yang Berperan Di Dunia Kampus

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
Hall Kampus

 Sebagaimana yang telah diketahui, aktivitas keseharian yang saat ini dijalankan tentu tidak lepas dari penggunaan listrik dan berbagai barang elektronik. Maka dari itu, untuk menjalankan aktivitas secara optimal, kepemilikan genset menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Saat ini telah banyak tempat publik yang menggunakan genset untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan atau pemadaman listrik, diantaranya tempat-tempat seperti rumah sakit, peternakan hewan, kantor, bahkan institusi pendidikan seperti kampus sekalipun juga telah banyak menggunakan genset. 

Lantas seberapa besar manfaat genset terhadap jalannya aktivitas di tempat publik seperti yang telah disebutkan tadi? Pada artikel ini akan dibahas sejumlah manfaat genset listrik yang berperan di dunia kampus. Yang mana kampus sendiri merupakan tempat publik yang tentunya tidak lepas dari ketergantungan akan penggunaan listrik. Seperti apa informasinya? Berikut adalah pembahasannya.

Suasana listrik padam
Source : https://unsplash.com/

Sumber Cadangan Selama Pemadaman Listrik

Salah satu peranan utama yang dimiliki oleh genset adalah sebagai sumber cadangan selama pemadaman listrik terjadi. Tidak bisa dipungkiri pemadaman listrik dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai faktor. Tentunya, ketergantungan manusia terhadap listrik membuat berbagai aktivitas terganggu apabila pemadaman listrik dilakukan, hal tersebut juga bisa berdampak terhadap aktivitas pembelajaran di kampus yang dapat terganggu.

Dari itu di hadirkanlah genset sebagai sumber cadangan utama selama pemadaman listrik berlangsung. Agar aktivitas belajar di kampus dapat tetap terlaksana dengan nyaman dan optimal.

Penelitian di Laboratorium
Source : https://unsplash.com/

Kontinuitas Penelitian dan Laboratorium

Khawatir listrik padam saat penelitian di laboratorium berlangsung? Jika kampus Anda memiliki genset maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Dalam kegiatan penelitian dan laboratorium, tentu banyak alat elektronik atau alat kelistrikan yang dilibatkan. Misalnya selubung pemanas, laser,  oven gelombang mikro, dan ultrasonicator. Semua alat tersebut melibatkan listrik dalam penggunaannya. 

Maka dari itu, untuk menjalankan penelitian di kampus secara optimal. Melibatkan genset menjadi hal yang penting untuk diterapkan agar tidak ada lagi kekhawatiran apabila terjadi pemadaman listrik.

Fasilitas Kesehatan dan Keamanan

Selain aktivitas penelitian dan pembelajaran dapat tetap berjalan secara optimal. Penggunaan genset juga membantu fasilitas kesehatan dan keamanan kampus tetap dapat berjalan meskipun terjadi pemadaman listrik. Seperti yang telah diketahui bersama ada berbagai macam peralatan medis yang melibatkan penggunaan listrik di dalamnya. 

Dalam berbagai kondisi, peralatan medis memiliki peranan penting untuk dapat digunakan sebagai pertolongan. Itupun dengan fasilitas keamanan yang juga melibatkan listrik di dalamnya. Hadirnya genset ini membantu pelayanan kesehatan dan keamanan kampus tetap berjalan dengan maksimal.

Panel Surya
Source : https://unsplash.com/

Keberlanjutan dan Ramah Lingkungan

Berbagai jenis genset dengan beragam bahan bakar yang variatif. Salah satu jenis genset yang memiliki keunggulan adalah jenis genset yang melibatkan tenaga surya sebagai bahan bakar. Genset jenis ini tentunya menghadirkan tenaga listrik yang lebih ramah lingkungan, serta menjadi solusi hemat jangka panjang.

Acara dan Kegiatan Khusus

Tidak hanya berperan sebagai tempat untuk belajar, seringkali kampus juga digunakan untuk mengadakan acara atau kegiatan tertentu. Acara-acara ini diselenggarakan dengan melibatkan banyak pihak, dan tentunya juga melibatkan begitu banyak barang elektronik yang membutuhkan listrik untuk dapat bekerja secara optimal.

Namun, pemadaman listrik dapat berlangsung kapan saja, begitu pula dengan kerusakan pada listrik. Agar acara dapat berjalan dengan lancar, genset perlu dihadirkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan atau pemadaman listrik. 

Keandalan Infrastruktur IT

Keunggulan lain yang dapat diperoleh ketika menggunakan genset di lingkungan kampus adalah infrastruktur IT dapat tetap berjalan dengan baik. Problematika seperti matinya server karena pemadaman listrik, permasalahan jaringan wifi karena gangguan listrik dapat diantisipasi dengan menggunakan genset.

Diskusi di kampus
Source : https://unsplash.com/

Mobilitas dan Fleksibilitas

Dengan menggunakan genset, mobilitas dan fleksibilitas dapat diwujudkan secara baik. Di antaranya secara umum mobilitas aktivitas kampus dapat dijalankan tanpa perlu mengkhawatirkan adanya kendala listrik dari PLN, begitu pula dengan fasilitas umum yang dimiliki kampus dapat digunakan secara fleksibel meskipun terjadi pemadaman listrik.

Mengurangi Jejak Karbon

Anda dapat menjumpai berbagai jenis genset yang mengeluarkan lebih sedikit karbon monoksida. Bahkan terdapat pula jenis genset  yang memiliki sensor karbon monoksida, ataupun bisa beroperasi tanpa menggunakan bahan bakar fosil layaknya genset tenaga turbin maupun genset tenaga ke surya.

Maka dari itu, penggunaan genset sangat penting untuk dipertimbangkan, karena genset sendiri akan memberikan begitu banyak manfaat bagi tempat-tempat umum khususnya institusi pendidikan yaitu kampus.

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.