Mengetahui Cara Mengganti Oli Genset dengan Tepat

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara mengganti oli gense tatau generator listrik. Pasalnya Anda harus melakukan pengantian secara berkala. Hal ini bertujuan menjaga kualitas genset itu sendiri.

Anda tidak perlu menganti oli atau cairan pelumas mesin generator listrik setiap hari. Anda dapat menyesuaikannya dengan skala pemakaian genset dan kapasitas dari mesin itu sendiri. Idealnya cairan pelumas generator listrik diganti setelah penggunaan genset selama 20-500 jam.

Pentingnya Mengganti Oli Genset Secara Teratur

Selain dapat menjaga kualitas mesin genset, pergantian cairan pelumas secara teratur dapat memperpanjang umur generator listrik dengan cara menjaga mesin tidak cepat aus karena gesekan dan getaran keras pada genset tipe open atau silent.

Cairan pelumas juga membantu proses pembakaran secara sempurna sehingga lebih hemat bahan bakar. Komponen antar mesin genset juga tidak mudah berkarat dan tidak cepat panas sehingga mesin menjadi lebih awet.

Itulah sisi positif penggantian oli mesin genset secara teratur. Selain manfaat menganti cairan generator secara teratur, hal penting lain yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara mengganti oli gensetsesuai prosedur keamanan.

Terlihat sepele, namun pengantian pelumas mesin generator listrik yang tidak sesuai prosedur dapat membahayakan diri Anda dan orang-orang disekitar. Generator bisa meledak dan menimbulkan kebakaran hebat. Untuk menghindari hal itu terjadi, berikut langkah-langkah menganti pelumas generator listrik sesuai prosedur keamanan.

Cara Mengganti Oli Genset dengan Benar

Bagi yang yang sudah waktunya menganti pelumas generator. Berikut merupakan prosedur keamanan yang harus diperhatikan ketika mengganti pelumas generator listrik.

  • Pastikan mesin genset dalam keadaan mati

Memastikan generator dalam keadaan mati ketika hendak melakukan penggantian pelumas merupakan hal Utama yang harus diingat. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kebakaran.

Pilihlah juga waktu yang tepat seperti ketika mesin masih dalam keadaan dingin. Keadaan mesin yang masih dingin bisa memudahkan Anda untuk menyentuh bagian mesin tanpa takut terkena panas.

  • Pastikan jauh dari benda korosif

Benda korosif merupakan benda yang dapat merusak benda lain melalui reaksi kimia. Selain berbahaya bagi kulit manusia, benda korosif dapat merusak mesin generator.

Membuat kualitas generator menurun hingga membuat mesin lebih cepat berkarat. Alih-alih menjaga kualitas mesin genset dengan mengganti cairan pelumas secara teratur justru mendapat hasil yang mengecewakan karena pelumas terkontaminasi zat korosif.

Itulah mengapa mesin harus dijauhkan dari benda-benda korosif seperti asam dan basa ketika hendak mengganti oli. Pastikan juga area di sekitar mesin steril ketika Anda melakukan pergantian oli.

  • Pastikan memakai satu jenis oli

Cara mengganti oli gensetselanjutnya adalah pastikan hanya memakai satu jenis pelumas. Maksudnya adalah gunakan pelumas dengan merek dan tipe yang sama setiap Anda menggantinya.

Tujuannya adalah menjaga kualitas mesin itu sendiri. Itulah mengapa Anda harus memperhatikan kualitas cairan pelumas yang Anda pilih pertama kali. Pilihlah pelumas yang memang direkomendasikan oleh perusahaan genset.

Jangan pernah sekali-kali mencoba mengoplos berbagai merek oli karena akan menurunkan kualitas oli itu sendiri. Penurunan kualitas oli juga akan mempengaruhi kualitas generator yang Anda miliki.

  • Pastikan Anda memiliki perlengkapan penganti oli yang memadahi

Tips selanjutnya yaitu pastikan Anda memiliki perlengkapan untuk mengganti pelumas yang memadahi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam proses pengantian pelumas.

Adapun beberapa perlengkapan yang harus persiapkan ketika hendak melakukan penggantian cairan pelumas yaitu wadah untuk menampung oli bekas. Corong atau filter untuk mengisi oli ke genset supaya tidak mudah tumpah. Kunci atau alat pembuka genset, dan koran untuk alas sehingga lantai tidak kotor akibat oli yang menetes diluar wadah. Setelah memiliki seluruh alat ini, kini Anda siap mempraktekkan cara mengganti oli genset.

Percayakan kebutuhan genset anda pada PT Interjaya Surya Megah. Menjadi agen tunggal Genset MWM dan distributor Genset Perkins dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dari kami. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.