Memenuhi Standar Penempatan Genset yang Tepat dan Aman

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Pada dasarnya memang ada standar penempatan genset yang harus Anda ikuti dengan baik. Tentu saja ada beragam alasan yang mendasari adanya penempatan khusus untuk mesin ini dan tidak boleh sembarangan. 

Jika Anda ingin mesin yang digunakan awet dan aman tentunya penempatannya juga harus tepat. Kesalahan sedikit saja bisa membuat kualitas kinerja alat tersebut bisa menurun seiring berjalannya waktu saat digunakan nantinya. 

Pentingnya Posisi Penempatan pada Genset

Sebenarnya genset ini merupakan mesin yang cukup rentan. Oleh karena itu, jika penempatannya kurang pas maka bisa menurunkan fungsinya. Bahkan menimbulkan kerusakan yang membuatnya tidak bisa digunakan secara optimal lagi. 

Hal inilah yang menyebabkan standar penempatan genset menjadi sangat penting untuk diperhatikan dengan baik. Jika Anda sudah memenuhinya secara optimal maka setiap kerusakan tentu bisa diminimalisasi sebaik mungkin. 

Penempatan yang tepat juga merupakan salah satu investasi. Tentunya karena menjaga kualitas mesin sehingga Anda bisa menghemat budget untuk memperbaikinya atau bahkan membeli yang baru karena kerusakannya tidak bisa diperbaiki. 

Standar Penempatan Genset yang Harus Diperhatikan

Menggunakan mesin genset untuk beragam kebutuhan memang juga sudah harus mempersiapkan tempatnya dengan baik. Hal ini pastinya perlu jadi bahan pertimbangan Anda apalagi jika penggunaannya untuk jangka panjang. 

Jangan sampai menyepelekannya karena nantinya bisa saja kemungkinan berakibat fatal pada kinerja mesin tersebut. Berikut standar penempatan genset yang baik dan tepat harus Anda ketahui serta aplikasikan tentunya. 

1. Mempersiapkan ruangan khusus

Ruangan khusus ini harus memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik. Sehingga nantinya mesin tersebut tidak akan mudah panas serta bisa membuang asap hasil pembakaran mesin secara optimal. 

Tentu saja hal ini sangat penting diperhatikan karena berkaitan dengan keamanan mesin genset, termasuk operatornya. Asap buangan dari pembakaran mesin bisa membahayakan operator jika sampai menumpuk di dalam ruangan.

2. Pastikan aman dari panas dan hujan 

Misalnya mesin tersebut digunakan di luar ruangan maka pastikan tetap diberikan penutup secara khusus. Tentu saja agar mesin tersebut tidak terkena sinar matahari secara langsung dan juga air hujan sehingga bisa menimbulkan kerusakan nantinya.

Sinar matahari bisa membuat mesin jadi lebih cepat rusak, sedangkan air hujan akan menimbulkan karat. Sehingga untuk penggunaan jangka panjang, memang keduanya harus dihindari dalam penempatan genset agar lebih awet serta pastinya aman.

3. Perhatikan posisi mesin

Memang saat ini sudah ada genset dengan teknologi silent, sehingga tidak menimbulkan suara bising. Namun jika Anda masih menggunakan genset model lama maka perlu memperhatikan posisi penempatannya dengan berbagai pertimbangan matang sebelumnya.

Tentu saja diusahakan agar tidak sampai mengganggu orang-orang di lingkungan sekitar. Saat mesin dinyalakan biasanya akan menimbulkan suara bising yang cukup mengganggu jika tidak diakali dengan baik.

4. Jauhkan dari sumber api

Demi keamanan penggunaannya maka Anda harus memastikan bahwa genset ditempatkan jauh dari sumber api apapun itu bentuknya. Tentunya hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang membahayakan nantinya. 

Mengingat daya listrik yang dihasilkan genset juga bisa cukup besar. Jadi pastikan Anda membuat sekeliling tempat mesin tersebut bebas dari berbagai hal yang membahayakan, termasuk jangkauan anak-anak.

5. Penggunaan trailer untuk memindahkan

Jika memang penggunaannya tidak hanya untuk di satu tempat maka perlu disiapkan trailer. Sehingga nantinya akan lebih mudah untuk memindahkannya. Apalagi genset yang berukuran besar dan berat. Trailer juga akan meminimalisasi kerusakan saat pemindahan. Memperhatikan berbagai hal secara detail termasuk posisi mesin memang sangatlah penting. Dengan begitu Anda bisa memenuhi standar penempatan genset dan memaksimalkan penggunaannya sesuai kebutuhan masing-masing tentunya.

Memperhatikan berbagai hal secara detail termasuk posisi mesin memang sangatlah penting. Dengan begitu Anda bisa memenuhi standar penempatan genset dan memaksimalkan penggunaannya sesuai kebutuhan masing-masing tentunya.

PT Interjaya Surya Megah menjadi agen tunggal yang dipercaya sebagai distributor Genset MWM dan distributor Genset MAN Germany di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dan jangan ragu untuk menghubungi kami.