Mengapa Generator Listrik Mati Secara Otomatis?

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Mengenal suatu kondisi peralatan memang penting untuk dilakukan, terutama jika generator listrik mati secara otomatis. Anda harus dapat mengetahui permasalahannya dari segi kondisi mesin hingga kondisi komponen di dalamnya. Jangan sampai Anda memaksakan performa kurang baik genset untuk terus digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Tentu saja hal itu akan berbahaya dan berisiko merusak genset Anda sendiri. Pentingnya mengetahui kondisi mesin akan dirasa lebih baik daripada tidak mengetahuinya sama sekali. Setidaknya Anda baca informasi dalam buku panduan manual genset supaya paham di mana titik permasalahan utamanya dan mengetahui langkah selanjutnya untuk memperbaiki masalah pada genset.

Generator listrik mati secara otomatis bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Seperti hubungan arus pendek, masalah pada mesin atau aki, kekurangan bahan bakar dan korsleting pada kabel. Semua permasalahan tersebut bisa memicu mesin yang mati secara mendadak. Selain itu jika benar tidak bisa memperbaikinya, jangan sesekali Anda mencoba suatu hal yang tidak Anda pahami sendiri.

Cara Memperbaiki Generator Listrik Ketika Mati Mendadak

Langkah awal untuk memperbaiki masalah mati secara otomatis adalah harus mencari seorang teknisi yang paham betul mengenai kondisi genset. Jika langsung ditangani oleh ahlinya tentu masalah Anda tidak akan berlangsung lama. Namun jika memang tidak ada teknisi ahli di sekitar Anda setidaknya cari penyebab utamanya terlebih dahulu dengan melihat kondisi genset.

Perhatikan dengan seksama setiap bagian yang dirasa memungkinkan sebagai pusat masalah. Baik itu pada kabel, mesin, bahan bakar hingga medan tempat genset diletakkan. Generator listrik mati secara otomatis memang menjadi permasalahan yang rumit bagi orang awam. Ketika Anda tidak paham betul mengenai kondisi genset, lebih baik diamkan saja dan jangan buat usaha yang tidak perlu.

Sekalipun Anda ingin berusaha memperbaikinya, setidaknya ingatlah kembali langkah Anda tersebut. Namun jika masalah terdapat pada kabel, sebaiknya matikan genset terlebih dahulu. Usahakan semua komponen dan panel menunjukkan posisi mati. Lalu bersihkan dan keringkan kabel sebelum kembali dipasangkan pada genset. Jangan lupa juga ubah posisi letak genset agar terhindar dari masalah sama,

Setelah kabel sudah di bersihkan dan di keringkan, pasang lagi ke bagian yang seharusnya dan coba nyalakan genset kembali. Jika masalah masih belum teratasi, maka kendala utama ada pada mesin atau komponen dalam genset itu sendiri. Generator listrik mati secara otomatis akibat mesin mungkin terjadi karena komponen yang rusak, jika benar maka Anda butuh membawanya ke service center.

Memperbaiki Kondisi Komponen Mesin Generator Listrik

Saat terjadi kerusakan pada komponen mesin, Anda hanya bisa membawanya ke rumah perbaikan atau service center. Biasanya saat mesin mengalami kerusakan dan Anda masih memiliki kartu garansi, biaya spare part masih bisa ditanggung oleh garansi tersebut. Namun jika garansi sudah habis batas waktu, maka mungkin saja Anda akan dikenai biaya yang cukup besar.

Tetapi hal itu tentunya akan berbeda jika Anda memiliki seorang teman teknisi atau setidaknya paham mengenai mesin pada bengkel. Sederhananya generator listrik sebenarnya hampir memiliki cara kerja yang sama seperti mesin pada mobil. Jadi jika generator listrik mati secara otomatis dan masalah ada pada mesin, maka teknisi bengkel dinilai dapat meringankan beban masalah Anda.

Genset memiliki cara kerja yang sederhana yaitu mengubah sumber daya energi menjadi arus listrik. Sumber energi biasa diberikan untuk menggerakkan mesin dan meneruskannya ke dinamo lalu masuk ke bagian aki yang dimana terjadi perubahan kimia menjadi arus listrik. Prinsipnya sama seperti mesin mobil, motor dan alat transportasi lain yang membutuhkan arus listrik.

Jadi jika Anda mengalami masalah pada komponen genset, teknisi bengkel mungkin bisa membantu mengurangi masalah Anda dengan melihat titik permasalahannya. Bagi orang awam, sebuah teknik mesin mungkin sulit untuk dipahami. Apalagi di saat generator listrik mati secara otomatis yang menimbulkan kepanikan pada beberapa orang.

Mencegah Terjadinya Masalah pada Generator Listrik

Sebelum menggunakannya Anda perlu melihat kondisi genset dan medan di sekitar tempat genset itu digunakan. Jangan diletakkan di tempat lembab, berair dan dalam bidang atau medan yang miring. Lebih disarankan jika letak genset berada di tempat kering dan datar dengan memberi lapisan kain di bagian roda agar tidak menimbulkan getaran dibawahnya.

Selain melihat kondisi medan, kondisi genset juga tentunya harus diperhatikan seperti banyaknya bahan bakar yang sudah di sediakan oleh Anda. Jika genset akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama maka sebaiknya isi tangki melebihi setengah bagiannya. Ditambah lagi Anda juga harus melihat kondisi oli yang lebih baik berwarna bening tidak keruh atau hitam.

Selanjutnya Anda perlu melihat kabel di sekitar mesin tersebut sebelum dinyalakan. Pastikan semua sudah terpasang dan cocok antara satu sama lainnya dan jangan sampai mendekati genangan air agar tidak terjadi korsleting. Matinya generator listrik secara otomatis mungkin sering disebabkan oleh hubungan arus pendek yang pada dasarnya juga membahayakan orang di sekitar genset tersebut. Perlu dicatat jika masalah kondisi genset tersebut bisa terjadi di semua jenis genset baik itu versi open mode maupun silent mode. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menganalisis kondisi dan menyimpulkan langkah selanjutnya itu seperti apa. Jangan sampai ketika generator listrik mati secara otomatis Anda menjadi panik dan tidak menemukan titik permasalahannya akibat panik.