Ketahui Perbedaan Genset dan UPS sebelum Membeli!

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
Genset Hijau

Genset merupakan salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan dan menghasilkan arus listrik cadangan, khususnya ketika terjadi pemadaman listrik oleh PLN. Tidak hanya genset, alat lain yang dapat Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan listrik cadangan yaitu adalah Uninterruptible Power Supply (UPS).

Meskipun memiliki persamaan sebagai alat yang mampu menyimpan cadangan arus listrik, terdapat beberapa hal yang menjadi pembeda antara genset dengan UPS. Karenanya, sebelum membeli dan memilih alat penyimpan cadangan listrik, ada baiknya bagi Anda untuk lebih dulu memahami perbedaan mendasar dari genset dan UPS.

Artikel berikut akan membahas mengenai beberapa perbedaan antara genset dan UPS yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli alat penyimpan cadangan arus listrik pilihan. Penjelasan lengkapnya dapat Anda ketahui berdasarkan paparan informasi berikut.

Perbedaan Genset dan UPS

Terdapat beberapa hal yang mampu menjadi pembeda antara genset dengan UPS. Penjelasan dari beberapa hal tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Harga Alat

Perbedaan antara genset dan UPS yang pertama dapat ditinjau berdasarkan harga masing-masing alat. Umumnya, beberapa kategori genset memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga UPS.

  1. Kelengkapan Stabilizer

Umumnya genset membutuhkan alat tambahan untuk menjaga kestabilan aliran listrik. Sebaliknya, UPS telah dilengkapi dengan fitur stabilizer otomatis tanpa perlu membeli perangkat tambahan.

  1. Lama Waktu Penggunaan

Genset biasanya dapat dengan mudah digunakan dan dijumpai dalam berbagai kegiatan maupun aktivitas rumah tangga, pabrik, hingga proyek skala besar. Sedangkan UPS, penggunaannya hanya terbatas pada kegiatan-kegiatan insidental saja. Contohnya seperti konser musik dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Selain itu, genset dapat dipakai sebagai sumber energi utama berbagai kebutuhan. Sehingga, tidak perlu bergantung pada aliran listrik PLN. Sementara itu, penggunaan UPS sangat dipengaruhi oleh aliran listrik PLN meskipun waktu pengisian dayanya dapat Anda perhitungkan sendiri.

  1. Proses Distribusi Listrik

Penyaluran listrik dengan genset dapat dilakukan setelah terjadi pemadaman dengan proses penyambungan arus menggunakan tombol khusus. Sehingga, aktivitas maupun berbagai keperluan Anda dalam menggunakan listrik terpaksa terhenti sementara menjelang pengambilalihan dan penyaluran daya listrik dengan genset.

Sementara itu, UPS dapat secara otomatis langsung menyalurkan arus listrik segera setelah terjadinya pemadaman. Sehingga, memungkinkan Anda untuk tetap menyimpan berbagai jenis dokumen dalam komputer tanpa harus takut merasa kehilangan.

  1. Waktu Penggunaan Alat

Perbedaan selanjutnya dari genset dan UPS dapat diketahui berdasarkan waktu penggunaan masing-masing alat. Genset umumnya memiliki waktu pakai yang cukup lama, sesuai dengan kapasitas bahan bakarnya yang juga dapat diisi ulang.

Sementara UPS, memiliki waktu penggunaan yang tidak terlalu lama karena hanya tergantung pada kapasitas baterai yang dimiliki. Jika daya pada baterai sudah habis, Anda harus dilakukan pengisian daya hingga baterai UPS kembali penuh. Mirip dengan cara kerja pengisian daya pada power bank

Mana yang Lebih Baik, Genset atau UPS?

Genset Kuning
Sumber : https://www.freepik.com

Pemilihan genset atau UPS dapat Anda pilih berdasarkan pertimbangan yang matang terkait dengan kebutuhan dan keperluan Anda sehari-hari. Jika ingin menggunakan dalam waktu jangka panjang ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan genset dengan kapasitas besar. Meskipun memang perlu untuk selalu menyediakan bahan bakar tambahan.

Sebaliknya, jika Anda merasa lebih nyaman menggunakan UPS, maka pertimbangan tersebut dapat menjadi salah satu alasan pemilihan Anda. Terlebih, saat ini biaya sewa UPS oleh PLN relatif lebih murah dengan tarif harga standar bagi masyarakat.

Jika masih kesulitan dalam menentukan keputusan, Anda juga dapat menggunakan kedua alat tersebut secara bersamaan. Genset dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan listrik saat terjadi pemadaman. Sementara itu, UPS dapat digunakan untuk meminimalisir kerusakan berbagai alat elektronik, meskipun biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Demikian penjelasan mengenai beberapa informasi terkait perbedaan genset dan UPS bagi Anda. Semoga informasi tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai pertimbangan Anda sebelum membeli produk genset maupun UPS yang sesuai dengan berbagai keperluan dan kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.