Cara Menggunakan Genset untuk Pemula

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Jika Anda masih baru memiliki genset, maka cara menggunakan genset untuk pemula tentu sangat penting. Fungsi generator memang memberikan cadangan listrik ketika ada pemutusan aliran dari PLN. Cara kerjanya juga pada dasarnya cukup sederhana. Namun bagi yang masih belum tahu, mungkin akan sedikit kesulitan.

Pada dasarnya, cara kerja genset saat ini sudah lebih mudah dengan ketika awal kemunculannya. Dulu untuk menghidupkannya membutuhkan tenaga ekstra dengan menarik tuasnya. Namun saat ini, sudah ada tombol power untuk menghidupkannya. Anda cukup menekan tombol tersebut dari keadaan off ke on.

Untuk perawatan juga cukup mudah dan hanya perlu melakukan pengecekan secara berkala. Biasanya ada jadwal pengecekan baik harian, mingguan, hingga bulanan yang bisa Anda lakukan. Apalagi setiap membeli mesin genset, biasanya penjual juga memberikan beberapa informasi penting seperti cara menggunakannya.

Meskipun saat ini ada banyak sekali merek genset yang bisa dijumpai, namun umumnya memiliki mekanisme kerja sama. Perawatan dan pemakaiannya juga sama tanpa ada perbedaan yang berarti. Mungkin hanya genset untuk keperluan rumah dan industri pabrik saja yang memiliki mekanisme penggunaan berbeda.

Mengecek Oli dan Bahan bakar

Cara menggunakan genset untuk pemula yang pertama bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan dua komponen tersebut. Umumnya saat ini banyak genset yang menggunakan bahan bakar dari bensin dan solar. Namun ada juga beberapa gensetyang menggunakan bahan bakar yang berasaldarigas. Semuanya tergantung dari tipe masing-masing generator listrik tersebut.

Sedangkan untuk oli, perlu pengecekan secara berkala supaya suplai oli tetap terjaga. Jangan sampai oli pada mesin habis tanpa diketahui. Memastikan ketersediaan oli pada mesin juga merupakan salah satu cara bagi pemula untuk lebih memahami generator ini. Terutama jika dilakukan secara rutin dan berkala.

Isi oli sesuai kapasitas yang sudah ditentukan dalam buku petunjuk. Jangan sampai mengisi oli melebihi kapasitas yang sudah ditentukan. Hal tersebut akan membuat generator akan tersendat dan berfungsi kurang maksimal. Selain itu, pakai oli yang sudah direkomendasikan supaya cocok dengan mesin generator tersebut.

Memperhatikan Letak Generator dengan Cara yang Sederhana

Cara ini mungkin terdengar sangat sederhana, namun banyak orang melupakannya. Cara menggunakan genset untuk pemula adalah dengan memperhatikan peletakannya. Ketika generator tersebut menyala, pasti menimbulkan getaran tertentu. Jika Anda meletakan genset di tempat yang tidak seimbang, maka bisa saja generator tersebut terguling.

Selain itu, hal tersebut juga untuk menjaga oli serta bahan bakar supaya tidak tumpah. Ketika mesin terkena tumpahan bahan bakar maka akan sangat bahaya karena bisa menyebabkan kebakaran. Apalagi jika oli sampai tumpah dan membasahi komponen lain. Maka fungsi generator bisa menjadi terhambat.

Selain itu, meletakan di tempat tertutup bukan sebuah pilihan yang bijak. Jika genset Anda membutuhkan bahan bakar, biasanya akan menimbulkan asap pembakaran. Asap ini banyak mengandung zat berbahaya seperti karbon monoksida. Jika terhirup dalam waktu lama bisa menyebabkan penyakit parah, seperti penyakit paru-paru.

Cara menggunakan genset untuk pemula seperti ini perlu diperhatikan dengan baik. Apalagi rumah udara di dalam rumah akan tercemar ketika asap pembakaran menyebar. Kesehatan anak-anak menjadi terancam dan bisa saja menyebabkan penyakit serius. Karena itu penting untuk mengerti cara ini bagi seorang pemula.

Jangan Lupa untuk Pindahkan Ohm Saklar

Cara menggunakan genset untuk pemula selanjutnya adalah jangan lupa memindahkan ohm saklar. Biasanya ketika Anda memiliki sebuah genset di rumah, maka ada saklar khusus yang bisa dipakai. Ketika pada posisi genset tidak dipakai biasanya saklar akan mengarah kebawah, sedangkan ketika menyala mengarah keatas.

Fungsi dari saklar ini adalah untuk memutus aliran listrik dari salah satu aliran. Ketika tidak memakai genset tentu listrik di rumah menggunakan dari PLN sehingga aliran listrik masih normal. Namun ketika listrik padam, maka aliran dari PLN juga terputus. Karena itu menggunakan generator listrik cadangan.

Selain itu juga, ketika genset sudah menyala jangan lupa untuk memindahkan ohm saklar tersebut. Meskipun genset sudah menyala dan dengan kapasitas cadangan listrik besar, namun jika saklar tidak dipindahkan maka lampu akan tetap padam. Mungkin bagi orang pemula sering melupakan hal ini.

Padahal ini merupakan kunci supaya lampu rumah bisa menyala kembali. Jadi sebisa mungkin meletakan saklar ini dekat dengan generator supaya tidak lupa. Ketika baru menyalakan genset maka Anda bisa langsung memindahkan ohm saklar dari keadaan off menjadi on. Bagi seorang pemula, menggunakan genset memang tidak terlalu sulit. Hanya saja teradang lupa untuk melakukan hal-hal kecil seperti yang sudah disebutkan. Padahal hal kecil ini merupakan kunci dari cara menggunakan genset untuk pemula dengan baik dan benar.