Apakah Aman untuk Menjalankan Genset 24 Jam?

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Menjalankan genset 24 jam selalu menjadi harapan konsumen untuk dilakukan. Ini karena efisiensi biaya sangat memiliki peran untuk menunjang kebutuhan. Sebagai masyarakat ekonomis pastinya berkeinginan mendapatkan keuntungan secara besar dan kerugian sekecil mungkin. Penggunaan genset memang menjadi sangat aman bagi pengeluaran biaya dibanding listrik PLN.

Setiap genset hadir dengan kualitas unggul menggantikan peran menyalurkan daya listrik. Namun, tidak semuanya memiliki kualitas yang sama. Ia dibedakan dengan beberapa jenisnya yang memang dirancang secara kebutuhan. Anda dapat memilih kapasitas sesuai dengan daya dibutuhkan. Selain menghindari terjadinya korsleting juga aman pada dompet.

Bisa saja menjalankan genset 24 jam non stop untuk memaksimalkan fungsi kegunaannya. Namun tidak semuanya bisa serta merta bisa dilakukan. Tetap harus diiringi kewaspadaan agar tidak menimbulkan masalah. Penggunaan tanpa istirahat juga perlu memerhatikan ketentuan berlaku agar kinerjanya tetap berjalan sempurna.

Periksa Sambungan Listrik

Generator bisa menjadi berbahaya apabila tidak disetel dengan semestinya. Anda perlu memastikan langkah yang dilakukan sesuai dengan prosedur operasional. Ini memang dirancang dengan ketahanan tertentu yang berbeda untuk setiap jenisnya. Pastikan listrik rumah berlisensi guna menjaga keamanan operasional.

Banyak sekali opsi hasil tegangan untuk disesuaikan kebutuhan rumah tangga. Opsi yang bisa Anda ambil terdapat 1000, 2000, atau 5000 watt. Tegangan tinggi seperti 5000 watt biasanya digunakan untuk ruko maupun rumah dengan daya berlebih. Secara umum Anda dapat memilih tegangan 1000 atau 2000 watt.

Gunakan Kabel yang Pas

Untuk menjalankan genset 24 jam secara aman Anda tidak bisa menghubungkannya langsung menuju kabel rumah. Sebab ini akan memicu tidak stabilnya beban ketegangan. Akibat fatal yang ditimbulkan bisa membawa umpan balik bagi saluran listrik. Tidak stabilnya beban ini sangat memungkinkan terjadinya korsleting.

Parahnya lagi ini akan membawa Anda pada biaya pengontrolan tidak terduga pada mesin generator sekaligus perangkat listrik rumah. Anda bisa mengantisipasi kecelakaan tersebut dengan menghindari pemasangan genset secara langsung pada kabel yang tidak terhubung dengan listrik berlisensi untuk mengupayakan saklar transfer.

Tindakan berbahaya lainnya untuk Anda hindari adalah tidak menghubungkan langsung mesin generator pada stopkontak. Kedengarannya memang sepele. Namun ini mampu memperkuat matinya jaringan listrik. Parahnya lagi bisa mencelakakan orang lain di sekitar Anda, termasuk pekerja yang memperbaikinya.

Pilih kabel secara tepat dengan kualitas prima guna mengatasi beban listrik. Dengan kapasitas memadai tidak akan menjadi masalah apabila menghubungkan kabel secara langsung ke wadah generator. Dengan catatan kabel terhubung merupakan peralatan pribadi yang aman bagi kebutuhan outdoor.

Perhatikan Beban dan Penempatan yang Aman

Beban selalu menjadi fokus dalam kinerja genset. Ketidakstabilan beban yang dibawa mesin maupun perangkat lainnya bisa membawa kerugian bagi Anda. Untuk itu pastikan beban dengan daya terbutuhkan sesuai secara optimal. Ini berguna agar menghindari beberapa kecelakaan lainnya akibat korsleting pada generator.

Anda bisa mengatasinya dengan menalangi peralatan tidak melebihi beban perangkat output. Sebab adanya overload pada kinerja bisa membawa kerusakan yang perlu ditangani secara serius oleh tenaga profesional. Meskipun berniat mejalankan selama 24 jam, tetaplah harus dihentikan ketika sudah tidak diperlukan untuk mengurangi terbuangnya tenaga.

Agar mampu menjalankan genset 24 jam dengan kinerja optimal tentunya memerhatikan bagaimana perawatan yang tepat. Selain perawatan untuk mempertahankan kualitasnya juga diperlukan penempatan secara aman. Anda bisa menempatkannya pada ruangan dengan sirkulasi baik guna menghindari suhu panas yang bisa membawa kerusakan.

Gas hasil kinerja mesin juga menjadi berbahaya apabila dihirup secara terus menerus. Untuk ini Anda bisa menghindarkan dari jangkauan anak-anak maupun orang dewasa. Sediakan ruang khusus untuknya maupun garasi khusus secara terbuka dengan atap guna menghindari panas dan hujan.

Patuhi Prosedur

Meskipun kelihatannya aman-aman saja. Anda tidak bisa mengambil jalan sembarangan dalam perawatan dan pengoperasiannya. Ia memiliki sensitivitas tinggi akibat hasil tegangannya. Anda wajib membaca panduan secara teliti untuk menghindari hal di luar jangkauan. Patuhi instruksi yang disarankan dalam panduan generator Anda.

Dalam pengoperasiannya memang diperlukan kehati-hatian. Sebab kurangnya kewaspadaan dapat membawa korsleting pada listrik maupun kerusakan secara langsung pada mesin. Anda bisa segera matikan mesin apabila sudah tidak ada kebutuhan lagi. Istirahat mesin sangat diperlukan meski menjalankan genset 24 jam bisa dilakukan.

PT Interjaya Suryamegah merupakan distributor genset di Surabaya, Jakarta, dan berbagai tempat lainnya. Kami menjual genset dengan berbagai macam kapasitas dan jenis. Serahkan kebutuhan genset silent anda bersama kami.