Kenali Hal-hal Dasar Berikut Untuk Membuat Gearbox Awet dan Terawat 

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
gearbox

Memiliki peranan utama dalam menyalurkan tenaga atau daya ke bagian sistem kerja. Gearbox merupakan komponen penting dalam mewujudkan mekanisme kendaraan maupun mesin. Karena dengan hadirnya gearbox atau yang dapat pula disebut sebagai transmisi mesin, kendaraan yang Anda miliki dapat bergerak maju dan mundur. 

Pentingnya kehadiran gearbox ini, membuat berbagai bentuk perawatan dan peninjauan perlu dilakukan dengan baik untuk memperpanjang usia pemakaian, mengantisipasi hal yang tidak terduga, dan memberikan perjalanan berkendara yang lebih aman. 

Untuk memastikan gearbox Anda terawat dengan baik dan tepat, Anda perlu mengenali hal-hal dasar pada perawatan gearbox. Yang mana artikel berikut akan memaparkan sejumlah informasi mengenai hal-hal dasar untuk membuat gearbox awet dan terawat. Lantas seperti apa saja informasinya? Berikut adalah pembahasannya.

Melakukan Pemeriksaan Terhadap Gearbox 

Hal dasar pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan terhadap gearbox. Yang mana pemeriksaan ini perlu dilakukan secara rutin dan berkala dengan tujuan mengidentifikasi resiko kerusakan, meninjau masalah pada gearbox, dan lain sebagainya. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, Anda dapat mengantisipasi masalah yang lebih besar dan dapat melakukan penanganan dengan tepat waktu.

Memperhatikan Getaran Pada Gearbox 

getaran gearbox
Sumber : https://unsplash.com/

Kondisi gearbox yang prima dan tidak, juga dapat dibedakan dari getaran gearbox itu sendiri. Umumnya, gearbox dengan getaran yang menghasilkan suara bising terindikasi mengalami masalah. Tetapi untuk getaran yang timbul secara konsisten, hal tersebut menandakan kualitas pada rangkaian roda gigi dan bantalan.

Pastikan Komponen Sekitar Gearbox Dapat Beroperasi dengan Baik

Hal dasar yang berikutnya perlu diperhatikan selain melakukan pemeriksaan pada gearbox, Anda juga perlu memastikan kondisi komponen sekitar gearbox, apakah dapat beroperasi dengan baik atau justru membutuhkan perawatan.

Antara lain, berbagai komponen penting yang memiliki korelasi dengan gearbox adalah gear, bearing, input & output shaft, cover, dan coupling. Manfaat diberlakukannya hal ini, adalah untuk meminimalisir permasalahan atau gangguan lain yang dapat timbul nantinya.

Penggantian Oli Secara Teratur

Oli
Sumber : https://unsplash.com/

Setelah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, hal dasar yang selanjutnya perlu diperhatikan adalah melakukan penggantian oli secara teratur. Dalam pengaplikasiannya, oli mesin dan oli gearbox memiliki jenis dan spesifikasi yang berbeda. Maka dari itu, peninjauan yang dilakukan pun juga sifatnya berbeda.

Dengan melakukan penggantian oli secara teratur, Anda dapat mencegah resiko kendaraan mengalami mogok, meningkatkan kualitas berkendara, dan mencegah terjadinya aus pada gearbox.

Periksa Tingkat Cairan Oli

Sebelum memilih jenis oli yang terbaik untuk digunakan, Anda perlu memeriksa tingkat cairan oli dengan meninjau kondisi lingkungan.  Oli yang memiliki tingkat keenceran tinggi merupakan oli yang digunakan di daerah bersuhu rendah.

Sementara oli dengan tingkat keenceran rendah merupakan jenis oli yang digunakan di daerah dengan kondisi suhu yang tinggi.

Gunakan Oli Roda Gigi yang Tepat

Selanjutnya jangan abaikan pemilihan oli roda gigi yang tepat. Hal tersebut meliputi pilihan tingkat kinerja dan kekentalan oli. Tingkat kinerja yang dimaksud berdasarkan kondisi yang berhubungan dengan tekanan permukaan gigi, kecepatan slip dan suhu oli.

Hindari Membawa Beban Berlebih

Hal dasar yang terakhir adalah hindari membawa kendaraan dengan beban berlebih. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi berkendara, keamanan mesin, dan pengoperasian kendaraan. Bawalah barang yang tidak melampaui batas maksimum  muatan yang dapat diangkut. Lalu lakukanlah peninjauan untuk memastikan keamanan sebelum berkendara.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam menjaga gearbox semakin awet dengan perawatan yang tepat dan rutin.

Jika Anda sedang mencari gearbox terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai Distributor Gearbox dan Gear Motor, kami telah dipercaya sebagai distributor gearbox di Indonesia. Dapatkan gearbox terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda.