Mengidentifikasi Genset Asli atau Palsu

Saat ini di Indonesia dapat ditemukan Genset yang tidak asli atau barang yang dijual tidak sesuai dengan merek yang tertera pada Genset tersebut. Sekilas terlihat sama karena model yang serupa, tetapi memiliki kualitas yang berbeda dan nomor seri yang tertera bukan nomor milik merek tersebut.

Saat hendak membeli Genset, berhati-hatilah jika ada yang menawarkan Genset dengan harga yang jauh lebih murah karena kemungkinan besar Genset tersebut palsu atau tidak sesuai dengan merek yang ditawarkan dan kualitas yang dijanjikan.

Kita harus mengenali cara membedakan Genset asli dan Genset palsu.

Bagaimana cara mengidentifikasi sebuah Genset asli atau palsu?

  • Lakukan pengetesan genset di hadapan penjual. Jika performa Genset tidak sesuai dengan  yang dijanjikan maka mulailah waspada akan keaslian Genset tersebut.
  • Mintalah jaminan garansi pada penjual.
  • Hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah mengecek apakah diesel engine / mesin diesel genset tersebut memiliki sertifikat pabrikan yang biasa disebut Certificate of Origin yang dikeluarkan oleh pabrik mesin tersebut.

Setelah mendapat sertifikat tersebut, kita harus mengecek apakah mesin tersebut sesuai dengan informasi yang tertera pada sertifikat:

1: Angka pada pelat / Nameplate number

2: Angka (Engine number) pada badan mesin yang diukir timbul

3: Angka pada pelat oil pump

Jika ketiga angka / part number tersebut sama dengan yang tertera di setifikat, genset dapat berjalan dengan baik dan ada jaminan garansi, selamat anda mendapatkan mesin genset yang asli.

Perhatikan Penggunaan Oli untuk Genset

Salah satu elemen penting dalam engine / genset adalah oli. Oli berfungsi sebagai pelumas bagian – bagian dalam engine /genset yang bergerak. Tanpa adanya pelumasan, bagian dalam engine yang bergerak dengan kecepatan yang tinggi (seperti piston = +/- 300 m/s)dapat mengalami kerusakan dan mengakibatkan hal yang fatal pada engine.

Oli mesin memiliki viskositas tertentu, dan dalam penggunaannya tidak boleh sembarangan. Viskositas yang dipakai harus sesuai dengan rekomendasi dari manufacture engine tersebut, bukan berdasarkan pengalaman Teknisi, bukan berdasarkan data teknis mesin lain, atau bahkan berdasarkan intuisi dari mekanik. Viskositas Oli memiliki umur tertentu, dimana setelah mencapai periode tertentu, viskositas oli akan menurun bahkan oli akan kehilangan viskositasnya. Itulah sebabnya sangat penting untuk melihat rekomendasi dari pabrik pembuat olie terkait dengan data teknis oli serta umur oli berada dalam mesin engine / genset, (biasanya ditulis berdasarkan jam kerja atau lama waktu berada dalam mesin). User engine atau user genset hendaknya benar – benar memperhatikan hal ini, agar engine / genset dapat terawat dengan baik.

Kualitas oli  juga harus diperhatikan, ada oli yang berharga murah, namun memiliki kualitas yang rendah, dimana komposisi unsure dalam oli tersebut cepat mengalami perubahan seiring dengan naiknya temperature dan waktu penggunaan.

Engine untuk Aplikasi Genset

Bagian terpenting dalam genset adalah Engine (mesin).

Engine untuk aplikasi Genset bertugas sebagai penghasil energi mekanik yang nantinya akan diubah menjadi energi listrik oleh generator. Ada engine yang dioperasikan dengan bahan bakar diesel (solar), ada yang menggunakan bensin, dan ada pula yang memakai gas.

Kuat atau tidaknya genset sangat ditentukan oleh kekuatan dan ke-handal-an dari engine yang digunakan.

Pemilihan Engine biasanya didasarkan pada referensi seseorang yang pernah memakai engine tersebut. Hal ini bukanlah sesuatu yang tepat. Seharusnya pemilihan merek dan jenis engine pada genset dilakukan dengan pengetahuan yang benar mengenai engine yang akan digunakan.

Jika user tidak mengetahui tentang engine, maka pemilihan engine dapat juga didasarkan pada saran penjualnya. Jika penjual telah memiliki kredibilitas yang cukup baik dan eksistensi yang cukup lama, maka dapat diasumsikan bahwa penjual tersebut senantiasa memilih untuk menjual engine yang berkualitas. Karena itu sangat penting untuk mengetahui kredibilitas penjual engine ataupun penjual genset.

Keuntungan Genset Tipe Silent

Jika kita akan membeli genset, maka penjual genset akan bertanya apakah mencari genset open atau genset silent.

Mari kita melihat apakah yang dimaksud dengan genset silent.

Genset Silent digunakan jika akan ditempatkan di ruangan terbuka, seperti di depan kantor atau di taman belakang rumah. Jika anda tidak memiliki ruang genset, maka genset silent merupakan pilihan yang tepat.

Genset silent menggunakan box sebagai penutup yang terbuat dari bahan plat besi yang tebal. Pintu canopy dilengkapi dengan handle dan kunci sebagai pengaman genset.

Walaupun harga genset silent lebih tinggi dari genset open, genset silent sangat bermanfaat untuk meminimalkan suara genset. Genset Silent dilengkapi dengan peredam suara sehingga menurunkan tingkat kebisingan mesin sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Genset Silent juga memiliki kelebihan untuk melindungi genset terhadap cuaca panas maupun hujan.

Genset Silent banyak digunakan bank, ruko, rumah, kantor, rumah sakit, restaurant/cafe, dan lainnya.

Mengenal Generator pada Genset

Generator adalah bagian yang terpenting pada konstruksi genset selain Engine.

Generator memegang peranan sebagai pengubah energi mekanik yang dihasilkan oleh Engine menjadi energi listrik yang dapat dinikmati user.

Mengingat pentingnya fungsi generator ini, maka perlu diperhatikan pemilihan merk generator yang akan dipakai, bukan sekadar memperhatikan harga semata, namun kualitas generator perlu juga diperhatikan.

Kualitas Generator pada dasarnya ditentukan dari kuantitas dan kualitas lilitan tembaga penyusun stator dan rotor, teknologi pemasangan lilitan, sirlak yang digunakan untulk melapisi lilitan tembaga dan material penyusun lainnya.

Generator dengan kapasitas yang sama dapat bervariasi harganya. Hal ini bukan semata-mata karena perbedaan merk, namun terkadang juga karena perbedaan kuantitas dan kualitas tembaga yang digunakan.

Itu sebabnya sangat penting untuk mengetahui kredibilitas penjual generator ataupun penjual genset sebelum menentukan pemilihan generator, serta senantiasa melakukan pengujian generator sebelum dikirim agar pembeli mengetahui dengan pasti bahwa generator yang dibelinya adalah sesuai dengan yang dipesan.

Training Genset MAN dan Genset MWM

Sebagai distributor genset dengan mesin diesel MAN dan MWM, Interjaya menyelenggarakan training bersama dengan engineer dari German dan Brazil. Training diikuti oleh team teknik Interjaya, team marketing Interjaya, para rekanan, dan juga customer yang telah membeli banyak genset MAN dan MWM.

Pelatihan meliputi pengenalan produk baru, pengoperasian genset, perawatan genset, cara mengatasi gangguan, dan saran-saran maupun tips agar genset dapat bekerja dengan baik dan berumur panjang. Pelatihan diadakan di workshop Interjaya.

Karena itu customer yang membeli genset MAN dan MWM dari Interjaya tidak perlu kuatir akan pelayanan yang akan diterima baik saat beli genset sampai servis purna jual genset karena team kami telah mendapat training langsung oleh engineer dari pabrik sehingga servis yang diberikan tidak asal-asalan tetapi sesuai dengan standard dari pabrik.

Inilah salah satu kelebihan beli dari distributor genset yang ditunjuk oleh pabrik. Support dari pabrik terjamin dengan team handal yang siap melayani anda.

Pentingnya Mengganti Filter Genset Secara Berkala

Jaga kondisi genset anda supaya genset berumur lebih lama dengan mengganti Filter Oli, Filter Solar dan Filter Udara secara berkala.

Pada prinsipnya  mesin diesel membutuhkan solar dan udara untuk pembakaran, serta pelumas / oli untuk melumasi setiap bagian bergerak pada mesin diesel.

Berdasarkan hal tersebut mesin diesel membutuhkan 3 filter utama dan 1 filter tambahan guna mendukung terjaganya performa mesin diesel tersebut.

Filter utama tersebut adalah Filter Oli, Filter Solar dan Filter Udara, sedangkan filter tambahan adalah Filter Air.

Keberadaan filter ini sangat penting, guna menjamin tidak masuk-nya pengotor ke dalam mesin diesel.

Untuk itu, kualitas filter hendaknya mendapat perhatian khusus dalam setiap maintenance genset.

Demi menjaga kualitas filter tetap baik, maka perlu diperhatikan mengenai keaslian filter yang dipakai. Hendaknya memakai filter original, sesuai rekomendasi mesin diesel. Selain itu perlu dilakukan penggantian dalam rentang waktu tertentu sesuai rekomendasi pembuat filter.

Kami dapat membantu mengganti filter genset anda dan merekomendasikan jadwal penggantian berkala.

Interjaya menjual Filter Solar (Fuel Filter), Filter Oli (Oil Filter), dan Filter Udara (Air Filter), ready stock untuk Filter Genset MWM, MAN, Kohler Lombardini, Lovol, Foton.

Tips Merawat Genset Supaya Berumur Panjang

Banyak orang yang memiliki genset namun kecewa karena hanya digunakan beberapa kali saja sudah banyak gangguan. Hal ini dapat dikarenakan tidak mengoperasikan genset dengan tepat atau tidak melakukan perawatan, padahal beli genset dengan harga yang tidak murah. Berikut tips singkat cara merawat genset supaya berumur panjang sehingga genset menjadi barang investasi yang berharga.

Beberapa tips singkat cara merawat genset supaya berumur panjang

1. Pelajari cara mengoperasikan genset.
Penjual genset pada umumnya akan memberikan buku manual yang berisi cara pemakaian dan perawatan genset. Karena tidak semua pembeli mengerti tentang genset, team kami juga akan memberikan tutorial singkat pada pembeli atau operatornya tentang bagaimana cara pengoperasian genset yang tepat.

2. Dipanasi rutin
Sama halnya dengan kendaraan, genset juga harus dipanasi secara rutin jika tidak digunakan sehari-hari untuk sirkulasi oli mesin. Genset dapat dipanasi satu minggu sekali selama 10-15 menit.

3. Bersihkan genset agar debu tidak menebal khususnya pada bagian radiator, pastikan tidak ada serangga atau binatang lain yang masuk di sela-sela, dan tidak ada kebocoran.

4. Ganti Filter secara berkala
Filter oli dan filter solar haruslah diganti secara berkala. Jika memerlukan jadwal penggantian filter maupun bantuan untuk mengganti filter, anda dapat menghubungi kami.

5. Cek bahan bakar, baik ketersediaanya dan memastikan bahan bakar tidak tercampur air. Air dapat masuk melalui seal pada tutup tangki ataupun udara yang masuk tangki yang mengalami proses kondensasi.

Untuk tips selengkapnya dapat menghubungi team technical support kami di (031) 99850000, (021) 29006565, 081280000195

Konsumen Harus Pintar Memilih Distributor Genset Terpercaya

Kebutuhan genset di Indonesia kini mengalami peningkatan seiring dengan bertambah banyaknya industri, pabrik, perkantoran, hunian tempat tinggal rumah maupun apartment, restaurant, cafe, dan dunia usaha lainnya di Indonesia. Setiap perusahaan pasti mengharapkan aktifitas kerjanya tidak mengalami gangguan walaupun listrik PLN padam, sehingga genset dibutuhkan sebagai cadangan daya listrik. Tetapi tidak semua usaha memiliki teknisi yang kompeten untuk memilih genset, sedangkan tersedia berbagai merek genset dan penjual genset di Indonesia. Berikut ini kami bagikan tips bagaimana memilih distributor genset yang tepat.

Ciri khusus distributor genset terpercaya

1. Memiliki penunjukkan dari pabrik sebagai distributor
Dengan adanya berbagai penjual genset khususnya di Jakarta dan Surabaya, akan lebih aman membeli genset dari perusahaan yang ditunjuk sebagai distributor oleh pabrik. Support dari pabrik akan menjamin kualitas performa genset.

2. Memiliki garansi dan spare part orisinal
Distributor Genset yang terpercaya tidak hanya jual genset, tetapi juga memperhatikan performa kerja genset dengan memberikan garansi dan memiliki sparepart atau suku cadang orisinal, sehingga genset yang dijual akan terjamin kinerjanya.

3. Memiliki team teknik yang handal
Membeli genset tidak bisa di sembarang toko. Pilihlah distributor genset yang memiliki tim team teknisi dan team service sehingga dapat membantu anda jika terjadi gangguan pada genset anda.

Interjaya mendapat penunjukkan sebagai distributor genset MAN dan MWM. Karena itu kami mendapat support langsung dari pabrik sehingga kami dapat menyediakan garansi dan spare part orisinal. Team kami juga mendapat training langsung oleh engineer dari German untuk genset MAN dan dari Brazil untuk genset MWM.

Tips Memilih Genset

Kesal dengan listrik mati saat hujan atau pemadaman yang sering dilakukan PLN, maka anda sebaiknya menggunakan generator set atau lebih banyak dikenal dengan genset. Genset menghasilkan daya listrik dan terdiri dari engine dan generator. Dengan memiliki genset, maka bisnis anda ataupun kegiatan anda di rumah dapat berjalan dengan lancar walaupun listrik mati. Genset di Indonesia ada berbagai pilihan merek dan tipe. Berikut kami berikan 4 Tips yang dapat membantu anda beli genset.

4 Tips untuk beli genset:

1. Pilih Genset dengan daya listrik yang sesuai kebutuhan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan membeli genset adalah mengetahui berapa besar daya listrik yang akan digunakan. Sebaiknya tidak membeli genset yang memiliki daya listrik yang lebih rendah dari yang dibutuhkan.
Sebelum membeli genset, tentukan dulu peralatan apa saja yang akan digunakan saat menyalakan genset, misal lampu, kulkas, AC, dan lainnya. Kemudian hitung total daya listrik yang dibutuhkan.
Untuk bantuan cara menghitung kebutuhan daya listrik anda, dapat menghubungi PT Interjaya Suryamegah.

2. Pilih Genset dengan tipe yang sesuai lokasi peletakkan Genset

Ada 2 jenis Genset yaitu Silent dan Open.
Pilihlah Genset Silent jika genset akan ditempatkan di ruangan terbuka, seperti di depan kantor atau di taman belakang rumah. Genset Silent dilengkapi dengan peredam suara sehingga menurunkan tingkat kebisingan mesin sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.
Genset Silent banyak digunakan bank, ruko, kantor, rumah sakit, restaurant/cafe, dan lainnya.

Pilihlah Genset Open jika memiliki ruang genset yang dilengkapi dengan peredam.
Harga Genset Open lebih murah dari Genset Silent dan perawatannya relatif lebih mudah.

3. Pilih Genset yang berkualitas tinggi

Memilih genset tidak bisa hanya sekadar berpatokan dengan harga. Genset berkualitas akan menentukan umur genset.
Dengan adanya berbagai penjual genset khususnya di Jakarta dan Surabaya, akan lebih aman membeli genset dari perusahaan yang ditunjuk sebagai distributor oleh pabrik. Support dari pabrik akan menjamin kualitas performa genset.

Selain itu, beli genset dengan mesin diesel yang diproduksi oleh pabrik otomotif lebih direkomendasikan karena kehandalan dan kekuatannya. Genset MAN dari Germany terkenal akan kualitasnya. Pabrik MAN juga memproduksi truk dan bus yang sering ditemui di jalanan di Eropa. Demikian juga Genset MWM diproduksi oleh pabrik MWM yang juga membuat mesin untuk truk dan kendaraan yang sering ditemui di jalanan di Amerika Selatan.

4. Pilih Genset yang memiliki Garansi dan ketersediaan Sparepart

Pastikan juga membeli genset di tempat yang memiliki garansi dan ketersediaan sparepart atau suku cadang orisinal, sehingga saat genset rusak, anda tidak perlu bingung mencari sparepart genset tersebut.