Sejarah dan Berbagai Model Genset Perkins

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
Logo Perkins

Genset Perkins merupakan sebuah merek genset yang sudah cukup terkenal di kalangan pengguna genset. Genset satu ini menjadi andalan untuk kebutuhan listrik di kala darurat. Genset Perkins memiliki kapasitas yang beragam, mulai dari 9 kVA hingga 2500 kVA. Sebelum akhirnya menjadi merek genset yang digemari, terdapat sejarah panjang yang harus dilalui perusahaan untuk membuat Genset Perkins. 

Pendiri Perusahaan Perkins

Pada 7 Juni 1932, Frank Perkins dan Charles Wallace Chapman mendirikan sebuah perusahaan diesel generator yang diberi nama Perkins. Perusahaan Perkins ini terletak di Queen Street Peterborough. Charles Wallace Chapman sendiri merupakan Design Engineer di Perusahan Perkins. 

Charles Wallace Chapman bahkan juga merupakan orang pertama di dunia yang yang mengembangkan konsep mesin diesel high speed, ia mengembangkan konsep ini dalam perusahaan Perkins F Limited pada tahun 1932, yakni dengan membuat dan merancang mesin 4 cylinder.

Tahun Berdiri dan Mulai Berkembang

Setelah resmi berdiri pada tahun 1932, tiga tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1935 Engine Diesel Generator Perkins menjadi salah satu dari enam perusahaan di dunia. Perusahaan ini cukup berpengaruh dalam pembuatan berbagai macam variasi mesin diesel generator di Brooklands Surrey.

Timeline Perusahaan Perkins dari Tahun ke Tahun

Eksistensi Perusahaan Perkins yang semakin berkembang setelah tahun 1935, bahkan permintaan akan Diesel Generator Perkins meningkat ketika perang dunia kedua. Pemerintah saat itu meminta Perusahaan Perkins untuk terus mengembangkan Mesin Diesel yang mumpuni dan tentunya tangguh untuk membantu mendukung kerajaan Inggris pada perang dunia kedua.

Dari permintaan tersebut, Chapman telah berhasil merancang dan mendesain ulang Diesel Generator Perkins yang akhirnya menghasilkan Diesel Generator Perkins Type P4 dan P6, dan perkembangan mesin diesel tersebut terus berlanjut hingga perang kedua selesai. Perusahaan Perkins kemudian menjadi perusahaan go public dan sejak saat itu pula, Perkins F Limited memiliki beberapa Lisensi Mesin untuk Perusahaan lokal di Inggris Raya.

Berdasarkan sejarah panjangnya ini, tak heran jika Genset Perkins digemari oleh banyak orang. Berdasarkan sejarah panjangnya ini pula, kualitasnya tidak perlu diragukan. Hal ini karena Genset Perkins ini telah melewati tahap pengujian yang cukup panjang, akan selalu diuji dan dikembangkan dari tahun ke tahun.

Genset ini telah terbukti awet dan kuat dari masa ke masa. Genset yang berawal dari Inggris tersebut bahkan kini telah mendunia, berbagai belahan dunia telah menggunakan Genset Perkins ini untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan rumah, tempat bisnis, hotel, hingga industri-industri.

Selain telah terbukti dipercaya sejak perang dunia kedua, ternyata Genset Perkins ini juga memiliki banyak kelebihan lainnya. Salah satu kelebihan genset ini adalah konsumsi bahan bakar yang terbilang cukup irit, hal ini dikarenakan sejak awal genset ini telah dirancang sebagai alternatif sumber energi yang memiliki kinerja mesin diesel berkualitas.

Daya tahan dari Genset Perkins ini juga tak kalah berkualitas. Genset ini memiliki daya tahan yang terbilang cukup lama selama dijadikan sumber energi listrik alternatif. Tentu ketahanan ini sangat bermanfaat, mengingat tidak menentunya permasalahan listrik atau pemadaman listrik yang dapat terjadi. 

Model – model Genset Perkins

Genset Perkins
Sumber : https://www.perkins.com/

Selain sejarah panjang dari Genset Perkins, beserta keunggulan-keunggulan genset Perkins yang cukup beragam, terdapat pula beragam model Genset Perkins yang dapat dipilih. Model-model Genset Perkins ini dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan, tentu harus mempertimbangkan banyak aspek sebelum menentukan Genset Perkins mana yang akan dipilih. 

Model dari Genset ini terbagi menjadi 3, yakni sebagai berikut :

  1. Perkins Open Type.
  2. Perkins Silent Type.
  3. Perkins Silent Trailer.

Itulah info lengkap seputar perusahaan Perkins sebagai salah satu pembuat genset berkualitas. Jika Anda membutuhkan genset berkualitas dengan harga terjangkau Anda bisa gunakan genset Perkins. 

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.