Genset Cummins Tidak Mau Nyala, Begini Cara Mengatasinya Dengan Cepat

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.
Genset Merah

Pemadaman listrik dapat merugikan properti pribadi dan bisnis Anda, tidak hanya merusak perangkat elektronik di rumah Anda, tetapi juga mengganggu aktivitas produksi dan bisnis lainnya. 

Dampak pemadaman listrik pada unit bisnis dapat sangat merusak karena secara langsung mempengaruhi hasil bisnis. Inilah sebabnya mengapa merupakan ide bagus untuk berinvestasi dalam generator listrik yang dapat membuat unit Anda tetap bekerja bahkan saat listrik padam.

Namun, sangat penting untuk memilih generator yang andal dan unggul secara teknologi yang akan bekerja bahkan dalam cuaca buruk. Jika ini yang Anda cari, pilih genset Cummins. Dianggap sebagai salah satu merek paling terpercaya di dunia, generator Cummins dikenal karena kinerjanya yang kuat dan masa pakai yang lama. 

Generator Cummins menawarkan banyak manfaat, termasuk desain berkualitas tinggi, kemudahan pemasangan, pengurangan kebisingan yang lebih baik, berbagai opsi daya dan titik harga, dan pengembalian investasi yang tinggi.

Namun, semua mesin dapat dikenakan. Tidak peduli seberapa bagus suatu produk, pasti akan gagal selama periode waktu tertentu dan berhenti melakukan yang terbaik dari kemampuannya.

Hal yang sama berlaku untuk generator Cummins. Jika genset Anda sudah lama tidak digunakan, genset Anda mungkin mulai mengalami kesulitan untuk memulai. 

Namun, ada cara untuk memeriksa dan memperbaiki masalah awal yang memungkinkan Anda untuk memperbaikinya pada akhirnya. Jika semuanya tidak kembali normal, Anda dapat menghubungi teknisi profesional Cummins untuk memeriksa dan memperbaiki masalahnya.

Genset Kuning
Source : https://unsplash.com/

Penyebab Umum Genset Cummins Tidak Menyala

Banyak perusahaan atau pemilik genset yang belum mengerti bagaimana cara mengatasi troubleshooting genset yang baik dan benar, maka di sini kami akan memberitahukan atau berbagi ilmu tentang bagaimana cara mengatasi troubleshooting genset kami saat terjadi.

1. Choke tidak berfungsi dengan baik

Idealnya, katup choke harus tetap tertutup saat mencoba menghidupkan generator. Seharusnya hanya menyala setelah mesin memanas. Katup choke terletak berbeda pada generator yang berbeda tergantung pada merek dan modelnya. Di mana pun mereka ditempatkan, mereka harus selalu dalam posisi tertutup saat menghidupkan generator.

2. Level oli genset menurun

Oli merupakan komponen penting dalam memastikan pengoperasian mesin yang benar, dan jika level oli di bawah jumlah yang dibutuhkan, mesin mungkin tidak dapat dihidupkan.

Biasanya, sebagian besar genset dilengkapi dengan sensor oli rendah yang telah dipasang sebelumnya yang akan menunjukkan apakah level oli rendah, meskipun terkadang Anda harus memeriksa levelnya dengan dipstick oli. Jika level oli rendah, itu harus diisi ulang untuk performa terbaik. 

Anda mungkin juga ingin mengganti oli jika genset sudah lama tidak digunakan atau jika oli sudah lama tidak diganti. Mengganti oli tepat waktu akan memastikan generator Anda bekerja dengan lancar dan mesin Anda bekerja dengan baik. Praktik ini juga akan memastikan masa pakai mesin Anda lebih lama.

3. Tidak cukup bahan bakar

Anda mungkin berpikir bahwa tidak memiliki cukup bahan bakar di mesin Anda bukanlah suatu kemungkinan karena itu adalah persyaratan dasar untuk menghidupkan mesin apa pun dan orang cenderung mengingatnya.

Namun, jika menyangkut genset, mesin ini tidak digunakan setiap hari sehingga meningkatkan kemungkinan pengguna lupa mengisi bahan bakar. Seperti yang diharapkan, jika bahan bakar hampir habis, mesin tidak mau hidup.

Menguras tangki bahan bakar RV Anda bukanlah ide yang baik karena dapat merusak mesin jika diulang beberapa kali.

4. Busi tidak berfungsi

Busi bertanggung jawab untuk memulai proses pengapian karena busilah yang menghasilkan percikan api yang cukup kuat untuk menghidupkan mesin. Seiring waktu, mungkin ada endapan pada elektroda karena penumpukan karbon. Ini akan menghasilkan percikan yang lebih lemah atau tidak ada sama sekali dari busi. 

Gunakan pisau kecil untuk membersihkan steker sebelum memasangnya kembali. Anda juga dapat memeriksa steker dengan meletakkannya di dekat terminal uji saat mesin bekerja. 

Jika Anda melihat percikan api yang cukup kuat dan berwarna biru, berarti busi berfungsi dengan baik. Jika percikannya tidak cukup kuat, Anda mungkin ingin menggantinya.

5. Ada masalah dengan karburator

Fungsi utama karburator adalah untuk memasok campuran udara dan bahan bakar ke mesin, dan jika ada penyumbatan di karburator, mesin tidak akan hidup. Jika mesin tidak bekerja untuk waktu yang lama, bahan bakar dapat terkontaminasi. 

Penguapan bahan bakar terkadang meninggalkan zat hitam pekat yang terkumpul di karburator, memutus suplai udara dan bahan bakar ke mesin.

Setelah membersihkan karburator, mesin akan hidup normal. Jika mesin masih tidak mau hidup, Anda mungkin ingin mengganti karburator. Salah satu cara untuk memastikan masalah ini tidak muncul adalah dengan menggunakan penstabil bahan bakar. 

Ini akan memastikan bahwa bahan bakar tidak harus menguap. Penstabil bahan bakar semacam itu sangat berguna dalam generator, karena mesin ini hanya digunakan jika listrik padam. Kecuali mesin digunakan secara teratur, kemungkinan karburator tersumbat tinggi.

6. Generator terpasang dengan elektronik lainnya

Jika Generator Onan terhubung ke perangkat elektronik lain, kemungkinan besar tidak akan hidup.

Bahkan dapat merusak komponen internal genset. Ini dapat terjadi meskipun perangkat elektronik tidak dihidupkan.

Oleh karena itu, putuskan sambungan generator dari semua perangkat elektronik sebelum menyalakannya.

7. Baterai mati

Pengurasan baterai adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh mesin. Saat mesin tidak digunakan dalam waktu lama, baterai bisa habis. Baterai yang habis tidak akan menyalakan kunci kontak.

Oleh karena itu, jaga baterai Anda dalam kondisi baik untuk memastikan Anda tidak menghadapi masalah penyalaan. Gunakan generator Anda setidaknya sebulan sekali untuk menjaga agar baterai tidak kehabisan daya. Jika seandainya baterai Anda bermasalah maka Anda dapat memulainya untuk mengisi ulang secara instan.

8. Katup bahan bakar tersumbat

Katup bahan bakar bertanggung jawab untuk memasok bahan bakar ke karburator. Jika katup ini tersumbat, bahan bakar tidak akan sampai ke karburator dan mesin tidak akan hidup. Jika katup bahan bakar tersumbat, Anda dapat memeriksa apakah katup pelepas vakum terbuka. Atau lepaskan stopkontak. Periksa selang saluran masuk. Jika tersumbat, Anda dapat membersihkannya untuk kinerja yang lebih baik.

Mini Genset Hijau
Source : https://www.freepik.com/

Langkah-langkah Perbaikan yang Cepat

Jika Anda mengalami masalah dengan generator yang tidak mau hidup, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya. 

Pertama, pastikan genset Anda terhubung ke sumber bahan bakar yang sesuai, seperti bensin atau solar, dan tangki bahan bakar cukup penuh. Periksa juga apakah aliran bahan bakar tersumbat atau saluran bahan bakar rusak. 

Selanjutnya, periksa sistem pengapian generator. Pastikan busi dalam kondisi baik dan bersih. Jika busi terlihat kotor atau kotor, mungkin perlu dibersihkan atau diganti. Perhatikan juga agar kabel pengapian terhubung dengan benar dan tidak ada elemen yang kendor atau rusak. 

Juga, periksa level oli mesin genset. Pastikan level oli berada pada level yang benar. Jika level oli rendah, tambahkan oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Oli yang kotor atau berkualitas buruk juga dapat menimbulkan masalah, jadi ganti oli dengan yang baru jika perlu. 

Pastikan juga baterai genset memiliki daya yang cukup. Periksa kondisi terminal aki dan pastikan tidak ada korosi atau sambungan yang kendor. Jika baterai rendah, baterai mungkin perlu diganti atau diisi ulang. 

Jika setelah melakukan pengoperasian di atas genset masih tidak menyala, disarankan untuk memanggil teknisi yang berkualifikasi atau orang yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan genset. Karena melalui teknisi mereka akan mengetahui apa yang jadi masalah pada genset Anda. 

Perlu kamu tahu dan ingat bahwa genset merupakan suatu alat yang kompleks tetapi juga mempunyai potensi yang bahaya. Selalu ikuti petunjuk penggunaan dan pemeliharaan yang diberikan oleh pabrikan dan pastikan keselamatan Anda sendiri saat bekerja dengan generator.

Baca juga: Rutin Ganti Oli Genset Maintenance yang Sangat Penting

Tips dan Saran untuk Mencegah Genset Agar Tidak Cepat Rusak

Genset Cummins dianggap sebagai salah satu produk terbaik yang tersedia di pasar. Mereka dikenal karena manufaktur berkualitas, desain yang kuat, kinerja yang efisien, dan masa pakai yang lama. 

Namun, mesin apa pun dapat memberi Anda masalah pada titik yang berbeda dalam siklus hidupnya. Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda tidak menghadapi masalah apa pun adalah dengan memeliharanya dengan benar. 

Mengenai generator, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan peralatan Anda berjalan dengan lancar:

  • Nyalakan setidaknya sebulan sekali agar baterai tetap terisi 
  • Penggunaan teratur akan memastikan bahwa katup yang berbeda tidak tersumbat. 
  • Pastikan untuk membaca level oli dan bahan bakar secara berkala 
  • Ganti busi dan filter bahan bakar jika perlu 
  • Jalankan pembersih karbohidrat melalui sistem Anda untuk mencegah masalah karbohidrat 
  • Awasi pemutus sirkuit di bagian belakang unit.

Hal ini tidak hanya memastikan bahwa mesin Anda tetap berfungsi dengan baik, tetapi kerusakan dini juga akan membantu Anda menghemat biaya perbaikan.

Namun, jika Anda masih kesulitan memulai generator Cummins Anda, Anda dapat mencoba langkah-langkah di atas. waktu. Jika tidak, Anda selalu dapat mengandalkan tim pakar teknis CS Diesel kami untuk menyelesaikan pekerjaan untuk Anda!

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.