Cari Tahu Cara Menggunakan Genset untuk Rumah dengan Benar

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Seperti yang Anda tahu, belakangan banyak orang yang mencari cara menggunakan genset untuk rumah. Sebenarnya tidak ada cara khusus, namun di beberapa waktu Anda diharuskan untuk mengoperasikan genset dengan benar. 

Jadi untuk mengetahui cara kerja mesinnya, tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan Anda bisa panik sendiri karena tidak tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan.

Setiap merek genset biasanya memberikan buku panduan dalam mengoperasikan produknya, termasuk Perkins. Genset Perkins sudah dilengkapi dengan buku panduan supaya Anda dapat menggunakannya dengan tepat dan menemukan solusi ketika menemukan kendala.

Cara Menggunakan Genset untuk Rumah Secara Tepat

Berangkat dari hal ini, kami akan memberikan informasi cara mengoperasikan genset rumah. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui cara membangkitkan listrik ini. Langsung saja kita simak ulasannya.

  1. Periksa Bahan Bakar

Seperti yang Anda tahu, sebelum mulai menyalakan genset, Anda harus melakukan pengecekan ketersediaan bahan bakar terlebih dahulu. Untuk genset portable, sebaiknya gunakan bahan bakar yang premium. Jika masih kosong, isilah secukupnya, jangan terlalu penuh tapi juga jangan terlalu sedikit.

  1. Periksa Pelumas Mesin

Langkah kedua dalam menggunakan genset rumah selanjutnya adalah memastikan oli atau pelumas terisi penuh. Sebaiknya gunakan oli tipe SAE 20-40, namun Anda juga bisa menggunakan merk apapun asalkan sesuai dengan tipe genset milikmu. 

  1. Periksa Kondisi Accu

Cara menggunakan genset untuk rumah selanjutnya adalah memeriksa kondisi accu. Cara mengetahuinya bisa dimulai dengan menstarter genset. Jika masih bagus, tentu saja mesin akan menyala. Sebaliknya, jika Anda tekan beberapa kali namun mesin tidak memberikan respon, maka bisa jadi akinya kurang bagus.

Melihat hal ini, segera periksa baterai dan beberapa konektor untuk mengetahui kondisi genset. Jika tidak ada masalah, mungkin baterai Anda yang harus diganti. 

  1. Periksa MCB Pembebanan Listrik

Langkah satu ini perlu dilakukan, supaya arus yang dialiri listrik tidak menjadi masalah dan akhirnya menjadi pendek. Begitu juga dengan kabel yang menopang beban arus listrik. 

Oleh sebab itu, pastikan panel MCB agar masuk ke genset dan saklar PLN dalam posisi OFF. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penyebaran arus yang tidak teratur dan menimbulkan kecelakaan kerja.

  1. Menyalakan Genset Bensin

Jadi setelah memeriksa komponen inti dan aliran distribusi, maka langkah menggunakan genset untuk rumah berikutnya adalah dengan menyalakan genset bensin. 

  1. Menyalakan Genset Diesel

Sama seperti menyalakan genset bensin, setelah semuanya dihidupkan dan diatur dengan benar, maka Anda bisa menyalakan genset diesel. Caranya dengan memposisikan kunci kontak pada posisi on, lalu periksa voltase pada display 12V atau 24V tergantung accu yang dibutuhkan.

  1. Pemanasan

Cara menggunakan genset untuk rumah yang satu ini sebenarnya sama dengan menstarter motor atau mobil. Setelahnya, biarkan mesin panas dengan sendirinya kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Hal ini dilakukan untuk menjaga sistem mesin agar lebih stabil karena semua komponen dan pelumas bekerja dengan maksimal. Setelah itu, Anda bisa menambahkan bobot dengan menyalakan panel satu persatu secara berurutan. Mudah bukan?

  1. Tarik Koil Perlahan

Khusus cara ini, hanya diperuntukan untuk genset mekanik. Artinya Anda membutuhkan tarikan yang kuat untuk menghidupkan genset satu ini.

Namun sebelum melakukan tarikan yang kuat, sebaiknya lakukan tarikan lemah setelah ada beban pada tarikan tersebut. Ini dilakukan agar Anda bisa menariknya dengan kencang dan akhirnya mesin bisa menyala dengan sempurna. 

  1. Matikan Choke

Cara menggunakan genset untuk rumah berikutnya adalah dengan mematikan choke. Langkah ini bisa dilakukan setelah genset sudah hidup. 

Biarkan beberapa waktu, kurang lebih 5 menit agar generator dapat dimuat. Sebaliknya, jangan memberikan beban berat pertama kali saat genset tersebut hidup. 

Karenanya, menyalakan genset secara bertahap. Mulai dari, 500 Watt, 1000 Watt, 2000 Watt dan seterusnya. Tidak perlu khawatir, cara ini bisa dilakukan pada semua genset, baik starter manual maupun starter elektrik.

  1. Mematikan Genset 

Cara ini adalah tahap terakhir setelah genset digunakan. Namun hal ini perlu dilakukan jika terjadi sesuatu, dan Anda perlu mematikan mesin untuk alasan keamanan.

Cara menggunakan genset rumah di atas memang terlihat panjang. Namun sebenarnya rangkaian ini dilakukan hanya sebentar, kurang lebih sekitar 10 menit, termasuk pemanasan awal agar mesin genset untuk rumah dapat berputar.

Percayakan kebutuhan genset rumah anda pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM serta distributor Genset Perkins dan Genset Cummins, kami menyediakan genset berkualitas. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.