16 Tips Merawat Genset Agar Tidak Cepat Rusak Lagi

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Kami jamin kalau Anda sangat butuh cara merawat genset agar alat ini tidak cepat rusak dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama. Tetapi sayangnya, kita masih saja melihat adanya pemilik genset yang tidak benar ketika mengoperasikan genset sehingga lebih cepat rusak.

Genset atau yang biasa disebut juga dengan generator set adalah alat elektronika yang berfungsi di sektor kelistrikan. Ketika PLN memadamkan listrik, genset dengan bantuan bahan bakar akan menyediakan listrik untuk tempat tinggal. Maka dari itu, banyak yang butuh genset ini.

Saat ini sudah banyak genset berkualitas yang diproduksi oleh brand-brand ternama, diantaranya Genset Perkins, Genset Mitsubishi, Genset Lombardini, dan lain-lain.

Tetapi sayangnya, di tengah banyaknya penggunaan genset, ada saja yang tidak bisa memanfaatkan alat ini dengan baik. Cara operasi genset yang salah bisa membuat alat ini butuh perawatan yang terlalu sering. Padahal pada nyatanya, alat ini tidak butuh banyak perbaikan.

Cara Merawat Genset

Cara merawat genset yang benar agar bisa dipakai untuk waktu lama

Cara kerja genset sendiri adalah dengan mengubah energi kinetik menjadi listrik. Kinetik itu bisa bergerak karena bantuan bahan bakar dan sekaligus menjadi bukti kalau tidak boleh asal dalam menggunakannya. Adapun cara merawat genset antara lain:

1. Periksa sistem auskultasi dan pemadam suara

Sistem auskultasi dan pemadam suara adalah komponen penting yang membantu mendeteksi perubahan abnormal dalam bunyi mesin. Cara merawat genset Ini membantu dalam identifikasi dini masalah mesin yang mungkin muncul.

2. Perawatan alternator

Alternator harus diperiksa secara rutin. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem pembuangan dan pendingin alternator. Hal ini dapat mencegah overheating dan kerusakan pada komponen listrik genset.

3. Perhatikan sistem pendingin

Sistem pendingin yang efisien penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Bersihkan dan periksa radiator secara teratur, pastikan tidak ada tumpukan debu atau kotoran yang dapat menghambat sirkulasi udara.

4. Periksa dan isi ulang cairan pendingin

Cairan pendingin yang adekuat penting untuk mencegah overheating. Selalu periksa level dan kondisi cairan pendingin, dan isilah ulang sesuai petunjuk produsen untuk memastikan konsentrasi dan pH yang tepat.

5. Perawatan baterai

Baterai genset harus dijaga agar tetap dalam kondisi optimal. Bersihkan terminal secara berkala, periksa level air (jika berlaku), dan pastikan charger baterai berfungsi dengan baik untuk mencegah pembongkaran baterai.

6. Uji sistem pengisian baterai

Pastikan sistem pengisian baterai berfungsi dengan baik. Tegangan baterai harus tetap dalam batas normal selama operasi. Sistem pengisian yang buruk dapat menyebabkan kegagalan baterai.

7. Genset harus diletakkan di tempat yang aman dan kering

Tempat yang aman untuk suatu genset adalah area yang tidak terkena hujan ataupun cahaya matahari yang terlalu terik. Cara merawat genset ini adalah dengan simpan di tempat yang kering juga agar tetap awet.

8. Cari tahu dulu cara pengoperasian yang benar

Cari tahu cara operasikan genset dengan benar, yaitu dengan baca buku panduan. Di dalamnya nanti akan dijelaskan langkah-langkah mengoperasikan genset agar tidak membuat bahaya lain.

9. Penggunaannya hanya di tempat yang sirkulasinya baik

Sirkulasi pada ruangan tempat genset disimpan juga harus baik. Ketika ruangan terlalu panas, maka genset akan overheat, dan ini menjadi penyebab kerusakan. Cara merawat genset yang baik adalah selalu sediakan sirkulasi memadai.

10. Bersihkan genset secara berkala

Genset juga harus dibersihkan, sama seperti alat lainnya. Tidak peduli sering atau jarang digunakan, tetapi genset tetap harus dibersihkan. Bagian yang harus dibersihkan adalah filter, casing, dan oli genset.

11. Sparepart yang rusak langsung diganti

Ketika ada bagian suku cadang yang rusak, jangan abaikan. Langsung ganti jika tidak ingin semua bagian genset menjadi rusak. Cara merawat genset yang benar harus menggunakan sparepart original.

12. Mengecek kabel instrumen

Kabel menjadi bagian vital dalam genset dan harus di cek secara rutin agar terhindar dari short electrical atau korsleting. Periksa secara rutin bagian kabel ini dan cari tahu ada yang rusak atau tidak.

13. Pastikan bahan bakar cukup

Bahan bakar atau biasa disebut bensin juga termasuk bagian penting dalam cara merawat genset. Jika bahan bakar sering kehabisan, ini akan mengakibatkan mesin genset aus.

14. Selalu periksa distilled water baterai

Bagian baterai juga tidak boleh luput dari perawatan. Periksa bagian distilled water atau cairan baterai dan lihat apakah cairannya sudah habis atau belum, biasa diganti setiap 2 tahun. Ini berkaitan dengan performa penghidupan mesin genset.

15. Cek dan ganti oli secara berkala

Bagian oli sendiri juga sangat sentral, terutama untuk mesin. Cara merawat genset di bagian oli adalah selalu cek secara berkala, tidak ada waktu pasti karena ini tergantung mesin genset itu sendiri.

16. Panaskan genset secara rutin

Agar performa genset bisa maksimal dan ketika digunakan nanti tidak ada kendala, maka Anda harus panaskan genset secara rutin. Sebisa mungkin panaskan setiap 7-14 hari sekali agar tetap optimal.

Alasan mengapa genset perlu dirawat

Proses Merawat Genset

Mengetahui cara merawat genset merupakan tindakan yang sangat penting untuk memastikan ketersediaan daya listrik yang andal dan berkelanjutan. Berikut adalah lima alasan mengapa genset perlu dirawat secara teratur:

1. Mempertahankan kinerja

Pemeliharaan rutin membantu mempertahankan kinerja mesin genset. Komponen-komponen utama seperti mesin, alternator, dan sistem bahan bakar perlu diperiksa dan dibersihkan secara teratur agar tetap berfungsi dengan baik. Dengan melakukan pemeliharaan secara berkala, genset dapat bekerja pada kapasitas maksimalnya.

2. Mencegah kegagalan saat dibutuhkan

Genset sering kali digunakan sebagai sumber daya cadangan dalam situasi darurat atau saat terjadi pemadaman listrik. Pemeliharaan rutin dapat membantu mencegah kegagalan genset saat dibutuhkan paling, memastikan ketersediaan daya listrik yang konsisten pada saat-saat kritis.

3. Memperpanjang umur pakai

Pemeliharaan yang baik dapat memperpanjang umur pakai genset. Komponen yang dijaga dengan baik akan mengalami keausan yang lebih lambat, dan pemeliharaan yang rutin dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah potensial sebelum menyebabkan kerusakan serius.

4. Mengoptimalkan efisiensi bahan bakar

Mesin genset yang dijaga dengan baik dapat beroperasi dengan efisiensi yang lebih tinggi, termasuk penggunaan bahan bakar yang lebih efisien. Ini tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga membuat genset lebih ramah lingkungan dengan mengurangi emisi dan jejak karbon.

5. Mendeteksi masalah lebih dini

Pemeliharaan rutin memungkinkan deteksi dini masalah dan potensi kegagalan. Pemeriksaan berkala pada komponen kritis seperti sistem pendingin, sistem bahan bakar, dan perangkat listrik memungkinkan teknisi untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah sebelum mereka berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius.

Genset memiliki peran besar untuk membantu aktivitas, itu juga sebabnya harus dirawat. Karena jika ada sedikit kerusakan saja bisa mengakibatkan bagian lain rusak. Untuk mencegahnya, Anda harus tahu cara merawat genset agar tidak bakal rusak lagi. Apabila Anda ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai perawatan genset, cek artikel Simak Tips Merawat Genset Terlengkap Berikut Ini!.

Apakah Anda sedang mencari genset?

Setelah memahami secara mendalam tentang berbagai tips merawat genset agar tidak rusak, inilah saat yang tepat untuk Anda beralih ke solusi terbaik. Percayakan kebutuhan genset Anda pada PT Interjaya Suryamegah, distributor genset terpercaya yang menjamin kualitas dan keandalan.

Alamat: Branch Office
Hotline:
+6231 9985 0000
+6221 2900 6565
+6281288889052