10 Tips Merawat Genset Agar Tidak Cepat Rusak Lagi

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Kami jamin kalau Anda sangat butuh tips merawat genset agar alat ini tidak cepat rusak dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama. Tetapi sayangnya, kita masih saja melihat adanya pemilik genset yang tidak benar ketika mengoperasikan genset sehingga lebih cepat rusak.

Genset atau yang biasa disebut juga dengan generator set adalah alat elektrikal yang berfungsi di sektor kelistrikan. Ketika PLN memadamkan listrik, genset dengan bantuan bahan bakar akan menyediakan listrik untuk tempat tinggal. Maka dari itu, banyak yang butuh genset ini.

Tetapi sayangnya, di tengah banyaknya kebutuhan genset, ada saja yang tidak bisa memanfaatkan alat ini dengan baik. Cara operasi genset yang salah bisa membuat alat ini butuh perawatan yang terlalu sering. Padahal pada nyatanya, alat ini tidak butuh banyak perbaikan.

Tips Merawat Genset yang Benar Agar Bisa Dipakai untuk Waktu Lama

Cara kerja genset sendiri adalah dengan mengubah energi kinetik menjadi listrik. Kinetik itu bisa bergerak karena bantuan bahan bakar dan sekaligus menjadi bukti kalau tidak boleh asal dalam menggunakannya. Adapun cara agar genset ini tetap terawat antara lain:

  1. Genset Harus Diletakkan di Tempat yang Aman dan Kering

Tempat yang aman untuk suatu genset adalah area yang tidak terkena hujan ataupun cahaya matahari yang terlalu terik. Tips merawat genset ini adalah dengan simpan di tempat yang kering juga agar tetap awet.

  1. Cari Tahu Dulu Cara Pengoperasian yang Benar

Cari tahu cara operasikan genset dengan benar, yaitu dengan baca buku panduan. Di dalamnya nanti akan dijelaskan langkah-langkah mengoperasikan genset agar tidak membuat bahaya lain.

  1. Penggunaannya Hanya di Tempat yang Sirkulasinya Baik

Sirkulasi pada ruangan tempat genset disimpan juga harus baik. Ketika ruangan terlalu panas, maka genset akan overheat, dan ini menjadi penyebab kerusakan. Tips merawat genset adalah selalu sediakan sirkulasi memadai.

  1. Bersihkan Genset Secara Berkala

Genset juga harus dibersihkan, sama seperti alat lainnya. Tidak peduli sering atau jarang digunakan, tetapi genset tetap harus dibersihkan. Bagian yang harus dibersihkan adalah filter, casing, dan oli genset.

  1. Spare Part yang Rusak Langsung Diganti

Ketika ada bagian suku cadang yang rusak, jangan abaikan. Langsung ganti jika tidak ingin semua bagian genset menjadi rusak. Tips merawat genset juga harus sparepart original.

  1. Mengecek Kabel Instrumen

Kabel menjadi bagian vital dalam genset dan harus di cek secara rutin agar terhindar dari short electrical atau korsleting. Periksa secara rutin bagian kabel ini dan cari tahu ada yang rusak atau tidak.

  1. Pastikan Bahan Bakar Cukup

Bahan bakar atau biasa disebut bensin juga termasuk bagian dalam tips merawat genset. Jika bahan bakar sering kehabisan, ini akan mengakibatkan mesin genset aus.

  1. Selalu Periksa Distilled Water Baterai

Bagian baterai juga tidak boleh luput dari perawatan. Periksa bagian distilled water atau cairan baterai dan lihat apakah cairannya sudah habis atau belum, biasa diganti setiap 2 tahun. Ini berkaitan dengan performa penghidupan mesin genset.

  1. Cek dan Ganti Oli secara Berkala

Bagian oli sendiri juga sangat sentral, terutama untuk mesin. Tips merawat genset di bagian oli adalah selalu cek secara berkala, tidak ada waktu pasti karena ini tergantung mesin genset itu sendiri.

  1. Panaskan Genset Secara Rutin

Agar performa genset bisa maksimal dan ketika digunakan nanti tidak ada kendala, maka Anda harus panaskan genset secara rutin. Sebisa mungkin panaskan setiap 7-14 hari sekali agar tetap optimal.

Genset memiliki peran besar untuk membantu aktivitas, itu juga sebabnya harus dirawat. Karena jika ada sedikit kerusakan saja bisa mengakibatkan bagian lain rusak. Untuk mencegahnya, Anda harus tahu tips merawat genset agar tidak bakal rusak lagi.

Jika Anda sedang mencari genset terbaik, percayakan pada PT Interjaya Surya Megah. Sebagai agen tunggal Genset MWM dan distributor Genset Perkins dan Genset Cummins, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dari disini. Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan genset Anda.