4 Cara Memilih Genset Silent yang Baik

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Memilih genset silent memang tidak mudah. Saat ini banyak merek bermunculan dengan penawaran menarik. Mulai dari bahan bakar awet, mesin terbaik, teknologi canggih, dan harga kompetitif. Sebenarnya, dalam menentukan produk mana yang harus dibeli itu mudah, kembali ke kebutuhan tentang generator set tersebut

Pada dasarnya, semua genset silent mempunyai keunggulan yang tidak jauh berbeda. Tahan terhadap segala jenis cuaca, baik hujan maupun panas. Tidak menghasilkan suara keras dan membuat telinga sakit, karena tempatnya terbuat dari bahan baja dengan ketebalan 2-3 mm. Dari segi perawatan pun mudah.

Karena, keunggulan inilah harga yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda. Berada di kisaran harga Rp1.000.000,- sampai Rp4.000.000,-. Perbedaan mencolok dari harga ini adalah lebar generator, kapasitas tangki, keluaran tegangan listrik yang dihasilkan. Kecepatan dalam menstabilkan tegangan serta keperluan rumah tangga atau home industri.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saran paling penting dari kami dalam memilih genset silent adalah lihat kebutuhan listrik Anda. Cobalah jumlah berapa total watt yang dibutuhkan dalam satu hari. Sebagai contoh, alat ini diperlukan untuk mengaliri listrik televisi, komputer, mesin cuci, setrika, kulkas, dan perangkat elektronik lain.

Dari ilustrasi ini, total kebutuhan 500 watt. Kami sarankan untuk membeli genset dengan kapasitas minimal 30% lebih besar dari total daya yang dibutuhkan. Kurang lebih 650 sampai 1000 watt. Angka 30% ini diambil sebagai poin aman penggunaan, fungsinya menjaga generator agar lebih awet

Hal ini menghindari kesalahan hitung yang dilakukan atau kebutuhan mendadak. Seperti, penambahan barang elektronik, menyebabkan terjadinya peningkatan daya listrik. Karena, saat Anda salah menghitung, genset akan bekerja melebihi batas. Jika dibiarkan terus menerus akibatnya, beberapa komponen rusak hingga meledak.

Setelah tahu berapa kebutuhan, memilih genset silent selanjutnya adalah lihat merek dan rekam jejaknya. Bagaimana produk yang dihasilkan, perbandingan harga satu dengan lainnya serta fasilitas. Usahakan untuk mencari informasi sedalam-dalamnya, agar tidak kecewa setelah membeli, karena tidak sesuai harapan.

Perlu diperhatikan, genset bagus belum tentu mahal. Tetapi, memiliki fasilitas sesuai dengan apa yang diinginkan. Karena, setiap produk pasti punya kelemahan dan kekurangan masing-masing. Soal awet dan tidaknya, kembali lagi ke perawatan yang Anda lakukan setiap hari.

Pilih Bahan Bakar yang Mudah Didapatkan

Dalam menggali informasi sebelum membeli, usahakan pula untuk melihat berapa kapasitas tangki. Disarankan untuk memilih kapasitas paling kecil saja. Hal ini berpengaruh pada perilaku perawatan sehari-hari. Karena, memeriksa bahan bakar sangat penting dan harus dilakukan setiap hari.

Dengan tangki kecil, dari sisi psikologis Anda akan memeriksanya setiap hari. Berbanding terbalik dengan tangki besar. Di mana pemeriksaan minimal 2 hari sekali. Usahakan memilih bahan bakar dengan mudah untuk didapatkan. Sebagai contoh, genset bahan solar atau premium, jangan minyak tanah.

Memilih genset silent dengan memperhatikan tangki dan jenis bahan bakarnya ini sangat penting. Terutama, bagi Anda yang menggunakannya untuk industri. Bisa menekan pengeluaran karena, Anda dituntut untuk hemat. Sehingga, penggunaannya tidak akan rutin inilah faktor penentu, mesin generator awet dan minim kendala.

Lihat Cara Pengoperasiannya

Perlu diakui bahwa, semakin hari teknologi sudah berkembang pesat. Semakin canggih sehingga, pengoperasian genset juga ikut berubah. Usahakan membeli produk yang Anda kuasai saja. Jangan membeli produk susah dipahami hingga Anda tidak bisa menjalankannya.

Hal ini akan merugikan untuk Anda sendiri. Karena, ada fasilitas garansi yang diberikan untuk setiap produk. Bila Anda mengoperasikan sesuai dengan buku petunjuk. Klaim garansi jika terjadi kerusakan masih bisa digunakan. Sebaliknya, bila Anda asal menggunakannya klaim tersebut akan hangus.

Sparepart yang Tidak Sulit Dicari

Memilih genset silent selanjutnya, bisa Anda lihat dari kebutuhan sparepart yang digunakan. Walaupun, Anda sudah merawatnya sesuai dengan ketentuan prosedur. Namun, usia sebuah komponen juga berpengaruh awet atau tidaknya sebuah genset. Pada saat Anda mencari sparepart inilah faktor penentunya.

Jika mudah, tidak ada salahnya untuk dibeli. Jika, sulit kami sarankan untuk berpikir dua kali. Karena, sebagus apa pun merek genset, bila sparepart sulit pada akhirnya, hanya akan jadi besi tua. Karena, harga mahal sudah pasti akan dipatok oleh pihak bengkel. Jika Anda belum mampu membelinya, otomatis alat tidak akan digunakan.

Kalau tetap Anda paksakan, membuat bagian lain ikut terkena imbas dan rusak. Apalagi, salah satu perawatan generator ini adalah rutin untuk dipanaskan walaupun tidak digunakan. Waktu tunggu inilah yang membuat generator Anda lambat laun akan mengalami kerusakan parah. Hingga, solusi terbaik adalah beli baru.

Genset silent begitu digemari untuk saat ini. Walau harganya cukup tinggi, tetapi dengan penawaran dan keunggulannya dirasa cukup sebanding. Namun, Anda harus melihat berapa kebutuhan yang diperlukan. Memilih genset silent memang tidak mudah, tetapi juga tidak terlalu rumit.

PT Interjaya Suryamegah merupakan distributor genset silent di Surabaya, Jakarta, dan berbagai tempat lainnya. Kami menjual genset dengan berbagai macam kapasitas dan jenis. Serahkan kebutuhan genset silent anda bersama kami.