Fungsi AVR di Genset

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

AVR merupakan singkatan dari Automatic Voltage Regulator. Komponen terpenting yang mempengaruhi kinerja dan usia genset. Arus listrik terutama untuk kebutuhan rumah tangga memang sering berubah-ubah. Hal ini akan menjadi beban tersendiri bagi kinerja genset dan peralatan rumah tangga yang mengakibat kerusakan parah.

Sistem Kerja AVR

Untuk mengetahui lebih jelasnya fungsi AVR di genset. Kami akan coba jelaskan, mengenai sistem kerjanya. Secara umum, ada 3 langkah penting agar Automatic Voltage Regulator dapat bekerja maksimal. Langkah pertama, adalah saat mesin dihidupkan, gulungan utama generator mulai bekerja dan tegangan mulai didapatkan.

Komponen ini mempunyai bagian sensor, berfungsi untuk membaca berapa besar tegangan yang dihasilkan. Langkah, terakhir Automatic Voltage Regulator akan mengirim sinyal ke exciter. Saat output tinggi, maka sinyal yang diberikan adalah menurunkan tegangan tersebut. Begitu pula sebaliknya, sehingga tetap stabil.

Kinerja komponen akan sangat berat bila arus yang dihasilkan sangat rendah. Karena, harus segera mungkin menjadikannya normal. Daya listrik rendah, membuat putaran mesinnya melebihi batas normal. Hal ini disebabkan, kelebihan tenaga sehingga, bahan bakar akan terkuras dengan cepat agar kelebihan ini bisa berkurang.

Penyebab Terjadinya Kerusakan

Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu, kerusakan Automatic Voltage Regulator. Diantaranya adalah daya listrik yang terus berada ditekanan rendah. Hal ini akan memicu percepatan mesin berjalan diatas normal, yaitu 1500 rpm. Begitu pula saat terjadi kelebihan beban, putaran mesin menurun.

Sehingga, untuk mengembalikan ke posisi normal akan sangat sulit. Karena sudah mencapai batas kemampuan. Hal ini yang mengakibatkan komponen juga bekerja ekstra, sehingga kerusakan tidak bisa dihindarkan. Fungsi AVR di genset adalah menstabilkan, tetapi saat terjadi daya lonjakan besar, proses stabil tersebut perlu waktu.

Waktu yang diberikan pun tidak banyak. Sehingga, kerjanya melebihi batas kemampuan. Faktor selanjutnya adalah terjadinya arus hubungan pendek. Efek buruknya, kerusakan akan terjadi di keduanya. Oleh karena itu, pastikan instalasi listrik Anda mempunyai ketahanan isolasi yang bagus, agar terhindar dari korsleting.

Sebelum Anda menggunakan generator, tidak ada salahnya membaca beberapa petunjuk teknis. Disini akan diberitahukan, masa pakai yang disarankan. Tidak ada salahnya untuk mematikannya selama 1 hari penuh. Semakin Anda paksa untuk bekerja keras, usianya menjadi pendek. Bagi para pengusaha, hal ini harus dihindari.

Cara Mengetahui Kerusakan AVR

Kerusakan pada Automatic Voltage Regulator sebenarnya cukup mudah untuk dikenali. Seperti, genset yang tidak mengeluarkan tegangan. Hanya saja, untuk masalah ini diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena, tidak hanya disebabkan oleh AVR saja, masih ada kapasitor atau gulungan dinamo.

Untuk mengetahuinya langsung, Anda bisa membongkar generator dan lihat apakah ada bagian yang meleleh atau tidak. Atau mungkin terbakar dan pecah. Bila itu terjadi, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Ada lagi dengan menggunakan multitester. Caranya pun sangat mudah.

atur alat ini ke hambatan, kemudian periksa semua bagian jalurnya. Bila ada jalur tidak terhubung. Bisa dipastikan komponen ini rusak. Untuk harganya sendiri bervariasi. Mulai dari Rp300.000,- hingga Rp2.000.000,- lebih. Oleh karena itu, lebih baik merawat dengan baik dari pada harus membeli.

Tips Memilih AVR yang Baik

Fungsi AVR di genset adalah menjaga keseimbangan, oleh karena itu saran dari kami sebelum membelinya ketahui terlebih dahulu berapa naik dan turunnya tegangan generator. Karena, setiap komponen mempunyai input range tolerance berbeda-beda. Pastikan hitung dengan benar dan detail, agar kinerjanya optimal.

Pilihlah komponen dengan kapasitas lebih besar dari daya yang dibebankan. Rumus perhitungannya demikian, Daya listrik dibagi daya maksimal AVR dikali 20%. Proses pengalian ini merupakan faktor keamanan yang harus Anda perhatikan sejak awal. Sehingga, perhatikan dengan benar informasi mengenai komponen yang akan di beli.

Automatic Voltage Regulator adalah bagian terpenting dalam genset yang harus Anda perhatikan benar. Perawatannya tidaklah sulit, bisa disesuaikan dengan pemeliharaan dari generator sendiri. Fungsi AVR di genset memang sangat penting, oleh karena itu usahakan menjaganya dengan baik agar awet dan bertahan lama.

PT Interjaya Suryamegah merupakan distributor genset surabaya, Jakarta dan berbagai kota lainnya. Serahkan kebutuhan genset anda bersama kami.