Genset Rumah

Cara Instalasi Genset untuk Rumah untuk Pemula

Genset adalah alternatif terbaik untuk kebutuhan listrik rumah Anda selain PLN. Cara instalasi genset untuk rumah ini sendiri tidaklah sulit. Yang penting Anda memahami caranya dengan baik karena logikanya Anda hanya perlu memindahkan sumber daya listrik dari meteran ke genset.

Tak bisa disangkal, memasang genset pada instalasi listrik rumahan ini harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Soalnya ada resiko besar yang mungkin mengintai jika Anda melakukan kesalahan dalam instalasinya. Sudah tentu Anda harus memahami rangkaian listrik dengan baik untuk menghindari hal ini.

Namun Anda tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara instalasi genset untuk rumah Anda. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang akan kami paparkan di bawah ini secara sistematis sebelum melakukan prosedur pemasangannya.

1. Siapkan Perangkat dan Peralatan yang Diperlukan

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat hendak memasang genset di rumah adalah menyiapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan. Dengan melakukan persiapan sejak awal, Anda bisa melakukan instalasi dengan mudah dan well prepared. Ini akan menghindarkan Anda dari berbagai kendala.

Adapun alat-alat atau perangkat yang harus Anda siapkan adalah :

  1. Terminal kabel
  2. Relay Omron
  3. Kabel NGA
  4. Socket Relay
  5. Boz sikring
  6. Sikring otomatis
  7. Papan kayu secukupnya (untuk alas)
  8. Peralatan elektrikal seperti tang, obeng, testpen, dll.

Setelah perangkat tersebut siap, Anda bisa maju ke tahap selanjutnya.

2. Berikan Kode Khusus Pada Setiap Terminal

Cara instalasi genset untuk rumah selanjutnya adalah dengan memberikan kode khusus atau nama pada setiap terminal yang Anda temui. Gunakan saja nama-nama yang mudah Anda ingat, hal ini akan mempermudah Anda dalam proses instalasi.

Memberikan kode unik pada masing-masing terminal akan membuat Anda jauh lebih mudah dalam melakukan sistem jaringan kabel. Jadi secara tidak langsung, hal ini akan menghindarkan Anda dari kesalahan instalasi pada saat pemasangan genset ini dilakukan.

Perlu dipahami, Anda akan membutuhkan dua buah relay dalam kondisi ini. Relay kedua yang Anda gunakan ini akan berfungsi untuk memutus arus listrik yang datang dari aki pada saat genset kembali menyala. Pada sisi lain Relay kedua atau R2 ini akan membantu kinerja switch S1 atau Relay 1 menjadi lebih maksimal.

3. Pastikan Rangkaian Terpasang Dengan Benar

Cara instalasi genset untuk rumah selanjutnya adalah memastikan kalau instalasi yang Anda buat terpasang dengan benar. Kalau Anda melakukan kesalahan sudah pasti listriknya tidak akan menyala. Wajib dipahami, relay omron yang kita siapkan sebelumnya memiliki fungsi untuk memindahkan sumber daya listrik dari meteran PLN ke genset saat listrik mati.

Namun relay ini juga secara otomatis akan memindahkan daya dari genset ke meteran PLN saat listrik kembali menyala. Jadi Anda tidak perlu khawatir lupa mematikan genset saat listrik kembali menyala karena genset itu sendiri akan mati secara otomatis saat Anda tidak menggunakannya.

Dalam melakukan rangkaian otomatis, Anda membutuhkan beberapa perangkat seperti misalnya boz sikring, sikring otomatis, papan kayu, dan terminal kabel seperti yang sudah kita siapkan pada poin nomor satu. Tempatkan seluruh perangkat dengan akurat sesuai fungsinya masing-masing.

Logikanya, arus positif dan negatif dari meteran harus Anda sambungkan dengan relay, kemudian menuju ke sikring otomatis dan terakhir menuju ke genset. Untuk kabel arde Anda bisa membiarkannya. Kemudian kabel dari genset Anda arahkan pada kabel rumah yang menuju langsung ke berbagai terminal perangkat dan perabotan.

4. Pikirkan Untuk Menggunakan Jasa Ahli

Untuk Anda yang masih ragu karena kurang memahami elektrikal, sangat direkomendasikan untuk menggunakan jasa ahli instalasi saja. Ini adalah cara instalasi genset untuk rumah terbaik yang bisa Anda pilih. Tujuannya tentu saja untuk menghindari berbagai resiko yang mungkin muncul.

Soalnya kalau Anda melakukan kesalahan dalam instalasinya, hal ini bisa membuat aliran listrik di rumah Anda menjadi korslet. Terlalu sering mengalami hal ini bisa membuat berbagai perabotan elektrik Anda menjadi rusak.

Selain beberapa langkah di atas, pastikan juga untuk memperhatikan aspek keamanan. Simpan genset di luar rumah, bila perlu agak beri jarak. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari berbagai resiko bahaya yang mungkin mengintai. Pastikan untuk melakukan cara instalasi genset untuk rumah ini dengan baik agar hasilnya efektif dan efisien.

Jika anda membutuhkan bantuan mengenai kebutuhan genset, silahkan hubungi kami.

admin

Recent Posts

Mengenal Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk Genset

Sertifikat Laik Operasi (SLO) adalah dokumen resmi yang menegaskan bahwa sebuah genset atau peralatan listrik…

1 week ago

Apa itu Injection Pump Genset Diesel?

Injection pump adalah salah satu komponen kunci dalam sistem bahan bakar mesin diesel pada genset.…

2 weeks ago

Penyebab Oli Genset Bocor dan Cara Mengatasinya

Kebocoran oli pada genset bisa menjadi masalah serius yang perlu segera diatasi untuk mencegah kerusakan…

3 weeks ago

Alasan Harus Menggunakan Spare Part Asli Genset

Saat Anda memiliki genset, menjaga kehandalan dan kinerjanya adalah hal yang sangat penting. Salah satu…

4 weeks ago

Apakah Bisa Stabilizer Bekerja dengan Generator?

Stabilizer merupakan alat yang digunakan untuk menjaga kestabilan tegangan listrik. Pertanyaannya, apakah stabilizer dapat digunakan…

1 month ago

Fungsi dan Cara Kerja Alternator pada Genset

Alternator, sebagai bagian vital dari generator set (genset), memiliki peranan yang sangat penting dalam proses…

2 months ago