Uncategorized

Cara Mengatasi Tegangan Genset yang Tidak Stabil

Genset kini sudah menjadi kebutuhan primer. Tidak hanya untuk sebuah perusahaan,  namun juga untuk kepemilikan pribadi atau rumah tangga. Dengan memiliki genset, aktivitas Anda akan berjalan normal jika terjadi pemadaman listrik dari pihak PLN. Terlebih, jika kebanyakan aktivitas Anda bergantung pada alat yang menggunakan listrik.

Meski demikian, genset juga kadang mengalami kerusakan atau masalah. Salah satunya yang kerap ditemui adalah tegangan genset tidak stabil. Pada artikel ini, akan dijelaskan penyebab dari tegangan genset tidak stabil dan juga solusinya. Simak terus!

Ada beberapa penyebab ketidakstabilan tegangan pada genset, di antaranya adalah kesalahan pada mesin dan yang kedua adalah masalah pada bagian generator pembangkit listriknya. Lalu apa sih tanda genset tidak stabil? Salah satu yang paling mudah Anda tandai adalah saat suara genset tidak seperti biasanya. Normalnya, putaran genset adalah 1500 rpm. Dikatakan tidak stabil ketika putaran mesinnya lebih atau kurang dari angka tersebut.

Jika hal tersebut terjadi, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut 4 (empat) hal di antaranya:

1. Pastikan bahan bakar genset sudah sesuai

Tak hanya itu, Anda juga harus segera memeriksa apakah bahan bakar mesin pada genset dalam keadaan bersih atau kotor. Selanjutnya, Anda bisa membersihkan saringan pada bahan bakar. Segera betulkan jika saluran bahan bakar ke mesin genset tersumbat atau terjepit.

2. Periksa bagian Governor genset

Jika governor tidak dalam keadaan baik, mesin genset pun tidak bisa bekerja dengan normal. Pastikan bagian governor, MPU dan actuator valve dalam keadaan baik. Sehingga bisa bekerja secara otomatis dan menjaga kestabilan genset.

3. Pastikan kabel masih dalam keadaan baik

Kabel adalah bagian penting dari genset. Jika genset tidak stabil, pastikan tidak ada yang terkelupas, bocor atau tidak dalam keadaan baik. Kabel yang rusak bisa menyebabkan terganggunya tegangan listrik.

4. Periksa dan ganti AVR genset

AVR atau Automatic Voltage Regulator adalah bagian penting pada genset. Fungsi utama dari AVR adalah menyeimbangkan voltase tegangan listrik dari genset. Jika genset Anda menunjukkan tanda tidak stabil, segera periksa bagian AVR.

Hubungi kami jika anda membutuhkan servis atau jasa perbaikan genset anda.

admin

Recent Posts

5 Penyebab Genset Overheat yang Wajib Diketahui

Penyebab Genset Overheat adalah panas dari pembakaran tidak berhasil dibuang dengan baik, sehingga suhunya meningkat…

2 days ago

Kenali Penyebab Listrik Mati dan Solusinya

Pernahkah Anda mengalami pemadaman listrik secara tiba-tiba dan bertanya-tanya apa penyebabnya? Pemadaman listrik dapat membuat…

2 days ago

Mengenal Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk Genset

Sertifikat Laik Operasi (SLO) adalah dokumen resmi yang menegaskan bahwa sebuah genset atau peralatan listrik…

4 weeks ago

Apa itu Injection Pump Genset Diesel?

Injection pump adalah salah satu komponen kunci dalam sistem bahan bakar mesin diesel pada genset.…

1 month ago

Penyebab Oli Genset Bocor dan Cara Mengatasinya

Kebocoran oli pada genset bisa menjadi masalah serius yang perlu segera diatasi untuk mencegah kerusakan…

1 month ago

Alasan Harus Menggunakan Spare Part Asli Genset

Saat Anda memiliki genset, menjaga kehandalan dan kinerjanya adalah hal yang sangat penting. Salah satu…

2 months ago