Tips Memilih Genset

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Kesal dengan listrik mati saat hujan atau pemadaman yang sering dilakukan PLN, maka anda sebaiknya menggunakan generator set atau lebih banyak dikenal dengan genset. Genset menghasilkan daya listrik dan terdiri dari engine dan generator. Dengan memiliki genset, maka bisnis anda ataupun kegiatan anda di rumah dapat berjalan dengan lancar walaupun listrik mati. Genset di Indonesia ada berbagai pilihan merek dan tipe. Berikut kami berikan 4 Tips yang dapat membantu anda beli genset.

4 Tips untuk beli genset:

1. Pilih Genset dengan daya listrik yang sesuai kebutuhan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan membeli genset adalah mengetahui berapa besar daya listrik yang akan digunakan. Sebaiknya tidak membeli genset yang memiliki daya listrik yang lebih rendah dari yang dibutuhkan.
Sebelum membeli genset, tentukan dulu peralatan apa saja yang akan digunakan saat menyalakan genset, misal lampu, kulkas, AC, dan lainnya. Kemudian hitung total daya listrik yang dibutuhkan.
Untuk bantuan cara menghitung kebutuhan daya listrik anda, dapat menghubungi PT Interjaya Suryamegah.

2. Pilih Genset dengan tipe yang sesuai lokasi peletakkan Genset

Ada 2 jenis Genset yaitu Silent dan Open.
Pilihlah Genset Silent jika genset akan ditempatkan di ruangan terbuka, seperti di depan kantor atau di taman belakang rumah. Genset Silent dilengkapi dengan peredam suara sehingga menurunkan tingkat kebisingan mesin sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.
Genset Silent banyak digunakan bank, ruko, kantor, rumah sakit, restaurant/cafe, dan lainnya.

Pilihlah Genset Open jika memiliki ruang genset yang dilengkapi dengan peredam.
Harga Genset Open lebih murah dari Genset Silent dan perawatannya relatif lebih mudah.

3. Pilih Genset yang berkualitas tinggi

Memilih genset tidak bisa hanya sekadar berpatokan dengan harga. Genset berkualitas akan menentukan umur genset.
Dengan adanya berbagai penjual genset khususnya di Jakarta dan Surabaya, akan lebih aman membeli genset dari perusahaan yang ditunjuk sebagai distributor oleh pabrik. Support dari pabrik akan menjamin kualitas performa genset.

Selain itu, beli genset dengan mesin diesel yang diproduksi oleh pabrik otomotif lebih direkomendasikan karena kehandalan dan kekuatannya. Genset MAN dari Germany terkenal akan kualitasnya. Pabrik MAN juga memproduksi truk dan bus yang sering ditemui di jalanan di Eropa. Demikian juga Genset MWM diproduksi oleh pabrik MWM yang juga membuat mesin untuk truk dan kendaraan yang sering ditemui di jalanan di Amerika Selatan.

4. Pilih Genset yang memiliki Garansi dan ketersediaan Sparepart

Pastikan juga membeli genset di tempat yang memiliki garansi dan ketersediaan sparepart atau suku cadang orisinal, sehingga saat genset rusak, anda tidak perlu bingung mencari sparepart genset tersebut.