Tips Memilih Genset untuk Pabrik

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Tips memilih genset untuk pabrik adalah satu hal penting yang harus dilakukan. Peran generator listrik sebagai penyedia listrik cadangan tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi tidak selamanya kebutuhan akan listrik PLN bisa dipenuhi secara terus menerus. Terkadang juga ada saatnya lampu padam.

Namun dengan hadirnya sebuah generator set tersebut, masalah seperti pemadaman listrik secara mendadak bisa segera diatasi. Memiliki sebuah rencana cadangan untuk produksi pabrik memang sangat perlu dilakukan. Apalagi jika tidak mau produksi dalam pabrik harus berhenti total karena tidak ada pasokan listrik.

Namun, bagaimana memilih generator yang sesuai untuk pabrik tersebut? Apakah ada penyesuaian dengan ukuran pabrik dan kebutuhannya? Jawabannya adalah ada. Ketika memilih sebuah generator, maka juga tidak boleh sembarangan memilihnya. Perlu ada beberapa langkah yang harus dilakukan demi mendapatkan genset yang cocok dengan pabrik.

Jika salah memilih, bisa saja genset tersebut pada akhirnya tidak berfungsi. Setidaknya tidak mampu memberikan listrik cadangan kepada seluruh aktifitas produksi pabrik. Mungkin hanya mampu untuk menyalakan beberapa lampu saja. Lalu bagaimana caranya agar bisa memilih genset yang sesuai dengan pabrik tersebut?

Sesuaikan dengan Suatu Kebutuhan Pabrik

Tips memilih genset untuk pabrik yang pertama adalah menyesuaikan dengan kebutuhan di seluruh tempat. Biasanya setiap peralatan produksi membutuhkan daya listrik cukup besar. Bukan hanya itu saja, tidak hanya satu atau dua peralatan saja yang perlu dilihat. Perhatikan semua alat yang membutuhkan listrik.

Ketika Anda sudah bisa menganalisa kebutuhan listrik untuk setiap peralatan, maka nanti bisa terlihat berapa kebutuhan total. Jangan sampai melakukan kesalahan penghitungan karena nanti akan berdampak pada kinerja genset. Jika kapasitas genset lebih rendah dari keseluruhan kebutuhan, maka hal tersebut juga tidak akan maksimal.

Ketika sudah diketahui berapa kebutuhan secara total, baru nanti Anda bisa menyiapkan tipe kapasitas genset yang akan dipakai. Misalnya jika kebutuhan listrik mencapai 1000 watt, maka pilih generator dengan kapasitas 10% lebih tinggi. Pilih generator yang mampu menyediakan kapasitas daya hingga 1100 watt.

Memberikan lebih pada kapasitas bertujuan untuk menjaga ketika ada kebutuhan mendadak. Apalagi jika antara kapasitas listrik cadangan dan kebutuhan listrik disamakan, bisa saja aliran tidak stabil. Ketika ada peralatan yang secara mendadak membutuhkan daya listrik lebih besar, maka peralatan lain akan berhenti.

Pertimbangkan Adanya Suatu Ketersediaan Sparepart

Tips memilih genset untuk pabrik selanjutnya adalah mempertimbangkan apakah sparepart bisa dicari dengan mudah atau tidak. Biasanya tidak semua jenis merek genset bisa dengan mudah dijumpai sparepartnya karena mahal. Apalagi untuk genset pabrik, biasanya membutuhkan generator dengan kapasitas cukup besar karena ukuranya juga besar.

Secara umum, biasanya generator yang dipakai untuk bangunan besar memiliki ukuran jauh lebih besar dari jenis generator biasa.

Mempertimbangkan ketersediaan suku cadang juga penting ketika ada perbaikan generator. Jangan sampai suku cadang hanya bisa didapatkan dari luar negeri. Selain karena datangnya lama, namun juga harganya cukup mahal. Pilih generator yang suku cadangnya mudah dicari, setidaknya di dalam negeri untuk memangkas biaya.

Ini juga merupakan tips memilih genset untuk pabrik supaya tidak ada beban biaya terlalu tinggi. Perawatan generator memang cukup mahal, apalagi ketika ada komponen yang harus diganti karena rusak. Belum lagi beban biaya lain yang harus dibayar seperti membayar mekanik mesin ketika melakukan perbaikan.

Tim Mekanik Handaldan Generator yang Baik

Memiliki generator yang baik jika tidak diimbangi dengan mekanik handal tentu akan sia-sia. Sebagus apapun generator ketika sudah memiliki usia lama pasti membutuhkan perbaikan. Biasanya perbaikan seperti ini harus dilakukan oleh mekanik yang sudah profesional. Setidaknya memahami bagian setiap fungsi komponen dari generator.

Misalnya, ketika ada kebocoran pada pipa maka mekanik bisa segera mengetahuinya hanya dari perbedaan suara dan getaran. Pengalaman lama telah membuatnya lebih paham bagaimana masalah pada genset. Selain itu, seorang mekanik handal juga mengerti bagaimana melakukan perawatan dengan baik.

Tidak semua orang mampu memahami fungsi komponen pada generator. Apalagi untuk generator pabrik yang memiliki ukuran lebih besar dengan berbagai jenis komponen. Memperkerjakan mekanik handal juga bertujuan menjaga setiap komponen supaya tetap berfungsi. Karena itu, tips memilih genset untuk pabrik juga harus dilengkapi dengan mekaniknya.

Demi menjaga supaya generator bisa berfungsi ketika dibutuhkan serta memiliki masa pakai lebih lama. Memiliki mekanik profesional juga bertujuan untuk menghemat biaya produksi. Ketika generator sering mengalami kerusakan, maka tentu saja biaya perbaikan menjadi lebih mahal. Inilah pentingnya memiliki mekanik profesional dan handal.

Dengan memiliki genset yang tepat, maka kebutuhan juga bisa disesuaikan. Memilih genset sesuai kebutuhan listrik pabrik, hingga memiliki tim mekanik handal adalah cara paling tepat. Dengan begitu tips memilih genset untuk pabrik bisa dilakukan dengan cukup mudah.