Tips Memilih Genset untuk Kantor

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Aktivitas operasional yang begitu padat membuat Anda pemilik usaha wajib tahu tips memilih genset untuk kantor dengan kapasitas sesuai. Genset atau generator set ini merupakan seperangkat pembangkit yang bisa menghasilkan energi dalam jumlah besar. Bahkan bisa menggantikan peran listrik PLN yang notabene memiliki kapasitas terbatas.

Generator set ini memang sudah lama dikenal sebagai pemasok energi listrik efektif. Tidak hanya sebagai alternatif atau cadangan melainkan sumber utama. Tentu ini sangat berkaitan dengan kebutuhan masing-masing orang yang berbeda-beda. Namun, karena listrik konvensional terbatas maka banyak orang mulai beralih ke sumber energi ini.

Kebutuhan antara perkantoran, industri, hingga rumah tangga dalam hal energi sangatlah berbeda-beda. Tidak bisa disamakan karena memang peralatan elektronik yang digunakan jumlah dan dayanya berbeda. Sehingga generator set memiliki banyak sekali jenis berdasarkan kapasitas dan bahan bakar yang digunakan. Dan ini memudahkan Anda sebagai konsumen ketika memilih. Meski banyak sekali jenisnya namun, bukan berarti tips memilih genset untuk kantor diabaikan.

Memilihnya tidak boleh sembarangan karena jika salah akan berakibat kerugian besar. Mengingat harga seperangkat pembangkit ini cenderung mahal. Belum lagi perawatannya yang juga mesti diperhatikan agar awet hingga bertahun-tahun.

Menentukan Tujuan Memiliki Genset Perkantoran

Setidaknya ada beberapa tips memilih genset untuk kantor yang bisa Anda terapkan. Ini penting karena memilihnya juga tidak bisa sembarangan terlebih harganya yang mahal. Sehingga bayang-bayang kerugian besar juga mengintai seiring kecenderungan Anda memilih sembarangan. Dan menentukan tujuan memiliki merupakan langkah awal untuk aman ketika memilih.

Tujuan ini memang sering diabaikan oleh banyak orang termasuk pelaku bisnis karena menganggap semua generator set sama. Padahal nyatanya masing-masing memiliki kapasitas daya hingga penggunaan bahan bakar yang berbeda. Termasuk harga yang harus Anda bayar juga dipengaruhi oleh jenis generator set ini.

Jika Anda ingin memiliki generator set hanya sebagai antisipasi pemadaman litsrik maka sebaiknya pilih alat kapasitasnya tidak tinggi. Namun, berbeda cerita jika genset tersebut digunakan sebagai sumber utama. Maka sebaiknya pilih yang berkapasitas daya tinggi agar kebutuhan energi setiap harinya bisa terpasok dengan aman.

Setidaknya ada tiga kapasitas salah satunya adalah stanby power untuk cadangan saat mati lampu. Primary power adalah genset yang digunakan sebagai sumber utama sehingga semua pasokan full berasal dari perangkat ini. Sementara untuk kontinu power kapasitasnya bisa turun hingga 80% dari primernya. Sehingga standarnya bisa dikatakan di bawah primary power.

Tentukan Jumlah Peralatan Elektronik yang Digunakan

Tips memilih genset untuk kantor ternyata juga dipengaruhi oleh jumlah peralatan elektronik. Ketika peralatan elektronik yang digunakan banyak maka kebutuhan dayanya juga tinggi. Sehingga kapasitas daya generator set yang dibutuhkan lumayan besar. Keterkaitan ini penting untuk diperhatikan agar Anda tidak salah pilih.

Begitu juga sebaliknya, ketika peralatan elektronik yang digunakan sedikit maka kapasitas daya generator set juga sedikit. Sehingga Anda jauh lebih hemat dalam hal penggunaan pembangkit ini karena bahan bakar juga cenderung dibatasi. Ini berlaku jika penggunaan generator set hanya sebagai alternatif ketika listrik sedang padam.

Biasanya penggunaan alternatif ini berlaku untuk kebutuhan rumah tangga. Karena lagi-lagi kebutuhan rumah tangga tidak membutuhkan banyak daya sekedar untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Berbeda halnya dengan keperluan bisnis yang memang mengharuskan semua peralatan hidup setiap harinya untuk produksi. Ketika padam maka berpengaruh besar terhadap jumlah produksi.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memperhatikan berapa jumlah peralatan elektronik yang berjalan. Terlebih bagi Anda pemilik perusahaan besar. Tips memilih genset yang digunakan untuk kantor ini terlebih menghitung peralatan sangat efektif untuk mengetahui seberapa besar daya yang dibutuhkan. Termasuk agar pengeluaran bisa ditekan agar tidak terlalu besar.

Masing-masing perkantoran pada dasarnya memiliki perbedaan terhadap jumlah kapasitas daya yang dibutuhkan. Maka dari itu, jenis genset yang digunakan juga tidak sama. Setidaknya ada beberapa merek genset cocok untuk kantor yang bisa Anda pilih. Meski demikian, tetap perhatikan tips memilih genset untuk kantor agar tidak salah pilih.