Sumber Energi Listrik Serta Penjelasan Manfaat dan Contohnya

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Sumber energi listrik apa saja yang sudah Anda tahu? Pembangkit listrik Nasional (PLN) tidak hanya menggunakan satu sumber listrik, karena jika seperti itu, tidak akan cukup memenuhi kebutuhan listrik semua orang. Jadi, apa sumber listrik yang bisa mereka manfaatkan?

Melihat fakta kalau kebutuhan akan listrik yang besar, ini juga yang membuat tidak bisa hanya bergantung ke satu sumber. Sumber daya lain juga harus dimanfaatkan untuk memberikan pasokan arus listrik yang cukup untuk menunjang kegiatan yang dilakukan manusia itu.

Beberapa sumber yang umum digunakan adalah seperti batubara, nuklir, gelombang, angin, matahari, minyak, dan masih banyak lagi. Semua sumber daya ini dibutuhkan untuk hasilkan arus listrik hingga puluhan juta joule, yang mana ini adalah total kebutuhan sehari-hari.

Belum lagi energi listrik yang dibutuhkan untuk kebutuhan industri. Mereka bahkan telah memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar mereka untuk mendapatkan tenaga listrik. Termasuk dari energi kinetik, manual, atau dorongan kuat agar menghasilkan arus listrik.

6 Macam Sumber Energi Listrik dan Contohnya

Dari banyaknya sumber listrik yang ada, tidak selamanya mampu menghasilkan arus yang besar. Terkadang hanya cukup untuk satu rumah, tetapi ada juga yang mampu hasilkan listrik untuk masyarakat luas. Sehingga sumber energi yang berbeda ini jadi variasi pilihan.

Tetapi jika kita tidak memiliki infrastruktur penunjang energi listrik yang baik, maka sama saja akan membuat aktivitas terganggu, seperti terjadinya pemadaman untuk mengisi kembali jumlah pasokan energi yang dibutuhkan. Sumber listrik seperti ini yang menyelamatkan:

  1. Minyak

Minyak, kata lain dari energi diesel atau solar, merupakan salah satu sumber daya yang Indonesia miliki. Sumber energi listrik banyak yang menggunakan diesel karena tidak membutuhkan perlengkapan yang ribet. Contoh dari alat ini adalah genset.

  1. Angin

Apakah Anda sadar kalau angin juga bisa menjadi salah satu pembangkit listrik? Jika kita melihat cuaca di kondisi mendung, maka angin akan terasa kencang. Itu juga yang dimanfaatkan untuk menggerakkan pembangkit listrik seperti kincir angin listrik.

  1. Matahari

Sinar matahari yang menyilaukan dan mudah ditemui adalah salah satu sumber energi yang bisa dimanfaatkan juga. Matahari memiliki sifat mudah diserap, sehingga dengan alat seperti panel surya, arus listrik dapat disalurkan ke tiang jalanan atau rumah.

  1. Gelombang

Gelombang air laut memiliki dorongan yang kuat untuk menghasilkan energi. Semakin besar kekuatan ombak, semakin besar juga energi yang bisa dihasilkan. Dari dorongan ini juga yang akan menjadi reaktor listrik, seperti yang dilihat di pinggir pantai.

  1. Nuklir

Jika ingin tahu energi yang reaksinya paling besar, maka nuklir adalah jawabannya. Nuklir memiliki sifat penghantar radiasi pemicu listrik. Radiasi itu juga akan berbahaya untuk manusia, seperti Chernobyl di Ukraina yang termasuk daerah rawan.

  1. Batu Bara

Dari semua sumber energi listrik yang ada, batubara tampak menjadi satu yang paling sering digunakan. Batubara masih dianggap paling pas untuk membangkit listrik karena mudah, dan hanya butuh untuk dibakar, hingga energi tersalurkan.

Di sisi lain, batu bara memiliki bahayanya juga ke lingkungan. Asap yang ditimbulkan oleh batu bara dapat menjadi penyebab kerusakan ozon serta pernafasan orang di sekitar tempat pembakaran. Jadi, kini mulai disadari dan mulai berpindah ke lain.

Energi listrik selalu menjadi apa yang manusia butuhkan. Dengan cakupan yang besar, maka kebutuhan akan listrik juga menjadi lebih mudah terpenuhi. Maka dari itu, sumber energi listrik tidak bisa hanya bergantung ke satu sumber, variasi yang memenuhi kebutuhan.

Sebagai distributor electric motor PT Interjaya Surya Megah menjual electric motor dengan berbagai jenis dan merek seperti EMMELEKTRIM dan ADK Electric Motors. Harga electric motors kami sangat terjangkau dan setiap produk kami adalah produk orisinil dengan garansi resmi. Silahkan menghubungi kami untuk melakukan pemesanan.