Membeli Genset di Surabaya

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Sebagai distributor genset Surabaya, kami sering melihat pemadaman listrik dapat menyebabkan beberapa jenis usaha harus langsung berhenti beroperasi. Karena usaha tersebut murni membutuhkan listrik. Di Surabaya sendiri, ada banyak sekali jenis usaha yang berketergantungan dengan listrik. Beberapa di antaranya adalah:

  • Warnet
  • Cuci mobil/motor
  • Restoran dan bengkel yang membutuhkan komputer kasir tetap menyala
  • Dan berbagai jenis usaha lainnya

Apakah usaha anda tidak membutuhkan genset?

Tujuan Penggunaan Genset pada Usaha-Usaha di Daerah Surabaya

Sebagai sebuah daerah yang sudah sangat berkembang, Surabaya pun menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Puluhan ribu usaha ada di kota ini. Namun begitu, kebutuhan listrik tidak bisa selalu disediakan oleh PLN. Bisa jadi ada hal-hal di mana anda butuh listrik namun PLN tidak menyediakan karena alasan seperti:

  • Terjadi pemadaman listrik
  • Adanya sambaran petir pada instalasi listrik PLN
  • Penggunaan listrik untuk keperluan panggung
  • Penggunaan listrik untuk keperluan acara di tengah lapangan
  • Dan lain-lain

Untuk itu, genset diperlukan bukan hanya sebagai penghasil listrik di kala mati lampu. Namun juga sebagai solusi pengadaan listrik di acara-acara tertentu.

Masalah-Masalah Ketika Hendak Membeli Genset

Karena sebagai alat jaga-jaga jika terjadi mati lampu, maka fungsi genset sangatlah penting. Namun tentunya anda tidak bisa sembarangan ke toko genset Surabaya dan asal membeli. Sembarangan membeli justru dapat menyebabkan berbagai masalah.

Adapun masalah yang dapat muncul (dan sering dialami) antara lain adalah:

  1. Harga Genset
    Genset yang sama antara toko yang satu dengan toko lainnya bisa berbeda-beda. Dan perbedaan harganya bisa terlalu jauh.

    Oleh sebab itu, pastikan memilih toko yang mampu memberikan harga terbaik untuk jenis dan tipe genset yang sama.

  2. Status Genset
    Genset yang anda beli bisa merupakan barang baru dan harganya tentu sangat mahal. Namun mungkin saja genset tersebut merupakan barang bekas yang kemudian dipoles seperti baru. Atau bisa juga ternyata anda membeli barang refurbish ataupun rekondisi.

    Oleh sebab itu, disarankan untuk mencari tahu jenis genset seperti apa yang hendak anda cara. Sesuaikan juga dengan budget anda. Tidak ada salahnya membeli genset second selama toko mampu memberikan garansi yang cukup panjang. Jangan sampai ternyata budget tidak cukup karena memaksakan membeli genset baru yang harganya cukup tinggi.

Tips Merawat Genset Surabaya

Pada zaman sekarang kebutuhan Surabaya akan listrik sudah tidak diragukan lagi. Hampir setiap alat dapat dioperasikan menggunakan aliran listrik. Alat-alat yang menggunakan listrik tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk meingankan pekerjaan sehari-hari agar lebih mudah. Namun tidak jarang, terkadang listrik juga bisa mengalami gangguan atau mati.

Jika hal itu terjadi, pastilah kegiatan menjadi terganggu. Beberapa pekerjaan maupun aktivitas juga bisa tidak berjalan secara maksimal. Untuk itu dibutuhkan peran sebuah genset yang dapat menggantikan peran aliran listrik ketika terjadi gangguan. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan Genset Surabaya. Genset Surabaya merupakan salah satu genset yang juga dapat dimanfaatkan dalam menghidupkan alat-alat elektronik.

Genset Surabaya yang sangat berguna dan berdaya optimal ini pun harus dirawat dengan baik agar tetap bisa berjalan dengan baik dan maksimal. Genset perlu perawatan khusus agar tidak salah penanganan. Salah penanganan pada genset akan menyebabkan kurang optimalnya beberapa komponen yang tentu saja dapat mengganggu kinerja genset. Jika hal itu terjadi, genset bisa saja menjadi tidak dapat berjalan dengan baik saat digunakan dalam menggantikan peran listrik saat mati. Karena perawatan pada genset sangat penting, berikut kita rangkum beberapa cara merawat genset agar tetap bekerja secara optimal dan baik.

Memastikan Genset Dioperasikan Dengan Cara yang Benar

Sebelum menuju pada perawatan yang lebih khusus atau terperinci, lebih baik kita mulai dengan yang paling sederhana yaitu pada penguasaan genset itu sendiri. Penguasaan ini adalah tentang pemahaman cara pengoprasian genset yang benar. Untuk itu, dalam mengoperasikan genset perlu dipahami tata cara yang benar dengan membaca buku tata cara operasional . Pemahaman operasional yang benar dapat membantu Anda dalam merawat dan me maintain kondisi genset. Selain untuk mengetahui kondisi genset, hal ini juga berguna saat terjadi kerusakan mesin yang dapat digaransikan. Jika terjadi kerusakan dikarenakan eror pada mesin, maka masih masuk dalam garansi genset Surabaya dan bukan kesalahan pengguna.

Segera Lakukan Tindakan Saat Terjadi Hal Janggal

Dalam merawat genset Surabaya, juga dibutuhkan kepekaan dari pengguna. Kepekaan ini meliputi segala kondisi yang mungkin dapat terjadi pada genset. Jika terjadi hal yang janggal atau diluar dari biasanya, maka segera lakukan tindakan. Tindakan yang paling sederhana adalah dengan menghentikan genser beroperasi atau mematikan genset. Beberapa hal janggal yang dapat terjadi ini juga bermacam-macam, mulai dari suara yang tidak seperti biasanya. Suara yang kadang terlalu keras atau berisik yang berbeda dari biasanya. Keanehan lain yang bisa terjadi adalah getaran-getaran yang terlalu keras atau terlalu berlebihan. Jika hal-hal ini terjadi, maka langkah utama yang paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan genset. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang makin parah. Jika perlu segera hubungi teknisi yang lebih paham akan hal tersebut.

Menyimpan Genset Pada Tempat yang Aman

Genset Surabaya merupakan alat yang perlu dirawat dengan baik, salah satu perawatan yang benar adalah dengan meletakkan genset di tempat yang aman. Meletakkan genset pada tempat yang salah juga bisa membuat genset menjadi terganggu kinerjanya. Untuk itu, dimanakah seharusnya meletakkan genset? Pastikan genset berada di tempat yang aman. Aman di sini berarti genset terhindar dari sinar matahari dan juga terhindar dari air. Letakkan di tempat yang jauh dari jangkauan matahari dan air. Paling pas meletakkan pada tempat yang sejuk.

Memastikan Genset Selalu Dalam Keadaan Bersih

Dalam merawat genset Surabaya, yang perlu diperhatiakan dan dimantain secara teratur adalah tentang kebersihan. Meski terlihat sepele, namun memaintain kebersihan genset ini bukanlah hal yang mudah. Diperlukan keteraturan dalam proses pembersihan. Pengguna harus membersihkan genset secara teratur. Pada bagian-bagian genset harus dibersihkan dari debu, kotoran dan minyak yang menempel. Bersihkan kotoran-kotoran tersebut secara rutin dan teratur. Menjaga bagian-bagian komponen dari kotoran tersebut dapat menghindarkan kerusakan dan gangguan pada bagian-bagian genset yang dapat berakibat fatal di kemudian hari. Jangan lupa, bersihkan dengan hati-hati.

Ganti Komponen Genset yang Rusak

Seiring berjalannya waktu, genset Surabaya juga bisa mengalami kerusakan pada beberapa bagian komponen. Setelah rutin melakukan pemantauan dan ditemukan ada bagian yang rusak, maka segera ganti komponen yang rusak tersebut dengan yang baru. Biasanya, kerusakan pada sebuah genset tidak berlangsung secara bersamaan. Genset biasanya akan rusak mulai dari bagian yang kecil. Untuk itu segera ganti bagian yang rusak sebelum kerusakan melebar semakin banyak dan parah. Anda juga bisa meminta bantuan pada teknisi yang lebih ahli dalam hal melihat komponen dan mengganti komponen yang rusak tersebut. Kerusakan pada salah satu bagian komponen dapat menyebabkan tergangguanya fungsi genset secara keseluruhan.

Pastikan Bahan Bakar dan Kondisi Distilled Water

Hal yang juga paling penting namun terlihat sepele dalam perawatan Genset Surabaya adalah pengecekan pada bagian bahan bakar. Pastikan bahan bakar selalu terisi penuh atau dalam keadaan cukup. Jika bahan bakar dalam kondisi kurang, maka hal ini bisa menyebabkan terganggunya kerja dari genset dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada genset.

Selain bahan bakar, cek juga pada bagian distilled water.  Pada bagian baterai distilled water, harus selalu terisi penuh. Baterai distilled yang terdapat pada bagian baterai ini harus diisi secara rutin dan tratur pada jangka waktu tertentu. Dengan pengisian yang optimal maka kerja genset juga akan selalu optimal.

Pastikan Oli Selalu Dalam Keadaan yang Layak dan Baik

Dalam merawat Genset Surabaya, pengguna harus rajin dalam memeriksa bagian oli di mesin. Oli memiliki peran yang penting dalam proses mesin genset. Hal ini tentu membutuhan pengecekan dan penggantian oli mesin secara berkala. Pastikan oli selalu cukup dengan kondisi yang baik. Segera ganti oli mesin apabila warna sudah hitam dan keruh.

Mesin oli yang sudah keruh berarti sudah tidak layak untuk digunakan kembali. Segera ganti oli agar keadaan tersebut tidak mempengaruhi jalannya mesin pada genset. Anda juga bisa meminta bantuan kepada teknisi yang berpengalaman dalam hal penggantian oli ini.

Satu hal lagi yang perlu dilakukan untuk merawat genset Surabaya adalah dengan rajin atau rutin memanaskan mesin genset meski tidak digunakan. Paling tidak, panaskan genset selama 15 menit sekitar 3 hari sekali.

Dengan memanaskan mesin, maka akan menjaga mesin tetap awet dan berdaya optimal saat digunakan. Meski tidak digunakan, perlu untuk memanaskan mesin genset. Jika dibiarkan tidak broperasi sama sekali, maka lama kelamaan mesin dapat mengalami kerusakan pada beberapa komponennya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam upaya merawat genset agar tetap awet dan terawat. Genset yang awet akan membuat segala aktivitas yang berhubungan dengan kelistrikan menjadi lancar, aman dan terkendali di saat listrik padam.

Namun sebaik apapun perawatannya, jika kualitas gensetnya sejak awal sudah jelek maka bukan tidak mungkin genset yang anda beli akan cepat rusak. Oleh sebab itu, kunci utamanya adalah selektif dalam membeli.

Tips Memilih Genset Berkualitas Baik

Walaupun anda sudah mengetahui bagaimana menggunakan, merawat, dan menyimpan genset dengan baik, namun sangat penting untuk sedari awal memilih genset yang tepat. Adapun tepat di sini artinya adalah:

  1. Genset tersebut berkualitas baik sehingga tahan lama dan selalu dapat berfungsi normal
  2. Genset mampu menghasilkan daya listrik sesuai dengan apa yang anda butuhkan
  3. Konsumsi bahan bakarnya irit
  4. Emisi (gas buang yang dihasilkan) tergolong rendah dan bersih

Selain itu, andapun perlu memikirkan hal-hal mendetail seperti ukuran genset, apakah harus kecil, atau ukuran besar tidak menjadi masalah. Selain ukuran, suara yang dihasilkanpun perlu diperhatikan. Suara yang terlalu berisik dikawatirkan dapat mengganggu kenyamanan tetangga.

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang berada di Surabaya dan sedang ingin membeli sebuah genset. Jika anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk langsung menghubungi kami. Terimakasih kembali kami ucapkan.