Cara Perawatan dan Pengoperasian Genset

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Ketika Anda membeli suatu genset, setidaknya perlu perhatikan juga bagaimana cara perawatan dan pengoperasian genset agar dapat digunakan dengan benar. Pentingnya mengetahui hal ini sebagai sebuah informasi manual penggunaan genset dijamin dapat membantu Anda dalam mengoperasikan dan merawatnya dengan mudah.

Genset sendiri dapat dibagi dalam dua kategori, yaitu genset open mode dan genset silent mode. Dari kedua kategori genset tersebut, Anda dapat melihat segi kegunaannya baik itu untuk kebutuhan daya rumah, tempat usaha, kantor ataupun luar ruangan. Namun dari kedua kategori tersebut, perawatan dan pengoperasiannya juga memiliki caranya sendiri-sendiri.

Jika melihat dari namanya, genset open mode merupakan jenis generator set yang sebagian besar alat pentingnya berada di luar atau terlihat terbuka. Alat tersebut berupa dinamo, mesin, aki, chock dan tangki bahan bakar. Untuk cara perawatan dan pengoperasian genset ini, Anda dapat memulainya dari melihat struktur bagian pada genset itu sendiri.

Mengoperasikan Genset Open Mode untuk Pertama Kali

Sebenarnya genset open mode dan silent mode memiliki pola pengoperasian hingga perawatan yang hampir sama. Namun sebelum itu, Anda juga tentunya harus memahami apa itu fungsi dan bagaimana cara kerja genset. Generator set merupakan kepanjangan dari genset yang secara harafiah memiliki fungsi untuk mengubah daya bahan bakar menjadi sebuah arus listrik.

Mengapa dinamakan demikian? Karena generator set merupakan gabungan dari beberapa alat yang nantinya dapat mengubah bahan bakar tersebut menjadi sebuah arus listrik pengganti PLN. Cara kerja sederhananya yaitu mesin menggerakkan dinamo dan menyalurkan arus ke aki sehingga dapat diubah menjadi arus listrik. Cara perawatan dan pengoperasian genset open mode sendiri sangat sederhana.

Saat pertama kali mengoperasikannya, setidaknya isi tangki bahan bakar dan oli terlebih dahulu pada bagian mesin, agar dapat bergerak saat dinyalakan nantinya. Saat mengisikan oli, gunakan merek yang tidak terlalu memberikan daya kencang karena ini hanya untuk mesin kecil saja. Lalu pada bagian panel badan genset Anda harus mengubah daya dari off ke on menggunakan kunci.

Ketika sudah dinyalakan, buat choke pada mesin dalam posisi terbuka dan tarik putaran dinamo secara manual saat pertama kali dinyalakan. Ketika sudah hidup ubah lagi choke ke posisi semula agar mesin bisa bergerak stabil kembali. Dasar cara perawatan dan pengoperasian genset juga dapat Anda pahami dengan buku manual yang ada pada saat Anda membeli produk itu di toko.

Cara Mengoperasikan dan Merawat Genset Silent Mode

Sebenarnya genset open mode dan silent mode memiliki cara pengoperasian yang sama, namun juga ada beberapa produk mungkin berbeda dari cara menghidupkannya. Secara keseluruhan open mode sendiri merupakan generator set yang digabungkan dalam satu tempat khusus, terbuka dan hanya ada kerangka luarnya saja sebagai pelengkap agar bisa menyatukan semua komponen penting.

Berbeda dengan mode silent yang secara keseluruhan komponen diletakkan di dalam wadah genset itu sendiri. Nyatanya genset silent mode lebih meredam suara dan tidak menimbulkan kebisingan saat dihidupkan. Cara perawatan dan pengoperasian genset dapat dilakukan dengan menghidupkannya setiap 3 hari sekali agar mesin tidak lama mati karena tidak digunakan.

Namun jika Anda sering menggunakannya, lihat kondisi oli dan kapasitas bahan bakarnya. Cara ini bisa diterapkan ke semua jenis generator set dan bahkan cara ini juga dapat menjadi informasi dasar bagi pemula sekalipun. Usahakan saat digunakan bahan bakar tidak sampai benar-benar habis, setidaknya Anda memiliki batas minimum kapasitas sebesar ¼ dari total tangkinya.

Baik itu untuk open mode atau silent mode, cara perawatan dan pengoperasian genset akan selalu memiliki buku bantuan dari perusahaan produk yang Anda gunakan. Cara ini hanya merupakan info sederhana yang secara umum dapat digunakan pada semua jenis genset. Namun dalam kegunaannya generator set harus di sesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.

Menyesuaikan Kebutuhan Genset untuk Setiap Penggunaannya

Selain dari kategori sebelumnya, genset juga dapat dibagi menurut jenis bahan bakar, kegunaan, besar daya arus dan manfaat penggunaannya. Secara fungsi memang genset dibutuhkan untuk menyuplai listrik dari mesin dinamo yang menggantikan arus dari PLN. Namun secara penggunaan manfaatnya, genset dapat dibutuhkan untuk keperluan besar ataupun kecil.

Kebutuhan besar dapat dicontohkan seperti tempat usaha, kantor dan minimarket. Sedangkan untuk versi kecilnya, genset dapat digunakan untuk rumah Anda atau acara sederhana di luar ruangan. Tentu secara garis besar cara perawatan dan pengoperasian genset harus disesuaikan dengan seringnya alat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Semakin sering alat tersebut digunakan maka, perawatannya juga harus dilakukan secara berkala. Namun jika sangat jarang digunakan, setidaknya panaskan mesin setidaknya minimal 3 hari sekali agar dapat mempertahankan kualitas mesinnya. Sekali pengoperasian 10 menit dalam jangka waktu singkat juga tetap dapat menjaga kualitas mesin agar tidak terlalu di diamkan secara terus menerus.

Setiap orang pasti memiliki alasannya masing-masing saat membeli genset. Dari banyaknya pemilik mungkin hanya sebagian orang saja yang paham bagaimana cara merawat genset itu agar dapat terus digunakan dalam jangka waktu lama. Namun tetap saja, cara perawatan dan pengoperasian genset akan selalu mudah untuk dilakukan jika Anda mau membaca buku panduan saat membelinya di toko perusahaan resminya.