Cara Merawat Genset Ketika Sering Banjir Atau Mati Lampu

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Cara merawat genset ketika sering banjir atau mati lampu memang bukanlah hal gampang. Setidaknya Anda tahu penyebab dan cara mengatasinya jika memang sudah terlanjur rusak. Layaknya perangkat lain, generator set juga tidak bisa lepas dari kerusakan. Apalagi jika sudah digunakan dalam jangka waktu lama.

Awalnya generator set ini merupakan pemasok energi alternatif ketika listrik sering padam. Padamnya listrik ini memang sedikit banyak berpengaruh terhadap aktivitas manusia. Apalagi jika untuk keperluan bisnis atau sedang menggelar acara. Bisa-bisa aktivitas tersebut terhambat dan berpotensi menimbulkan kerugian besar.

Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi maka muncullah generator set sebagai alternatifnya. Dengan begitu, meski dalam kondisi mendesak Anda tidak perlu khawatir ketika terjadi pemadaman bergilir. Bahkan seiring perkembangan waktu, genset mulai diperhitungkan keberadaannya hingga menjadi pemasok utama pengganti listrik konvensional.

Yang menjadi permasalahan ketika suatu daerah sering mengalami banjir atau mati lampu. Tentu penggunaan genset akan jauh lebih sering. Dan itu artinya perlu cara merawat genset ketika sering banjir atau mati lampu agar tetap menghasilkan pasokan daya. Jika tidak diperhatikan bisa jadi Anda harus membeli baru dan mengharuskan mengeluarkan uang banyak.

Kelebihan Memakai Generator Set dalam Kondisi Mati Lampu atau Banjir

Berbeda dari kondisi biasanya, menggunakan perangkat ini saat banjir atau mati lampu memang sangat efektif. Hal ini karena kebutuhan pasokan daya kondisi biasa cukup sehingga tidak memerlukan tambahan. Namun, kini tidak dalam kondisi darurat memakai genset juga diperlukan terlebih bagi pelaku bisnis yang kebutuhannya sangat banyak.

Di antara kelebihan memakai generator set adalah perawatannya yang mudah. Tidak seperti perangkat lainnya Anda tidak perlu merawat mesin tersebut setiap hari. Cukup dilakukan pengecekan secara berkala agar segera diketahui jika ada yang rusak. Hanya saja dibutuhkan pula pengetahuan seputar cara merawat genset ketika sering banjir atau mati lampu.

Selain itu, menggunakan peralatan ini juga memungkinkan Anda untuk tenang ketika ada mati lampu atau banjir bandang. Kondisi darurat seperti ini memang sulit diprediksi. Namun, bisa diantisipasi dengan mempersiapkan generator set sebagai alternatif saat kedua hal tersebut terjadi. Dengan demikian, pasokan listrik tetap lancar meski kondisi sedang darurat.

Jika memang terpaksa rusak, maka kelebihan dari alat ini adalah mudahnya Anda ketika ingin mengganti sparepartnya. Tidak hanya mudah namun, juga harganya murah sehingga tidak bisa untuk menguras kantong. Meski murah, namun ada baiknya tahu cara merawat genset ketika sering banjir atau mati lampu sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sekedar untuk perbaikan.

Jenis Kerusakan yang Biasa Terjadi pada Generator Set

Selain memperhatikan cara merawat Anda terlebih dahulu wajib paham jenis kerusakan yang biasanya terjadi pada perangkat tersebut. Ketika Anda tahu maka akan lebih cepat ketika memperbaikinya. Salah satu jenis kerusakan yang paling umum terjadi terlebih saat banjir atau mati lampu adalah mesin tidak dapat di-start.

Tidak dapat di-start ini banyak faktornya. Paling umum karena baterai lemah atau mati. Satu-satunya solusi adalah dengan menggantinya dengan baterai baru. Sementara itu, ketika mesin mati entah karena kebanjiran atau bagaimana maka sebaiknya cek perangkat didalamnya. Terlebih di bagian tangki bahan bakarnya.

Daya mesin hilang juga menjadi penyebab mengapa banyak genset yang rusak terlebih saat mati lampu atau banjir. Faktor penyebabnya bisa beragam namun, salah satunya karena pompa sudah aus sehingga perlu perbaikan. Atau memungkinkan untuk menggantinya dengan yang baru. Ini merupakan solusi terakhir jika perbaikan tidak memungkinkan.

Dari banyaknya kerusakan memang semuanya sulit diprediksi. Namun, bisa diantisipasi dengan tahu bagaimana cara merawat genset ketika banjir atau mati lampu. Dengan pengecekan berkala setidaknya mampu mengurangi risiko kerusakan baik pada mesin atau bagian lainnya. Terlebih saat kondisi darurat seperti banjir atau mati lampu.

Cara Mudah Merawat Genset Saat Banjir atau Mati Lampu

Cara merawat genset ketika sering banjir atau mati lampu sebenarnya sangatlah mudah. Tinggal bagaimana Anda mengoperasikannya dengan benar. Salah satu caranya adalah dengan cara menempatkan sebuah genset di sebuah tempat yang aman. Artinya jauh dari air menggenang atau segala hal yang berpotensi meningkatkan risiko kerusakan pada genset.

Selain itu, karena kondisi darurat maka seringlah untuk melakukan pengecekan khususnya pada tangki bahan bakar. Ini sebagai upaya memastikan bahwa bahan bakar jumlahnya memenuhi jangan sampai kehabisan. Karena jika kehabisan maka risiko mesin rusak lumayan tinggi. Selain tangki sebaiknya cek pula oli mesinnya. Jangan sampai berwarna keruh.

Kondisi darurat seperti mati lampu atau banjir memang mengharuskan Anda ekstra waspada. Termasuk bijak ketika ingin menyalakannya. Anda wajib tahu kapan harus menyalakannya atau tidak. Genset yang dibiarkan tidak pernah menyala juga tidak bagus karena justru bisa membuatnya rusak dan sulit untuk diperbaiki. Pada intinya lakukan pengecekan secara berkala pada genset tersebut. Merawat genset memang mudah namun, perlu ketelatenan agar bisa mesin benar-benar siap ketika ingin digunakan. Maka dari itu, pahami bagaimana cara merawat genset ketika sering banjir atau mati lampu dengan tepat dan benar.