Cara Memilih Genset Untuk Kebutuhan Dirumah

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Bagi anda yang sudah memiliki rumah, tentu saja akan merasa kesusahan jika terjadi pemadaman listrik di rumah, apalagi jika rumah anda di dalamnya banyak barang elektronik, sehingga mengandalkan listrik dari PLN tentu saja bukanlah sebuah solusi utama karena PLN juga terkadang mengalami gangguan teknis.

Karena itulah, genset saat ini sudah sering digunakan apalagi di kota – kota besar. Bukan hanya untuk pelaku industri, hotel, restoran dan tempat umum lainnya, saat ini juga sudah tersedia genset yang khusus digunakan untuk rumahan. Namun tentu saja anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam pemilihan genset ini yaitu:

  1. Tentukan Kebutuhan Listrik

Sebelum anda membeli genset, maka pastikan anda memahami kebutuhan listrik yang dibutuhkan di rumah. Genset memiliki kapasitas yang berbeda – beda, sehingga kapasitas daya ini sangat wajib disesuaikan dengan listrik yang dibutuhkan di rumah anda.

Jika kapasitas daya dari genset dan kebutuhan listrik di rumah tidak sesuai, maka hal ini beresiko munculnya kerusakan dan korsleting. Buat list daya (watt) alat – alat elektronik rumah tangga yang ada di rumah anda, seperti Televisi, lampu, pompa air, dan sebagainya.

  • Kenali Kebutuhan Genset

Terdapat beberapa macam dan jenis dari genset ini dan anda harus mengetahuinya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas listrik yang rumah butuhkan.

Terdapat dua tipe genset yang biasanya dijual untuk rumahan yaitu standby genset dan portable genset. Standby genset akan hidup secara otomatis ketika pemadaman, namun pemasangannya permanen. Sedangkan portable genset bisa dipindahkan kesana kemari, namun kekurangannya adalah suara genset yang bising.

  • Ketahui Merk dan Tipe Genset

Terdapat banyak sekali merk dan tipe dari genset, sehingga sebelum membelinya, pastikan anda mencari berbagai review dan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda agar tidak terjadi kesalahan pembelian.

Pastikan anda memperhatikan keamanan, garansi, bahan bakar dan polusi yang dihasilkan genset agar tidak terjadi kesalahan membeli.

  • Sesuaikan Dengan Daya Listrik

Sama seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, belilah genset yang sesuai dengan kebutuhan listrik yang dibutuhkan rumah anda. Ada macam – macam kapasitas daya genset, ada yang 500 watt, 1000 watt hingga 1200 watt.

  • Bandingkan Harga dan Kualitas Dari Genset

Sama seperti membeli barang elektronik, anda harus memperhatikan harga dan kualitas dari genset. Jika kualitas nya bagus maka sudah pasti harga nya lebih tinggi.

Itulah beberapa tips memilih genset untuk rumah yang bisa anda coba gunakan. Yang jelas, dalam memilih genset kita tidak boleh asal beli. Sesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan dan jika memang ingin awet, maka lebih baik untuk membeli genset yang berkualitas sehingga bisa digunakan lebih lama.