Cara Membersihkan Filter Genset Berdasarkan Jenisnya

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Salah satu maintenance yang penting untuk dilakukan adalah membersihkan filter genset. Tentunya proses tersebut harus dilakukan dengan benar sesuai jenis bahan penyaringnya masing-masing. Jadi Anda perlu melakukan pengecekan bahannya terlebih dahulu. 

Filter sendiri pada mesin berfungsi sebagai penyaring udara dari bagian karburator sehingga tentunya akan menumpuk kotoran jika tidak dibersihkan dengan baik. Jadi nantinya mesin genset bisa berjalan kurang optimal karena adanya penumpukan kotoran tersebut.

Filter Genset Berbahan Stainless Steel

Stainless steel adalah salah satu bahan yang digunakan untuk penyaring mesin genset. Terkesan bahan ini sulit dibersihkan padahal tidak. Sebenarnya cukup mudah untuk membersihkan filter genset satu ini asalkan Anda mengikuti proses yang tepat dan menyeluruh. 

Berikut cara untuk membersihkan penyaring berbahan stainless steel sehingga bisa menyeluruh dan menguntungkan karena mesin bisa berjalan optimal lagi.

  1. Lepaskan bagian atas juga bawah pada filter stainless steel tersebut.
  2. Ada elemen khusus dari bagian casing pada penyaring tersebut juga harus ikut Anda lepaskan dengan baik. 
  3. Sikat keseluruhan bagiannya menggunakan sikat gigi. Tambahkan juga air sabun untuk memaksimalkan proses pembersihannya. 
  4. Setelah itu tinggal dibersihkan kembali menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih, termasuk sisa air sabun yang mungkin masih menempel.
  5. Keringkan kembali penyaring mesin tersebut dan pasang lagi seperti semula. 

Membersihkan Filter Genset dari Spoon

Untuk mesin yang menggunakan spoon sebagai filternya maka sebelum dibersihkan perlu dicek terlebih dahulu tingkat kotornya. Hal ini dikarenakan ada perlakuan khusus jika penyaring tersebut dalam keadaan terlalu kotor agar saat dipasang kembali bisa bekerja optimal nantinya.

Dengan membersihkan berdasarkan kebutuhan penyaring maka hasilnya juga akan lebih optimal nantinya. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan filter genset berbahan spoon. 

  1. Jika setelah dicek ternyata filternya sangat kotor maka perlu dibersihkan menggunakan bensin. Caranya adalah tinggal direndam beberapa saat kemudian diperas sampai tidak ada sisa bensin di dalamnya. 
  2. Kalau kotorannya tidak terlalu banyak maka bisa dibersihkan menggunakan air sabun saja sampai benar-benar bersih semuanya.
  3. Cek apakah bagian permukaan spoon tersebut masih dalam keadaan bagus. Jika iya maka masih bisa digunakan, tetapi kalau sampai permukaannya rusak spoon harus segera diganti baru.

Cara Khusus Pada Filter Berbahan Serat Katun

Pada filter berbahan serat katun memang membutuhkan proses pembersihan khusus agar kotorannya bisa terangkat dengan baik dan optimal. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan prosesnya secara detail. Sehingga kotoran yang ada bisa bersih keseluruhan.

Meskipun rumit tentunya harus tetap dilakukan dengan baik agar masih dapat digunakan untuk menyaring secara optimal. Berikut cara membersihkan filter serat katun yang paling tepat.

  1. Lepaskan bagian penyangganya kemudian diketuk-ketuk agar debu yang menempel bisa hilang atau jatuh.
  2. Bersihkan filter menggunakan air mengalir sampai basah semua bagiannya, tetapi tidak perlu digosok-gosok atau diberi perlakuan lainnya, cukup dialiri air saja.
  3. Ada cairan semprotan khusus yang bisa diaplikasikan pada filter serat katun, Anda perlu menggunakannya saat akan membersihkan penyaring.
  4. Setelah dibiarkan selama kurang lebih 5 menit, tinggal bilas serat katun tersebut sampai bersih. Anda harus memastikan semua bagian dibilas dengan baik.
  5. Pastikan dikeringkan secara optimal sebelum dipasangkan kembali pada mesin genset. Biasanya serat katun ini dibersihkan menggunakan kompresor khusus dengan tekanan rendah. 
  6. Lapisi menggunakan oli sebelum Anda memasangkannya pada penyangga di mesin genset agar fungsinya kembali optimal. 

Menyesuaikan antara cara pembersihan tersebut dengan bahan filter memang paling tepat. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan saat membersihkannya karena bisa mengganggu kinerja mesin. Selain itu, pastikan membersihkan filter genset secara rutin dan teratur.

PT Interjaya Surya Megah menjadi agen tunggal yang dipercaya sebagai distributor Genset MWM dan distributor Genset MAN Germany di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dan jangan ragu untuk menghubungi kami.